Kata-kata Super dari Pak Rektor

Kata-kata Super dari Pak Rektor

Wisudawan

Rabu, 26 Februari 2014

Assalamu’alaikum Wr. Wbr.

Bismillah, alhamdulillah, laahaulawalaa quwwata illabillah. Asyhaduallaailaahaillallah wahadahu laasyarikalah, waasyhaduanna muhammadan ‘abduhu warosuluh. Alloohumma sholli ‘alaa muhammad wa’ala aali muhammad, kamaasholaita ‘alaa ibrohim, innaka hamniidummajiid. Amma ba’du.

Yang kami hormati:

  • Ibu Bupati, Bapak Wakil Bupat dan seluruh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kuningan.
  • Bapak Ketua DPRD Kabupaten Kuningan
  • Bapak Koordinator Kopertis Wilayah IV Jawa Barat dan Banten
  • Bapak Ketua Dewan Pembina, Dewan Pengawas dan Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan
  • Bapak Ketua Senat Universitas dan seluruh anggota
  • Bapak Ketua Dewan Pertimbangan dan seluruh anggota
  • Bapak/Ibu pimpinan perguruan tinggi mitra;
  • Bapak/Ibu orang tua wisudawan;
  • Bapak/Ibu tamu undangan, serta
  • Para wisudawan-wisudawati yang berbahagia.

Marilah senantiasa kita menghaturkan puji dan syukur kehadirat Allah Swt yang telah memberikan begitu banyak ni’mat kepada kita semua, termasuk ni’mat hari ini, kita bisa bersilaturahmi menghadiri acara ini dalam keadaan yang sehat dan penuh kebahagiaan. Kemuliaan serta kedamaian semoga tetap dilimpahkan kepada junjunan dan teladan kita semua, Rasulullah Muhammad Saw, juga kepada keluarganya, para sahabatnya serta umatnya yang setia mengamalkan ajarannya. Aamiin ya Robbal ‘aalamiin.

Hadirin-hadirat yang kami muliakan.

Upacara wisuda hari ini merupakan upacara wisuda gelombang pertama tahun akademik 2013/2014. Apabila dihitung sejak UNIKU berdiri, maka upacara wisuda hari ini adalah upacara wisuda ke-15. Pada upacara wisuda kali ini akan diwisuda seluruh lulusan yang lulus pada periode semester ganjil tahun akademik 2013-2014 sejumlah 656 wisudawan/wati. Atas nama Universitas Kuningan, saya mengucapkan selamat atas keberhasilan saudara-saudara dalam menyelesaikan pendidikan pada universitas tercinta ini. Saya juga menyampaikan salam hormat dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada orang tua dan keluarga wisudawan/wati yang telah mempercayakan pendidikan putera-puterinya kepada kami.

Para wisudawan/wati yang berbahagia.

Sebagaimana dimaklumi, upacara wisuda adalah ritual penanda berakhirnya proses pembelajaran pada suatu tahapan pendidikan. Selama sekian tahun saudara-saudara merasakan suka dan duka dalam mengasah berbagai kemampuan dan keterampilan pada bidang ilmu masing-masing; selama sekian tahun saudara-saudara merasakan bimbingan, gemblengan, dan sejumlah ujian dari para dosen. Sekarang, setelah dinyatakan lulus, saatnya bagi saudara untuk membuktikan dan mengamalkan ilmu yang kalian peroleh untuk kemaslahatan pribadi, keluarga, masnyarakat, bangsa dan negara. Bral geura miang, sing teuneung, sing ludeung, tong hariwang, ulah salempang. Doa kami senantiasa menyertai kalian.

Pendidikan tinggi pada dasarnya merupakan suatu proses “Learning Fundamental Knowledge”. Karena bersifat fundamental, maka apabila tidak ingin ketinggalan, setelah lulus dari jenjang pendidikan ini, Saudara-saudara harus terus berusaha untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan menyerap sebanyak mungkin pengalaman. Sebab semakin banyak pengetahuan dan pengalaman yang kita punyai, maka semakin mudah kita beradaptasi dengan lingkungan yang terus berubah dan semakin mudah menciptakan dan meningkatkan kreativitas. Karena, apapun bidang ilmu saudara, tingkat kesuksesan hidup saudara akan ditentukan oleh sejauh mana kretivitas yang bisa saudara bangun dan kembangkan. Seperti diakui oleh para ahli manajemen, bahwa hanya kreativitaslah yang dapat memecahkan hampir semua masalah. Dan hanya melalui tindakan kreatif, seseorang akan dapat mengatasi masalah-masalah yang dihadapinya. Oleh karena itu, setelah terjun ke masyarakat, seyogyanya saudara-saudara menjadi “creative class”, yaitu individu-individu yang memiliki fungsi untuk “menciptakan bentuk baru yang bermanfaat dan meningkatkan nilai tambah”.

Keberhasilan di dunia kerja, juga akan ditentukan oleh sejauhmana etos dan integritas seseorang pada pekerjaan dan tempat di mana dia bekerja. Untuk berhasil dalam bekerja, kita tidak bisa hanya mengandalkan IPK tinggi atau yudisium terpuji. IPK atau yudisium memang sangat penting, karena hal itu menunjukan kualitas saudara, tetapi itu saja tidak cukup. Untuk berhasil, seseorang harus memiliki karakter sukses yaitu ketekunan, kedisiplinan, kegigihan, semangat, optimis dan integritas pribadi yang tinggi. Pada banyak kasus, faktor-faktor inilah yang justeru menjadi penentu keberhasilan seseorang di masyarakat. Oleh karena itu, saudara-saudara sekalian, dalam menghadapi tantangan yang lebih semakin besar dan kompleks di masa depan, jadikanlah karakter itu sebagai baju yang melekat dalam diri saudara-saudara. Mari kita hadapi masa depan dengan penuh suka cita dan optimis. Yakinlah bahwa masa depan akan menjadi milik kalian.

Para wisudawan yang berbahagia.

Satu lagi pesan saya kepada saudara-saudara semua. Salah satu yang harus menjadi penciri lulusan UNIKU adalah kejujuran. Ingatlah dalam diri saudara melekat nama almamater tempat saudara diluluskan. Kami sudah berusaha sejauh kemampuan kami untuk menjaga nama baik almamater ini. Oleh karena itu, kami titipkan nama baik almamater ini kepada saudara-saudara. Apabila saudara-saudara berhasil dan berprestasi di dunia kerja masing-masing, maka UNIKU akan terangkat namanya. Namun bila sebaliknya, apabila gagal, tidak berhasil, atau bahkan melakukan hal-hal yang melanggar hukum, maka UNIKU pun akan terkena getahnya.

Bapak, Ibu, hadirin sekalian.

Salah satu isu besar yang dihadapi oleh semua perguruan tinggi dewasa ini adalah semakin meningkatnya jumlah pengangguran tenaga terdidik. Karena itu, tantangan utama yang dihadapi oleh perguruan tinggi termasuk Universitas Kuningan adalah bagaimana menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mampu diserap oleh pasar kerja yang semakin kompetitif dan mengglobal, serta bagaimana menumbuhkan karakter kewirausahaan pada diri anak didik sehingga mereka tidak hanya memiliki mentalitas pencari kerja, tetapi memiliki mentalitas pencipta lapangan pekerjaan.

Untuk mengantisipasi hal itu, UNIKU mulai tahun 2010 telah membentuk Pusat Pengembangan Kewirausahaan yang bertugas membina dan mengembangkan karakter kewirausahaan mahasiswa, bukan hanya secara teori melainkan juga secara praktik. Mahasiswa ditantang untuk belajar berusaha secara mandiri dengan modal yang kami sediakan. Saya merasa sangat berbahagia ketika mendapat laporan bahwa banyak mahasiswa, termasuk yang diwisuda hari ini, yang sudah punya usaha sendiri bahkan sebelum mereka lulus. Dalam mengelola program ini, sungguh kami merasa sangat berutang budi kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan dan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Cirebon yang telah mendukung kami dengan memberikan hibah untuk modal bergulir bagi para mahasiswa kami. Mudah-mudahan ke depan kerjasama ini bisa terus ditingkatkan.

Tahun 2014 merupakan tahun yang sangat menentukan bagi perkembangan UNIKU ke depan. Pada tahun ini ada banyak ketentuan dari UU Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang mulai efektif berlaku seperti batas usia pensiun dosen, kualifikasi pendidikan minimal bagi dosen serta kewajiban bagi perguruan tinggi untuk mengikuti akreditasi institusi. Semua itu memerlukan konsentrasi, dedikasi dan loyalitas penuh. Kami menganggap tahun ini merupakan momentum yang tepat untuk konsolidasi internal sehingga terbangun sistem yang kuat. Dengan dasar yang sudah relatif kuat, kami optimis mampu mengatasi semua rintangan yang ada. Untuk itu, dukungan dan doa dari semua pihak sangat kami harapkan.

Bapak, Ibu, Hadirin yang kami muliakan.

Diantara 656 wisudawan hari ini, ada dua orang wisudawan yang mungkin paling berbahagia karena hari ini tepat berulang tahun, yaitu Sdr Asep Nurhidayat, S.Kom yang berulang tahun ke -24; dan Sdr Samsudin, M.Pd yang hari ini tepat berulang tahun ke-46. Tercatat sebagai wisudawan termuda yaitu Sdr Hilman Gufron Sutardi, S. Kom yang menyelesaikan studi pada usia 21 tahun dan wisudawan tertua yaitu Sdr Muhaemin, M.Pd yang menyelesaikan studi pada usia 56 tahun.

Kepada para wisudawan/wati, sekali lagi kami mengucapkan selamat jalan, selamat berjuang di masyarakat dan jadilah alumni yang bisa dibanggakan. Kepada para orang tua dan keluarga wisudawan/wati, saya atas nama Universitas Kuningan, menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk mendidik putera-puteri harapan masa depan. Pengorbanan keluarga untuk menghantar mereka sampai diwisuda hari ini tentu tidak sia-sia. Hari ini dengan bangga kami serahkan kembali kepada keluarga dan masyarakat dengan harapan silaturahmi yang sudah terbangun diantara kita tetap terjalin pada masa yang akan datang.

Bapak, Ibu, hadirin yang kami muliakan.

Pada forum ini, ijinkanlah kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh karyawan Universitas Kuningan, baik tenaga edukatif maupun tenaga administratif, karena atas pengabdian dan kerja keras mereka, UNIKU bisa sampai sejauh ini.

Kepada Bapak Koordinator Kopertis Wilayah IV, kami juga menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pembinaan dan bantuannya selama ini. Pada tahun ini sejumlah 83 mahasiswa kami mendapatkan beasiswa dari pemerintah, dengan perincian 27 orang beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) dan 58 orang beasiswa BBM (Bantuan belajar Mahasiswa). Selain itu, terdapat 26 orang dosen kami mendapatkan beasiswa BPPS yaitu 12 orang untuk studi lanjut S-2 dan 14 orang untuk studi lanjut S-3. Tentu kami berharap perhatian yang sangat besar ini akan semakin meningkat pada tahun-tahun yang akan datang. Perlu kami sampaikan pula di sini bahwa pada tahun ini kami mendapatkan pula bantuan untuk mahasiswa dari Badan Amil Zakat Kabupaten Kuningan sebanyak 15 orang serta beasiswa dari Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan sebanyak 34 orang.

Kepada Ibu Bupati dan Bapak Ketua DPRD kami menyampaikan rasa haru dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian, dorongan dan bantuan terus-menerus yang diberikan kepada kami.

Kepada para dermawan dan pihak-pihak lain yang memiliki kepedulian yang besar terhadap lembaga pendidikan ini, kami hanya kuasa menyampaikan terima kasih. Semoga amal baik Bapk/Ibu mendapat pahala berlipat dari Allah Swt.

Bapak, Ibu, hadirin yang kami muliakan.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan. Akhirnya, hanya kepada Allah Swt kami mohon petunjuk dan hanya kepada-Nya kami mohon pertolongan.

Billahi fi sabilil haq. Wassalamu’alaikum Wr Wb

Rektor Universitas Kuningan

Bapak Dr H Iskandar Hasan M M Rektor Universitas Kuningan UNIKU

Dr. H. Iskandar Hasan, M.M

~~~

*March 3, 2014
*Sumber post & poto: Pidato Rektor Pada Acara Wisuda Universitas Kuningan (UNIKU)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *