Berani Bermimpi? Berani Mewujudkannya Juga!

Berani Bermimpi? Berani Mewujudkannya Juga!

mewujudkan mimpi

flickr.com

Punya impian apa nih, Bro-Sist? Hehe 😀

Memiliki impian emang bukan cuma milik orang-orang tertentu ya, Bro-Sist. Sebab impian itu free alias gratis. Gak perlu merogoh dompet, menggesek kartu ATM apalagi menggadaikan surat-surat berharga kok! Hehe. Hanya saja… dari sekian banyak dreamers alias pemimpi, barangkali segelintir saja yang “berani” membuat dan mewujudkannya.

Bercerita dulu, yah…

Dahulu sekali seorang Thomas Alva Edison, orang yang (mohon maaf) memiliki masalah dengan pendengaran pernah memiliki impian untuk membuat malam seterang siang. Demi mewujudkan impiannya itu, ia telah melakukan ratusan percobaan. Barulah kemudian ia berhasil menemukan lampu pijar, penemuan yang kita rasakan manfaatnya sampai sekarang.

Sementara Wright bersaudara pernah bermimpi untuk terbang. Mimpi mereka dianggap gila, sebab manusia tak memiliki sayap layaknya burung. Kemudian percobaan, kegagalan dan kegigihan mengantarkan mereka pada penemuan teknologi pembuatan pesawat terbang. Mimpi mereka terjawab. Sampai sekarang manusia bisa “terbang”. Bahkan lebih tinggi, nyaman, cepat, ber-pramugari dan banyak fasilitasnya dibanding burung. Subhanallaah.

Lalu Bill Gates. Ia pernah bermimpi bahwa manusia bisa menggunakan komputer secara pribadi, ada di tiap rumah dan bisa dibawa kemana-mana. Well, zaman sekarang kebanyakan orang telah memakai komputer (laptop atau netbook) secara personal. Hampir di tiap rumah, di sudut-sudut tempat makan, taman kota, mall, sekolah-sekolah dsb.

Ketiga pemimpi sebagai contoh nyata di atas telah membuktikan mimpi mereka. Lalu, bagaimana dengan kita?

Berikut ini kami share tips untuk berani membuat impian (dan mewujudkannya). Isi postingan ini kami olah dari buku “8 Langkah Ajaib Menuju ke Langit” karya Pak Victor Asih. Jom kita bahas!

1. Baca-baca

Semua ini bisa kita awali dengan membaca-baca buku keagamaan, motivasi, artikel-artikel inspirasi, kisah-kisah sukses, biografi tokoh, dst. Kita bisa mendapatkannya secara berbayar maupun gratis ya, Bro-Sist. Banyak sekali situs khusus motivasi atau inspirasi. Bahkan merambah pula ke sosmed.

2. Dengarkan kaset atau acara-acara motivasi

Supaya lebih afdol, kita bisa “menikmati” sajian motivasi dan inspirasi secara audio maupun visual ya, Bro-Sist. Bisa dengan mendengar kaset motivasi dari kalangan distributor bisnis MLM, acara televisi maupun melihat-lihatnya lewat youtube.

3. Tonton film-film motivasi atau inspirasi

Film yang inspiratif selain menghibur tentu saja menginpirasi dan memotivasi. Untuk itu kita disarankan menontonnya, meresapi pesan-pesan yang terkandung di dalamnya.

4. Ikuti pelatihan atau seminar

Sekarang-sekarang pelatihan maupun seminar mengenai motivasi dan inspirasi jadi sesuatu yang marak diagendakan. Acaranya memang bagus dan bermanfaat ya, Bro-Sist. Namun bagi kita yang berkantung terbatas, mesti sedikit selektif juga. Sebab ada yang mematok harga selangit, ada yang memang menyesuaikan dan syukur-syukur sampai gretongan alias gratis. Hehehe

5. Bersahabat dengan orang-orang positif

Soal bergaul, baiknya kita tidak membatasi diri dan pilih-pilih. Mendekati yang kaya saja, yang tenar saja, yang asyik saja, yang bisa diajak senang-senang saja, dst. Jika begitu, nanti terkesan menciptakan kasta di dalam pergaulan ya, Bro-Sist.

Lain lagi kalau bicara soal persahabatan. Hubungannya memang lebih intim dan berpengaruh. Malah sahabat bisa dikatakan sebagai cermin bagi diri kita sendiri. Sehingga kita kadang punya pertimbangan tersendiri untuk menentukan seseorang sebagai sahabat dan merajut hubungan itu bersama-sama.

Persahabatan manusia zaman sekarang, kayaknya, gak sebatas di dunia nyata saja. Namun bisa sampai ranah dunia maya juga ya, Bro-Sist. Untuk itu, disarankan bagi kita untuk membangun persahabatan positif baik di dunia nyata maupun maya. Hoho

6. Doa

Se-detail dan sematang apapun rencana kita, ujungnya akan kembali pada “ketukan palu” dari Allah Swt. Dia mengabulkan atau tidak, tentu karena ada alasannya. Maka, berserah diri pada-Nya menjadi kebijakan yang tepat. Baik sekali jika kita berdoa meminta hasil dan keputusan terbaik dari segenap usaha yang telah kita lakukan serta bisa menerima semua itu dengan lapang dada.

Bagaimanapun doa menjadi salah-satu bukti bahwa sebagai manusia biasa… kita butuh “kekuatan lain”, yang Maha Perkasa lagi Bijaksana.

Bermimpi adalah hal yang menyenangkan, terlebih lagi kalau ia menjadi kenyataan. Namun jalan untuk menggapainya tentu tak mudah. Kita perlu sungguh-sungguh mengerahkan kemampuan diri, pandai menempatkan diri dalam lingkungan dan memiliki hubungan yang baik dengan Sang Pencipta. Kalau bukan kita yang mewujudkan mimpi diri sendiri, lalu siapa lagi? [#RD]

*Referensi: Buku 8 Langkah Ajaib Menuju ke Langit
 *October 10, 2013
4 Comments
  1. arfina
  2. deeann
  3. fandhy
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *