Masih Muda Sudah Ubanan, Gimana Ya?

Masih Muda Sudah Ubanan, Gimana Ya?

 masih muda sudah ubananKaget daku ketika merasa gatal yang amat sangat di kulit kepala. Sebetulnya bukan rasa itu sih, melainkan ketika berkaca dan melihat ada juntaian uban di sela-sela rambut hitam. Di satu sisi daku khawatir, kenapa bisa sampai tumbuh uban? Apa karena cuaca panas? Atau, stress? Di sisi lain, daku sadar – oh iya waktu cepat berlalu dan penuaan adalah hal tak terelakkan. Hohoho.

Tapi daku gak sendirian, Bro-Sist. Ketika iseng saja baca majalah lama, pas banget baca rubrik curhat, ada seorang anak SMA (pada 2006). Dia bimbang sebab di usia belia sepertinya, rambut putih alias uban sudah tumbuh subur. Dia pun meminta ‘pencerahan’ pada pengurus rubrik curhat majalah tersebut. Berikut pemaparannya:

Penyebab uban itu multifaktor alias memiliki banyak faktor. Bisa karena genetik atau keturunan, kelainan metabolik atau karena pengaruh pemakaian obat-obatan tertentu. Faktor genetika dan kelainan metabolik termasuk penyebab yang sulit untuk diobati. Sementara faktor terakhir, faktor obat-obatan, tentu bisa kita siasati dengan cara menghindari pemakaian obat tersebut.

Meski demikian, ada tips sederhana bagi kaum muda yang memiliki problema ubanan. Tak perlu memakai obat atau menggunakan jamu-jamuan tertentu. Namun cukup dengan mengatur posisi tidur supaya tepat, sehingga peredaran darah yang mengalir ke kepala bisa lancar. Caranya adalah ketika tidur usahakan posisi kepala lebih rendah dibandingkan dengan bagian tubuh yang lain. Karena itu, untuk sementara waktu kita bisa tidur tanpa bantal terlebih dahulu. Atau, bantalnya bisa kita gunakan untuk sandaran kaki ketika tidur sehingga posisinya lebih tinggi dibandingkan kepala.

Tips lain, kita juga bisa mencoba cara penobatan lain misalnya dengan menggunakan metode pengobatan timur, apakah dengan akupuntur (tusuk jarum), akupressur (pijat refleksi) dan pengobatan lain yang tidak dilarang oleh syariat.

Perlu kita ingat pula, bahwa kalaupun ubanan itu dianggap sebagai ‘kekurangan’ kita yang masih muda, maka hal itu bukanlah perusak segalanya, termasuk penampilan dan rasa percaya diri. Insya Allah dengan memperbanyak berdoa dan memperbaiki akhlak, kecantikan sejati akan memancar sendiri. Wallaahu a’lam. [#RD]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *