Cara Aman Belanja Online Melalui Forum

Cara Aman Belanja Online Melalui Forum

Dari: Okeysip

tips belanja online

Tulisan ini ditujukan khususnya untuk tetangga yang kedapatan tertipu Rp. 5.000.000 karena pertama kali mencoba membeli laptop di salah satu forum komunitas besar di Indonesia.

Dalam hati saya bergumam kenapa dia tidak tanya-tanya dulu ke saya. Klo tanya-tanya dulu mah mungkin sebelum memberi masukan cara-cara membeli barang via online, terlebih dahulu saya akan menyarankan agar dia membeli laptop di kota tempat kita tinggal yaitu di Kuningan Jawa Barat, karena paling banter beda harga Rp. 50 rebu sampe Rp. 100 rebu mah ya gak papa lah daripada nanti nunggu barang yang belum tentu di kirim si penjual karena bisa jadi si penjual itu scam/hoax (tukang tipu). Apalagi tetangga saya itu baru pertama kali nyoba beli barang via online.

Bagi seorang pemula pembeli barang via online terlalu beresiko tanpa di dampingi atau diberi arahan oleh orang yang berpengalaman dalam jual beli via online, klo pun dia memaksa sendiri itu tergantung pada keberuntunganya mendapatkan penjual yang trusted (trusted seller) atau seorang penipu (scam/hoax).

Alasan lain mengapa terlebih dahulu saya akan menyarankan tetangga itu agar membeli laptop di kota tempat kita tinggal adalah :

1. Servis

Kalo ada apa-apa dengan barang yang dibeli gampang di complaint, misalnya gini kita beli laptop di toko katakanlah Zigma Computer di JL. R. E. Martadinata, No. 33, Cijoho, Kuningan-Jawa Barat.

Hari ini kita deal beli laptop, di coba di toko dan okay laptop dalam keadaan bagus 100 %. Setelah beberapa hari ternyata laptop itu error bisa jadi karena software nya tidak bekerja sebagai mana mestinya karena ada virus atau permasalahan lain.

Karena kita telah tahu di mana letak Zigma Computer karena alamat atau nomor telpon sudah tertera di nota pembelian kan gampang tinggal sms, telpon atau bisa langsung datangi kembali tempatnya.

Mau marah-marah sekalipun tidak apa-apa karena namanya pembeli, pembeli adalah raja “katanya…”, tapi sebaiknya jangan sampe seperti itu juga kurang baik yah 😀.

Jelaskan saja apa keluhannya, InsyaAwlloh pihak toko akan melayani anda dengan ramah memberikan servis untuk laptop anda. Beda lagi ceritanya dengan membeli barang lewat internet / online khususnya di forum, mau kemana ngehubunginya belum tentu alamat si penjual yang di cantumkan di forum adalah asli alamat si penjual, bisa jadi setelah menjual dia lepas tanggung jawab dan kabur, kan ribet urusannya. Bener gk ? ^^

2. Garansi

Biasanya pemilik toko komputer offline mempunyai link langsung ke agen perusahaan laptop seperti Acer, Toshiba, Dell, Lenovo, Sony etc, atau agen perusahaan hardware komputer lainnya, jadi akan sangat mudah meng’claim garansi, dengan catatan tidak melebihi masa garansi tersebut.

Beda lagi dengan beli online mau ke siapa mengajukan/mengclaim garansi ? klo pun memang benar ada pasti prosesnya sangat lama.

laptop aanbieding, toko bagus laptop, harga laptop lenovo

Cara Aman Belanja Online Melalui Forum

Baiklah dibawah adalah Cara Aman Belanja Online Melalui Forum Komunitas versi Rosediana Diary:

1. Kenali Betul si Trader / Seller

Buka profile forumnya sudah lama kah dia menghuni forum tersebut? Bagaimana reputasinya di forum? Kenali Thread-threadnya, biasanya seorang penjual yang trusted seller akan sangat rapi dalam menata thread lapaknya dan akan sangat jelas pula contact personnya, beda dengan yang scam biasanya seperti asal-asalan atau asal jadi.

Hal yang sangat perlu di ingat bahwa “scammer biasanya akan memaksa kita buru-buru transfer uang klo kita pesen barang darinya”, solusinya adalah kita jangan mudah terpancing santai sajalah. Cari-cari informasi tentang si trader tersebut, atau cari cari thread lain siapa tau ada thread lain ataupun penjual lain yang lebih meyakinkan kita.

2. Testimonial

Ini adalah yang paling penting. Banyak pula scammer yang sangat pandai menata rapi thread lapaknya tetapi sangat minim testimoni. Seller yang trusted pasti mempunyai thread khusus testimonial menampung post-post dari para pembeli sebelumnya, dia juga tidak akan malas mengupload bukti-bukti pengiriman barang. Jadi semakin banyak tanggapan positif di thread testimoninya maka semakin trusted pula lah si Seller tersebut.

3. Jasa Rekber

Cara terakhir setelah yakin betul bahwa si penjual adalah seller yang trusted selanjutnya kita gunakan jasa Rekber (Rekening Bersama) khusus yang menangani forum yang bersangkutan.

Demikian sedikit tips Cara Aman Belanja Online Melalui Forum, semoga bermanfaat apabila ada yang perlu di tambahkan silahkan berkomentar. Terima kasih 🙂 [*]

*Teman RD, Saudara #Okeysip. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *