Tentang Bab per Bab dalam Skripsi

Tentang Bab per Bab dalam Skripsi

bab-bab dalam skripsi

Minggu, 07 April 2013

“Skripsi itu harus mampu menjelaskan!”

Demikian salah-satu hal yang aku kutip dari penjelasan Pak Iwa, dosen tamu yang menjadi Pembimbing Skripsi 1-ku, pada Minggu (07 April 2013).

Sesuai rencana, aku dkk yang memilih penelitian kualitatif, mendatangi kampus 1 sekitar pukul 09.00. Namun sayang, para dosen pembimbing belum datang. Untuk mengisi penantian, kami hanya mengobrol, poto-poto dan menuliskan absensi. Beruntunglah aku mendapat nomor urut antara ke 5-6, jadi aku tak akan menanti terlalu lama.
Padahal aku berkumpul dengan teman-teman yang lumayan asing (mayoritas tidak sekelas), namun karena sebagai teman seperjuangan, apapun sepertinya tetap nyambung. Sampai tak terasa, kami menunggu selama se-jam lamanya. Jam 10.15, kami baru masuk kelas. Aku duduk di bangku pertama, berhadapan langsung dengan meja Pak Iwa. Pada white board-nya, nampak tulisan beliau mengenai penelitian eksperiment. Mungkin bekas kemarin, pikirku.

“Sudah datang semua, belum? Biar Bapak gak perlu mengulang-ulang ceramah.”

“Belum, Pak,” jawab kami yang memang merasa belum semua mahasiswa hadir.

“Pak?” seorang wanita di belakangku mengacungkan tangan.

“Ya?

“Saya penelitian eksperimen, tapi belum bimbingan?!”

“Yak gak apa-apa,” jawab beliau ketus, namun tentu dengan nada canda. Kami pun tertawa, “Ada berapa orang, Neng?”

Yang mengacungkan tangan ada 3 orang.

“Ya udah, tulis aja dulu nih yang ada di white board! Jelaskan apa jangan, yah?” kata beliau lagi, memantik tawa kami. Tanpa menunggu jawaban, beliau pun berdiri dan menjelaskan secara detail mengenai apa yang tertera pada papan tersebut. Jadilah penantian kami diperpanjang lagi. Heuheu

“Ceramah sekarang aja dulu, ya? Yang datang belakangan, tanggung sendiri deh. Capek juga kalo mesti mengulang-ulang,” ucap beliau akhirnya. Hum, agak keterlaluan memang. Sudah sangat telat, ada saja yang lebih telat. Phew!

Berikut penjelasan beliau yang sempat aku ‘abadikan’:

• Dalam “background” atau “rationale”, jelaskan alasan kalian memilih pembahasan atau objeknya. Jelaskan latar belakangnya.

• Dalam “research question”, RQ pertama biasanya berisi tentang “realization” atau kemunculan. Umumnya tentang tipe atau jenis. Misalnya: What types of …… are used in/by……..?

• RQ selanjutnya biasanya mengenai isi penelitian, “Akan dilarikan ke mana penelitian ini?”. Misalnya: “What are the function of…….?”, “What are the possible reason for the use of…..?” atau “In what context do the ……. occur?”, etc.

• Pada Bab 2, tentukan teori intinya. Sebelumnya, paparkan dulu teori umum (yang memayungi bahasan). Misal jika kita membahas deiksis, maka yang bisa kita jelaskan terlebih dahulu adalah mengenai pragmatic-nya. Tapi cukup sekilas saja. Selanjutnya teori inti. Kita mesti habis-habisan membahas teori inti. Alangkah lebih baik dengan menyertakan contoh. Selanjutnya, bahas juga “previous study”.

• Pada Bab 3, pengantarnya berisi research question/ research problem, namun jangan dalam bentuk pertanyaan (layaknya di Bab 1). Selanjutnya jelaskan “design research”-nya mau pakai apa, “data collection”-nya seperti apa, “data source”-nya apa (jika ada, sertakan juga “subject” atau sumber yang diinterview), prosedur pengumpulan datanya bagaimana (apa observasi? rekam? interview?). Jika ada, jelaskan pula instrumen (umumnya panduan interview, atau pertanyaan-pertanyaan wajib ketika melakukan interview). Terakhir, yaitu “data analysis”. Analisislah per-jenis data (data obsevasi, data recording, atau data interview). Dalam menganalisis, hal yang kita lakukan biasanya dengan mengidentifikasi data dulu, mentranskripsikan data (khusus yang recording), mengelompokkan/mengklasifikasikannya, lalu selanjutnya bermain logika; data tersebut mau diapakan? (tak lupa, pakai basis teori).

• Pada Bab 4 (Finding and Discussion), beri pengantar dulu mengenai isi dari Bab 4. Selanjutnya jelaskan jawaban dari “research question” yang kita buat. Jelaskan dengan detail.

Demikian sekelumit hasil bimbingan skripsi. Semoga bermanfaat. ^_^ [#RD]

Sumber Gambar: Google

2 Comments
  1. Janiarto Paradise
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *