Kata-kata, Akronim dan Singkatan Gaul Populer di Dunia Maya + Contoh (Bagian 1)

Kata-kata, Akronim dan Singkatan Gaul Populer di Dunia Maya + Contoh (Bagian 1)

bahasa gaul 1

Tak hanya orang, ternyata bahasa pun berubah-ubah dan berkembang. Dari zaman tradisional sampai zaman digital, tercipta banyak kata, ungkapan atau singkatan-singkatan baru. Kata-kata berikut tak hanya popular di dunia maya, tapi bisa dipakai di dunia nyata juga. Meski terkesan sepele, namun jika kita tak tahu, kita akan sedikit mengalami kesulitan untuk memahami pesan yang disampaikan. 😀 Jom!

1. TFC: Singkatan dari Thanks for Confirm. Ada juga TFR (Request), TFL (Like), TFT (Today). “TFL, ya. Jempolnya banyak banget!”

2. Mager: Akronim dari Males Gerak. “Pengin sih ke kantin, tapi mager euy!”

3. PHP: Singkatan dari Pemberi Harapan Palsu. Singkatan ini sedang cukup booming, malah ada tambahan PHO (Perusak/ Pengganggu Hubungan Orang). “Jadi PHP itu kejam, tau!”

4. WTF! : Singkatan dari What the Fuck! Kalau bahasa kitanya sih, “Apa-apaan!” (dengan efek terkejut gitu). “WTF! Tarif Dasar Listrik bakal naik lagi!”

5. Kicep: Asalnya dari Bahasa Sunda, yang berarti kedip. Tapi gak tau ya, orang-orang mengartikannya sebagai ekspresi mematung karena terpojok, malu atau bener-bener gak bisa berbuat apa-apa. “Gue kicep aja pas ketauan cuma puasa setengah hari!”

6. Dafuk: Berasal dari Bahasa Inggris The Fuck!, maknanya kurang lebih “Apa-apan?” (kesal). “Si B ngebajak fesbuk aku. Dafuk!”

7. (y): Simbol dari like atau jempol ke atas, sedangkan (n) kebalikannya, yaitu jempol ke bawah alias cemen. “Yee, nyatain cinta sama nyokap kok lewat fesbuk, Bro? Pas Hari Ibu aja, lagi! (n).”

8. Kepo: Ada yang bilang berasal dari kata ‘kaypoh’, yaitu Bahasa Hokkien yang banyak dipake di Singapura dan sekitarnya. Ada juga yang bilang berasal dari singkatan Bahasa Inggris (Knowing Every Particular Object). Artinya sih sama saja pengin tahu, pengin mencampuri urusan orang dan gak bisa diam. “Eh, warna favorit Eyang Subur apaan, yah?”, “Ih kepo banget sih!”

9. Alay: Kata ini memiliki latar belakang yang beragam juga. Ada yang bilang Anak Lebay, Anak Kelayapan atau Anak Layangan. Konon nih, ‘alay’ sering disangkut-pautkan dengan anak-anak yang sering nongol di acara music tipi. Namun lama-lama istilah ini berlaku juga untuk anak-anak yang (maaf) norak, berlebihan, narsis dan sok eksis. “Aduch hujan nih, mana belum update status lagih? Kan fans-ku bisa khawatir?”, “Ya ampun, alay banget kamu!”

10. Bais : Artinya habis, cuma di bolak-balik aja susunan hurufnya. “Alamak! Lagi penting gini, eh pulsa aku bais lagi!”

11. Cukstaw: Kata ini merupakan singkatan dari ‘cukup tahu’. “Oh, jadi sifat aslinya gitu, ya? Ok deh, cukstaw!”

12. Eaa: Bagi pengguna twitter, pasti sering liat hastag #eaaa. Fesbuk juga ngikutin. Biasanya sih digunakan seseorang untuk nge-tweet/ posting kata-kata gombal. Kata ini diciptakan dan dipopulerkan oleh Tukul Arwana, biasanya diucapkan pas Tukul melakukan gerakan yang aneh-aneh. Apalagi sekarang sekelompok bocah yang tergabung dalam sebuah boyband juga ikut menyebarluaskannya lewat judul lagu mereka. “Kamu itu kayak narkoba. Bikin aku kecanduan cinta. #Eaa”

13. Unyu: Kata ini berasal dari kata “Oh no”, yang sengaja diplesetin jadi Onyo biar terkesan lucu. Ada juga yang bilang kaloa unyu berarti anak anjing dari bahasa Sanskerta. Yang jelas, kata ini sering dipake untuk menunjukkan hal-hal yang lucu, imut, ngegemesin. “Kamu unyu banget sih kalo pake peci haji!”

14. TMT: Singkatan dari Teman Makan Teman. “Kenapa Si C sama Si D musuhan, yak?”, “Katanya sih TMT gitulah.”

15. Rempong: Artinya ribet, repot atau rese (curiga dari istilah waria gitu, ya? :D). “Ngapain sih dari tadi ngikutin aku terus? Rempong deh!”

16. Pundung: Kata ini berasal dari bahasa Sunda. Artinya tersinggung, ngambek atau kesel. “Yah kamu mah, statusnya gak ‘di-like’ aja pundung!”

17. Woles: Berasal dari Bahasa Inggris ‘Slow’, artinya santai atau pelan-pelan. Kalo kita baca sih kayak ‘selow’, terus orang-orang memutar-balikkan kata deh jadi ‘woles’. “Woles aja, napa? Acaranya sejam-an lagi, Bro!”

18. Hoax: Berasal dari Bahasa inggris yang berarti berita palsu atau cerita bohong. Awalnya cuma pengguna Internet di Amerika saja yang make istilah Hoax, tapi lama-lama kata ini menjadi dipake di seluruh dunia. “Kata siapa aku pengikut Eyang Subur? Hoax tuh!”

19. Setdah: Akronim dari Buset Dah. Penggunaannya sama kayak kata ‘buset’. “Setdah, aku kok gak diajak nonton konser The Corrs, sih?”

20. GTD: Singkatan dari Galau Tingkat Dewa. “Udah kesiangan, buku PR ketinggalan, eh sekarang lupa bawa uang jajan. Duh… GDT!”

21. Lasut: Artinya payah atau pecundang. “Ah lasut Loe, Boy! Masa’ nganterin Emak ke pasar aja tengsin?”

22. SeMangKa: Akronim dari Seri, Menang atau Kalah. “Semifinal leg 2 antara Barcelona sama Bayern Munchen, semangka? Gue gak nonton, ketiduran.”

23. Bokis: Maknanya bohong atau ngibul. “Si E bolos sekolah loh!”, “Halah, bokis Loe!”

24. GeCe: Akronim dari Gerak Cepat. “Woy, gece dong! Nanti ketinggalan berjamaah maghrib, nih!”

25. YNWA: Singkatan Bahasa Inggris yang berasal dari motto-nya fans Liverpool, You’ll Never Walk Alone. “Gue lagi terpuruk, Kawan.”, “Tenang, Sist. YNWA.”

Oke deh. Segitu dulu, ya. Gimana? Masih kurang? Sip. Kita sambung lagi di Kata-kata, Akronim dan Singkatan Gaul Populer di Dunia Maya + Contoh (Bagian 2). Moga bermanfaat, ya… ^_^ [#RD]

*27 April 2013

One Response
  1. Rizalul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *