Alasan Kenapa Kita Harus Peduli Palestina

Alasan Kenapa Kita Harus Peduli Palestina

alasan kenapa harus peduli Palestina

Di mana-mana ada seruan “Peduli Palestina”, “Save Palestina!”, “Palestina Merdeka!”, dst. Memang kenapa, sih? Apa kaitannya kita sama negeri yang jauh itu? Sampai repot-repot mikirin dan berjuang buat mereka segala? Bukannya negeri kita juga lagi resah akibat hasil quick count sementara yang berbeda-beda? -_-

Sebagian dari kita tentu pernah bertanya-tanya demikian. Tak salah. Kita memang patut tahu agar paham kenapa seruan untuk negeri itu bergaung, tidak hanya di Indonesia melainkan di seluruh penjuru dunia. Baik, tepikan dulu drama politik atau drama harga bahan pokok.

Nah, berikut alasan kenapa orang Indonesia atau umat islam seluruh dunia harus tanggap konflik Palestina:

Alasan Historis dan Balas Budi

Ketika Paletina masih merdeka dan kita belum, negeri itu memberi dukungan penuh. Adalah Syekh DR Amin Husaeni, salah satu tokoh yang getol memberi support pada Indonesia. Karena itulah, bangsa-bangsa arab lain mengikuti. Seperti Mesir, Arab, Aljazair, Maroko, dst.

 indonesia dan palestina, bendara palestina

Tak hanya itu, Palestina pun jadi salah satu negara terdepan yang mengulurkan bantuan ketika Indonesia dihantam bencana. Misalnya ketika ada bencana Merapi dan Mentawai, Gempa Padang, Gempa Jogja dll. Ragu? Search di google juga Insya Allah banyak keterangan detailnya. Subhanallah… tanah penuh konflik itu masih meluangkan bantuannya untuk Indonesia!

Alasan Kemanusiaan

Israel melakukan aksi penjajahan terhadap Bangsa Palestina. Banyak warga sipil yang dibantai, dibakar hidup-hidup, rumah/tempat ibadah/sekolah dihujani bom, diteror, bantuan dari bangsa lain dirampas dst. Tentu masih ingat dengan berita Kapal MM yang mengangkut bantuan untuk Palestina, namun kemudian ditembaki secara bertubi-tubi oleh Israel?

 alasan kenapa harus peduli Palestina 2

Meski sedikit saja yang terekspos media, namun seluruh dunia pasti mengutuk aksi tersebut. Lagipula sudah terjadi kesepakatan internasional, kalau kita menolak aksi kekejaman atau penjajahan suatu bangsa ke bangsa lain. Bahkan dalam Pembukaan UUD 1945 tertuang jelas: “…penjajahan di dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan…”

Palestina adalah Tanah Wakaf Umat Islam

Ketika Umar Bin Khattab datang ke tanah Palestina untuk membebaskan tanah itu dari kungkungan musuh-musuh Islam, beliau mewakafkan tanah Palestina untuk Umat Islam. Sebagai tambahan, Imam Hasan Al-Banna pernah berkata : “Nasionalisme seorang Muslim seharusnya melintasi sekat-sekat geografis, ras, bangsa, dan segala sekat yang ada. Pembelaan dan Perasaan identitasnya menyatu dengan suara yang sama. Semua yang telah bersyahadat adalah saudara kita, dimanapun mereka, Inilah Nasionalisme kami.”Jadi, kalau tanah saudara kita tengah dijajah, apa iya kita diam saja?

Palestina adalah Tempat Suci dan Berka

Ada hadist yang mengatakan, “Tidak perlu susah-payah melakukan perjalanan kecuali ke tiga mesjid; Masjidil Haram, Masjidil Aqsho dan masjidku ini (Masjid Nabawi).”

 eramuslim, peta palestina, mesjid alaqsho,  sejarah palestina, palestina terkini, puisi palestina, negara palestina, palestina merdeka

“Maha Suci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami perlihatkan kepadanya tanda-tanda (Kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, Maha Melihat.” (QS Al-Israa’:1)

Sudah jelas, ketiga tempat itu (Masjidil Haram, Masjidil Aqsho dan Masjid Nabawi) pasti memiliki kedudukan tersendiri di mata Allah Swt. Khususnya yang tengah kita bahas sekarang, Masjidil Aqsho, yang memang berada di Palestina. Tak ayal, tempat ini sering dijuluki ‘Ardhun Mubarokah’ alias ‘Tanah yang Diberkahi’.

Betapa tidak, gelar ‘Ardhun Mubarokah’ itu mencuat karena beberapa alasan. Diantaranya; Palestina adalah tanahnya para Nabi, tempat transit saat Isra Mi’raj, Masjidil Aqsho menjadi kiblat pertama Umat Islam dan menjadi jantung peradaban Umat Islam sedunia. Karenanya, jika Palestina lebur, maka peradaban umat Islam di tempat-tempat lain pun kemungkinan besar akan hancur.

Palestina adalah Negeri Isra Mi’rajnya Nabi Muhammad Saw

Sebagaimana kita tahu, tempat transit Isro Mi’raj Nabi Muhammad Saw dari Mesjidil Haram ke Sidratul Muntaha itu adalah tanah Palestina, tepatnya di Mesjidil Aqso. Dalam proses Isro Mi’raj sendiri tercetus salah satu ibadah vital bagi Umat Islam, yakni sholat lima waktu. Jadi bisa kita simpulkan, tak akan Allah Swt jadikan tempat transit kalau tanah itu tak ada maknanya.

Lantas, apa yang harus kita lakukan? Bantuan apa yang bisa kita haturkan?

berjuang untuk Palestina, sejarah palestina, palestina terkini, yahudi, puisi palestina, negara palestina, palestina merdeka, eramuslim, peta palestina

Apa kita harus pergi ke Palestina dan berperang membunuh Zionis, gitu? Tidak seekstrim itu. Pada dasarnya kita bisa membantu mereka dengan beberapa cara; memperdalam pengetahuan dan kronologis kenapa penjajahan di Palestina masih terjadi (dengan begitu bisa mempertebal keimanan dan keyakinan kita bahwa tanah yang diberkahi Allah Swt itu memang patut dibela, jadi biar tidak asal ikut-ikutan saja), kita sumbangkan dana, ide, pikiran, menyebar pemahaman dan kepedulian pada saudara muslim yang lain (khususnya generasi muda) atau paling mentok itu doa;

Mudah-mudahan Allah Swt segera memberi kemerdekaan untuk Palestina, menabahkan dan mengukuhkan iman para saudara kita serta menjadikan penderitaan mereka sebagai penghapus dosa, penghantar keberkahan dunia-akhirat dan jalan menuju syurga. Aamiin. [#RD]

*10 Juli 2014

Referensi:
Bidang Kajian Hamaasah YISC Al Azhar (Mahendri Muchtar, BIRK/Bachelor of Islamic Revealed Knowledge), fanspage ifcanonymouslegion, Google Image

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *