10 Ciri ini Menandakan Kalau Kamu Termasuk Orang Matre

10 Ciri ini Menandakan Kalau Kamu Termasuk Orang Matre

Cinta versus Harta“Cewek matre, ke laut aje…”

Begitulah sepenggal lirik lagu zaman dulu, yang kayaknya, masih berlaku sampai sekarang. Hehe. Bahkan gak hanya cewek, cowok juga udah pada matre ya, Bro-Sist. 😀

Don’t get me wrong…

Sebenarnya wajar juga kalau orang itu matre ya, Bro-Sist? (membela diri sendiri). Memang sih, materi bukan jaminan kebahagiaan hidup. Tapi jangan salah… materi menjadi penunjang kebahagiaan hidup juga. Sepakat, ‘kan? 😀

Namun jika berlebihan memang patut diwaspadai juga. Apalagi jika orang tersebut hendak menjadi pasangan kita, bisa sedikit repot nantinya. Hehehe. Nah apa saja tuh cirinya?

1. Ingin update segala-galanya tanpa mengukur diri

Pribadi matre biasanya update benar akan gadget, pakaian, sepatu, tas atau hal-hal yang tengah booming. Tak jarang mereka temukan info itu dari media televisi, internet, maupun media lain. Mereka berhasrat sekali untuk mengenakan baju yang sama dengan seorang artis, jam yang sama dengan seorang penyanyi, atau mungkin ponsel-ponsel yang sama seperti dalam tayangan drama yang mereka tonton.

Kalau keadaan finansialnya memungkinkan, tentu tak masalah. Yang jadi repot itu saat keadaan tak mendukung, uang masih minta sama orang tua bahkan menganggur sama-sekali. Tentu tak bijak kalau harus memaksakan. -_-

2. Menggantung dan Memanfaatkan

Waspada juga dengan sosok special yang tengah dekat. Seorang yang matre biasanya berorientasi pada harta, bukan kemurnian cinta. Maka komitmen untuk mengikat hubungan menjadi lebih suci bukanlah hal yang ia pikirkan.

Yang penting uang, ada yang ngasih jajan, ada yang antar-jemput, ada yang membayar sekolah, ada yang mengisi pulsa, dst. Giliran ditanya keseriusan hubungan, ada saja alasan untuk mengalihkan pembicaraan.

3. Jelalatan dengan hal-hal mewah

Pernah melihat seseorang yang menatap lama-lama pada emas 1 kg yang kita kenakan? 😀 *becanda. Ya, orang yang ‘mendewakan’ harta akan cepat tergaet dengan sesuatu yang mewah. Dengan mobil keluaran baru, benda berharga semacam emas, gadget canggih, dst. Kalau dibawa ke pusat perbelanjaan, dia cenderung menyiksa diri sendiri dengan terus menatap benda-benda tersebut sedangkan kantong jelas-jelas melompong. -_-

4. Lama-lama, meminta ini-itu alias memanfaatkan

Seseorang yang matre juga akan semakin terlihat dengan sikap ‘meminta’-nya yang semakin hari semakin menjadi. Gak perlu dijelaskan, kita sering melihat contoh nyatanya. Bagimana seseorang meminta mulai dari pulsa lima ribu sampai menggasak ATM jutaan rupiah.

5. Ingin selalu dituruti

Namanya juga jatuh cinta sama materi, sebisa mungkin apa yang ia mau bisa ia genggam. Kita cukup kerepotan jika mencintai orang seperti ini. Permintaannya yang menggebu dan mau tak mau sering bikin dompet jadi dangkal.

ciri ciri cewek cowok matre

6. Sering curhat masalah keuangan

Memang, gak selamanya orang yang curhat masalah financial itu matre. Namun jika gelagatnya mulai sering mengeluhkan materi bahkan cenderung tidak mensyukurinya, kita patut kasian. Ada yang tak beres. Mungkin soal managemen keuangan, ketidakseimbangan pendapatan dan pengeluaran, atau membanding-bandingkan urusan dunia dengan orang-orang ‘di atas’ keadaannya. Padahal menurut sabda Rasul, kalau urusan dunia itu… kita justeru harus melihat orang di bawah. Barulah kalau urusan akhirat, kita patut melihat mereka yang di atas. Namun yang ada malah sebaliknya. :’(

7. Apa-apa Beli

Suka ada orang yang apa-apanya beli, tanpa mengusahakan dengan kreativitas terlebih dahulu. Misalnya memutuskan untuk tidak membawa bekal apapun saat perjalanan dan memilih untuk membeli saja. Padahal apa salahnya, kita membawa bekal untuk menghemat pengeluaran tak terduga di perjalanan.

8. Teman-teman ‘spesialnya’ cukup banyak yang digasak

Jika ‘dia’ memiliki teman special yang banyak, tiap hari antar-jemput dengan orang berbeda, dapat gombalan ditambah hadiah berupa materi dari orang-orang berbeda, namun ia tak memutuskan hendak menjalani keseriusan dengan siapa… waspada juga. Kayaknya wajar kalau kita mencurigai dia hanya ‘memanfaatkan’, asal tidak menuduh. Hehe

9. Gak bisa membedakan mana kebutuhan pokok, mana yang bukan

Penyakit semacam ini sudah tak bisa disematkan pada perempuan saja. Banyak juga laki-laki yang tak bisa me-manage mana kebutuhan pokoknya, mana juga kebutuhan tambahannya. Bahkan laki-laki sekarang cenderung borosnya mengalahkan perempuan. Banyak diantara mereka yang mengedepankan belanja rokok daripada sarapan pagi, beli rokok nomor satu daripada bayar uang sekolah, rokok lagi yang utama daripada mengganti pakaian dan celananya yang telah robek, dst. -_-

10. Pelit, jarang sedekah

Ini sih private banget. Bisa tanya masing-masing hati; kita pelit sama diri sendiri, orang tua, saudara, sahabat dan orang lain, gak? Sudahkah menyedekahkan sebagian harta kita? dst.

Ke-10 ciri ini bukan patokan juga ya, Bro-Sist. Hanya saja sebagian cirinya memang seperti itu. Hehe. Nah… Mudah-mudahan kita terhindar dari sifat matre berlebihan dan sebaliknya, Allah Swt melembutkan hati kita, membersihkan harta kita dan menjadi pribadi yang penyayang. Aamiin. ^_^ [#RD]

Referensi: Berbagai sumber
August 28, 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *