Grup UNSA; Makin Bersahabat, Eksis dan Bergelora

Grup UNSA Makin Bergelora

UNSA Untuk SAhabat 2015

Grup Untuk Sahabat (disingkat UNSA) adalah salah satu grup literasi di dunia maya, tepatnya dalam jejaring sosial fesbuk. Grup tersebut lahir pada 27 Januari 2010 dengan creator-nya, Uncle Dang Aji Sidik. Adapun deskripsi lengkap grup tersebut yaitu sebagai berikut:

Nama Grup : Untuk Sahabat
Lahir : 27 Januari 2010
Creator : Dang Aji Sidik
Crew UNSA 2013:

UNSA Crews

Slogan : Gelora Literasi dalam Lingkar Persahabatan Sejati.

Email Resmi : unsaku27@yahoo.com

UNSA Ambassador 2015: Ken Hanggara

Crew UNSA terbaru: Mbak Jazim Naira Chand, Mas Muhammad Rasyid Ridho, Mbak Enni, Mas M. Hasbi As, Kang Kamiludin Azis, Mas Tyo Prakoso, Mbak Marlina Juju, Kang Irwan Sandza dan Kang Shohifur Ridho Ilahi.

Khusus slogan, kebetulan aku sendiri yang menciptakannya. Hihi… Senang rasanya,sloganku yang telah menjalani beberapa tahap eliminasi, akhirnya terpilih.

Tidak saja telah memahatkan nama, namun setidaknya aku telah menyumbangkan sesuatu untuk grup UNSA. Bahkan sampai postingan ini ditulis, slogan UNSA masih tetap sama. Heuheu

Gelora UNSA

Aku telah bergabung dari sekitar tahun 2012-an di grup exist ini. Dan, intimasinya begitu terasa, seolah-olah aku ini telah sangat lama berada di dalamnya. Apalagi terhitung dari 26 Januari 2012 kemarin, aku telah menjadi salah satu kru UNSA. Tentu hatiku senang, mengingat grup ini telah memberikan motivasi dan apresiasi yang begitu tinggi.

Grup yang bersahabat ini memiliki kekhasan tersendiri. Tiap wiken, grup yang berbasis di Surabaya ini getol mengadakan even dengan hadiah uang tunai, paket buku, atau pulsa. Tentunya free alias bebas biaya! Tema yang diangkat per-minggu-nya pun tak kalah unik dan kadang membuat dahi mengernyit. Beberapa even yang pernah diadakan yaitu even puisi dan fiksi mini, ‘Someone Like You’, My Gokil Story in the School, ‘Jika Aku Menjadi’, ‘Me and Mall’, ‘Cinta Olah Raga’, ‘Statif dan Statgom atau Status Inspiratif dan Gombal’, ‘Cerita Anak Kembar’, ‘Kuliner Cinta’, ‘Aku Pernah Menangis karena…’, Ketika Binatang Bicara Cinta, dst.

Bahkan ada juga even bergengsi setiap bulannya. Namanya adalah Cerpen of the Month (COTM) yang tahun 2013 bertema “realism magis” dan (dulu) Puisi of the Month (POTM) dengan tema islami. Kalau sekarang, namanya “Cerpen Pilihan UNSA”. Lomba cerpen yang tengah berlangsung ini temanya ‘dongeng kontemporer’. Silakan kirim, mumpung masih banyak waktu! Hohoho

Oh, ya! UNSA ini udah punya penerbitan sendiri. Namanya UNSAPress. Dan… buku-buku yang diterbitkan bisa disalurkan ke toko buku lho! Pesat benar kemajuannya!

Keren deh! Selain itu, grup-nya pun ‘nyaman’ disinggahi siapa saja, dari penulis pemula sampai tetua! hehe

Namun di dalam grup ini, tidak ada ajang khusus untuk meng-‘evaluasi’ salah satu karya tertentu. Misalnya membedah cerpen, puisi, artikel atau apapun itu milik Si A, B, C dll. Sang creator, Uncle DAS, bilang dengan gurauan bahwa UNSA tidak bertugas untuk hal tersebut, sebab tidak semua anggota-anggotanya merupakan penulis profesional. Ya, aku sendiri mendapatkan kesan bahwa UNSA menempa anggota-anggotanya untuk lebih produktif dan kreatif lewat even-even yang kontinyu dan bervariasi. Menurutku, itulah pembelajaran yang sebenarnya, sebab menulis itu tidak hanya tentang EYD, struktur, kosakata, tanda baca, dsb. Ia lebih tentang praktik!

Adapun kritik atau saran biasanya muncul sendiri ketika ada even yang mengharuskan pesertanya memposting di dinding. Tak jarang, aksi saling memberi kripik pedas & manis (plesetan dari kritik ‘pedas dan manis’) malah sering ditaburi candaan. Aku sendiri lebih merasakan cara pembelajaran itu sebagai sesuatu yang menyenangkan, layaknya seseorang yang tengah diberi masukan oleh keluarga atau sahabat-sahabat terdekatnya.

Tak heran, makin hari makin banyak saja akun fesbuk yang meminta ditambahkan ke UNSA. Meskipun masih terbilang belia, grup tersebut telah memiliki 5.458-an anggota (per 06 Maret 2013, pukul 14.37).

Tahu enggak, sekarang (26 Februari 2015) anggotanya jadi berapa?

14.530 sahabat UNSA!!!

Whoaa… membludak juga ya anggotanya…

Terlebih lagi, grup ramah ini belum mencatatkan suatu pengalam buruk apapun yang merusak namanya. Malah banyak penulis-penulis yang telah menelorkan buku berasal dari grup ini. Misalnya Andhika Wandana, Aiman Bagea, Haris Firmansyah, dan masih banyak lagi. Bahkan, buku antologinya bertajuk “Si Jola” sukses menggaet penerbit mayor sekelas Diva Press. Lalu, buku antologi kumcer “Jendela Dua Mata” pun bisa segera didapatkan di toko buku. Wuih…

Terus yang terbaru juga banyak. Ada “Satu Hari yang Ingin Kuingat”, “Makam Gadis Skizofrenia”, “Netizen”, dst.

Azas keterbukaan dan persahabatan betul-betul diterapkan dan diikuti dengan baik. Maka bagi kamu yang hobi menulis, tak ada salahnya untuk bergabung bersama kami. Atau, kamu pingin mengikuti even teranyar dari UNSA (free)? Silakan klik link grup di bawah ini:

https://www.facebook.com/groups/274194420818/ [#RD]

Darul Ma’i, 06 Maret 2013
Dee Ann Rose.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *