Ihwal Rasa Tentram Dalam Hidup

Ihwal Rasa Tentram Dalam Hidup
Oleh Bpk. Arif Subiyanto

ihwal ketenangan hidup

Ketenangan jiwa, kedamaian pikiran (peace of mind), maupun ketentraman hati bisa datang atau diperoleh dari berbagai sumber. Pasangan atau kekasih yg setia dan penyayang, belahan jiwa yg dewasa, toleran dan penuh pengertian, anak-anak yang berbakti penuh pengabdian pasti menjamin sisa umurmu diliputi rasa bahagia dan ketenangan.

Ketentraman juga bisa kau dapatkan dari tebalnya iman: keyakinan absolut bahwa hidup, ajal, rejeki, jodoh dan segala hajatmu di dunia sekarang dan di hari kemudian sudah direncanakan sebaik dan seindah-indahnya oleh Dia Yang Maha Merencanakan. Rasa tenteram terbit dari keyakinan bahwa agama, visi hidup dan falsafahmu itu paling sempurna sehingga kau hidup damai dan nyaman tanpa mengusik tetangga kiri kanan.

Ketentraman juga bisa kau dapatkan dari keyakinan bahwa kau menguasai salah satu cabang ilmu yang ditanganmu menjadi keterampilan, keahlian, karya besar, spesialisasi atau keunikan yg memastikan orang datang mengadu, berkonsultasi atau memakai jasa dan kepakaranmu untuk berbagai hajat dan tujuan. Keahlian itu yg menjamin kau tak akan pernah kekurangan, dicari orang, dihargai dan diperhitungkan. Nafkah dan kebutuhan hidupmu terjamin dan dicukupkan. Mungkin level ketentraman inilah yg harus kalian raih sebelum kalian menapaki maqom ketentraman jiwa berikutnya. [*]

*21 November 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *