13 Tips Sederhana Mengatasi Insomnia

13 Tips Sederhana Mengatasi Insomnia

Apakah Sobat termasuk penderita insomnia? Itu loh, orang yang kesulitan tidur sampe mesti begadang di tengah terlelapnya orang-orang?! Semalam? Dua malam? Atau bahkan tiap malam?

Bila iya, kabar baiknya, you’re not alone. Ada banyaaak orang yang bernasib serupa; galau karena mata terus terjaga sampai malam buta. Hohoho. Berita buruknya, jika gejala tersebut terus mengganggu sampai tiga minggu atau lebih, maka insomnia yang Sobat derita bisa menjadi masalah medis yang serius.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan insomnia. Bisa jadi karena efek pengobatan, kram, apnea tidur, stres, depresi, hingga kecemasan. Tak heran, banyak sekali obat-obatan yang mengaku mampu mengatasi insomnia dan terjual bebas di pasaran.

Tetapi tak ada salahnya jika para ‘insomaniac’ mencoba beberapa tips non-medis berikut. Jom!

1. Tidur Teratur
Tuhan telah membuat konsep waktu untuk kita beraktivitas dan istirahat. Jadi pada dasarnya tubuh memiliki hak pada jam-jam tertentu untuk segera dibaringkan dan diistirahatkan dari rutinitas. So, biasakanlah untuk mendisiplinkan diri dengan tidur pada jam yang sama tiap malamnya.

2. Aktivitas Siang
Pernahkah ketika siang harinya kita beraktivitas padat, lalu malamnya merasakan tidur nyenyak? Well, dengan lebih aktif beraktivitas fisik di siang hari, peredaran tubuh akan lancar dan dengan sendirinya ia butuh istirahat. Gak jauh sensasinya ketika kita makan dalam keadaan lapar. Enak, bukan? 🙂

3. Kurangi atau Hilangkan Kebiasaan Tidur Siang
Bagi sebagian orang, tidur siang telah menjadi ‘habit’ atau kebiasaan tersendiri. Hal tersebut tidak akan menjadi masalah selama tidak mengganggu tidur malam. Namun jika terus terjaga, maka sebaiknya ‘durasi’ tidur siang tersebut dikurangi. Perlahan, kita hilangkan kebiasaan tersebut dan menggantinya dengan beraktivitas.

4. Kurangi Asupan Kafein Jelang Malam
Suka minum kopi? teh? cola? makan coklat? atau makanan dan minuman ringan lain yang mengandung kafein? Kita semua udah pada tahu kalau kandungan tersebut memperlambat kantuk, jadi rasanya gak bijak kalau ingin tidur nyenyak malah mengkonsumsinya sebelum terlelap. Hadeuh…

5. Tempat Tidur Hanya untuk Tidur
Ya, sebisa mungkin jangan bawa-bawa pekerjaan semacam menonton televisi, mengetik, mengerjakan PR, bikin makalah, dst ke tempat tidur. Khususkanlah tempat tersebut untuk tidur, sehingga begitu kita berbaring di atasnya, kita akan lebih mudah terangsang untuk terlelap.

6. Beraktivitas Santai Jelang Tidur
Jika Sobat telah telentang, guling-guling atau menghadap sana-sini belum tidur, bisa saja Sobat mencoba melakukan aktivitas ringan dan santai seperti membaca buku. Aktivitas tersebut lama-lama akan membuat bosan dan mata pun jadi lelah, sehingga kantuk akan mudah datang.

7. Mandi dengan Air Hangat Jelang Tidur
Mandi bisa membuat otot-otot yang semula tegang menjadi rileks. Jika tubuh telah merasa nyaman, kita pun akan sangat terbantu untuk segera memejamkan mata.

8. Hilangkan Kegalauan
Sebaiknya tidak terlalu menyalahkan diri sendiri atas kegagalan/kejadian kurang baik yang telah terjadi, tidak mengungkit-ungkit hal-hal menyakitkan, tidak menumpuk dendam pada seseorang, dst. Hal-hal tersebut akan mengundang kegalauan dan kecemasan yang menyulitkan tidur.

Sebaliknya, maafkan diri sendiri dan orang lain serta berpikir positif. Jika perlu media untuk berekspresi, tulislah pada buku diary, curhat dengan teman terdekat, update status, dst. Memang tak ada salahnya kita melakukan evaluasi ketika hendak tidur, tetapi lakukanlah hal tersebut dengan baik sehingga mampu meringankan beban perasaan.

9. Atur Pernapasan
Meski sepele, mengatur pernapasan bisa menjadi salah-satu cara meditasi sederhana. Jika napas teratur, tubuh akan merasa santai dan tidur pun akan nyaman.

10. Buat Kamar menjadi Nyaman
Untuk memeroleh kualitas tidur yang baik, kenyamanan kamar pun menjadi salah-satu kunci utamanya. Buat suasana senyaman mungkin untuk tidur. Usir nyamuk dengan cara sehat, bersihkan ruangan, seprei, selimut, sarung bantal dan gunakan yang nyaman di hati. Bila perlu matikan lampu dan ‘silent’-kan ponsel.

11. Jangan Terobsesi untuk Men-judge Diri Sebagai Penderita Insomnia
Bila kita merasa sulit tidur, jangan dulu terburu men-judge diri sebagai pengidap insomnia. Hal itu bisa menjebak kita untuk terus merasa gusar ketika hendak berbaring tidur. Yakinkan diri bahwa pengganggu tidur tersebut mampu diatasi.

12. Jauhi Televisi, Laptop/netbook, Radio dan earphone
Ada sebagian orang yang telah membiasakan diri menonton sebuah tayangan dan mendengarkan music pengantar tidur. Baiknya hal-hal tersebut tidak dilakukan. Sebab, ketika kita tidur memori otak kita akan merekam suara-suara tersebut. Kasihan otak terus bekerja dan tak jarang akan masuk ke alam bawah sadar bahkan impian. Kalau bisa, batasi list lagu yang hendak diputar, jangan sampai earphone terus menyala sampai pagi.

13. Hindari Menatap Jam
Hal lain yang mungkin remeh namun cukup berpengaruh yaitu keberadaan jam. Meski kita belum bisa memejamkan mata, hindari kontak langsung dengan jam. Jarum jam yang terus menukik secara tidak langsung akan membuat kita gelisah dan lebih sulit terlelap.

Demikianlah 13 tips sederhana mengatasi insomnia. Semoga bermanfaat, ya…
Terima kasih atas kunjungannya dan… salam! ^_^ [#RD]

Referensi: deherba.com dan refleksiteraphy.com

Sumber Gambar: Google

*15 Mei 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *