Angin Menerpa wajah itu Bahaya!

Angin Menerpa wajah itu Bahaya!

ditabok-syetan

Ssshhhh…

Ketika naik motor tanpa helm, angin pun menerpa wajah, oh senangnya…

Ketika angkot penuh sesak dan aku bisa melongokkan kepala ke luar dari jendela, oh serasa meraih kemenangan tiada tara…

Ketika aku berhadapan langsung dengan Air Conditioner, rambutku terombang-ambing, oh sejuknya sampai nusuk-nusuk…

Eh, eh, eh… jangan seneng dulu!

Biar sejuk, tapi ternyata berbahaya loh! Hal itu bisa membuat otot-otot di wajah jadi tidak berfungsi. Hal ini terjadi karena angin yang menerpa wajah akan menyebabkan pembengkakkan (oedema) yang menyebabkan terjadinya penjepitan syaraf. Otot-otot wajah disyarafi oleh Nervus Facialis yang perjalanannya melewati bagian bawah telinga. Syaraf ini dapat terjepit oleh Oedema yang terjadi karena terpapar dingin. Seperti terkena langsung dari jendela mobil, kipas angin, AC, mengendarai motor tanpa helm, dst. Selain itu juga dapat terjadi infeksi.

Penyakit itu disebut Bell’s Palsy atau masyarakat umum biasanya menyebut “ditabok syetan”, karena salah satu gejalanya adalah muka tampak mencong ke salah satu arah baik kanan atau kiri sehingga terkesan habis ditampar atau ditabok. Walau demikian, banyak juga yang tidak terlalu mencong dan tetap simetris. Hal ini tergantung dari keparahan penyakitnya.

Adapun gejala lain yaitu tidak dapat mengerutkan dahi, menutup mata, tertawa bahkan berkumur dan makan pun jadi terganggu. Selain dapat juga terjadi gangguan mengekspresikan wajah dan hilangnya rasa pada lidah. Wuih, seram juga! [#RD]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *