Mengupas Tuntas Sang Ketua Geng Allium, Bawang Putih

Mengupas Tuntas Sang Ketua Geng Allium, Bawang Putih

khasiat bawang putih dan tips memilihnya

“Kakakmu itu, sering banget nelen bawang putih,” kata A W, teman baik kakakku.

“Masak, sih? Buat apa?”

“Buat stamina kali.”

Kukira ‘kepercayaan’ itu cuma omong kosong belaka. Ternyata benar loh! Bawang putih, dalam beberapa studi, memang dinyatakan sebagai salah-satu bumbu yang super-duper baik en berkhasiat!

Pada zaman dahulu, hanya wanita yang menyantap bawang putih. Hasilnya? Meski sudah tuir, tapi para wanita itu awet muda dan tetap strong. Bahkan ketika perang dunia II berkecamuk di Manchuria, banyak dipekerjakan buruh dari Cina dan Korea. Meski mereka dapet jatah makanan yang terbatas, tapi ajaibnya mereka bisa bertahan begitu lama. Mereka juga jarang menderita sakit yang cukup serius. Udah gitu, staminanya juga pada baik-baik aja. Usut punya usut, ternyata mereka kerap ‘menyelundupkan’ bawang putih pada makanan yang serba pas-pasan itu.

Bahkan, dulu raja-raja Mesir juga suka ngasih bawang putih sama parabudak yang membangun piramida-piramida raksasa. Mereka diwajibkan memakan beberapa siung bawang putih tiap harinya. Ternyata, bumbu itu sudah masuk ke dalam daftar “800-an tumbuhan berkhasiat versi Codex Ebers”, yakni sebuah papirus Mesir kuno bertarikh 1500-an SM.

Kini. Pada zaman fesbuk, twitter dan GGS ini (lha?!), perkembangan ilmu pengetahuan membuktikan kalau khasiat bawang putih tak terbatas pada meningkatkan stamina belaka. Kini bisa dipastikan kalau bawang putih bisa menangkal flu, membasmi cacing perut, mengobati reumatik, meredakan insomnia, memerangi hipertensi – stroke – jantung koroner – diabetes – ketidakseimbangan kolestrol dan kanker. Subhanallaah. Gak salah deh kalau bumbu yang satu ini dijuluki “umbi seribu khasiat”.

Emang apa aja fakta tentang bawang putih? Terus bener gak ya, kalau semakin tajam aroma bawang putih, semakin tinggi pula khasiatnya? Nah, jom kita bahas!

  • Bawang putih bisa dikatakan sebagai “ketua geng bawang-bawangan”. Jadi diantara anggota geng allium alias bawang-bawangan (macam bawang merah, bawang bombai, bawang prei dan bawang daun), bawang putih lah yang memiliki khasiat paling kuat.
  • Senyawa utama yang terdapat dalam bawang putih dinamakan Aliin. Ketika bawang putih ini dimemarkan/diiris/dihaluskan, zat yang sebetulnya tidak berbau ini akan terurai. Dengan dorongan enzim alinase, aliin terpecah menjadi alisin, amonia dan asam piruvat. Bau tajam alisin disebabkan karena kandungan zat belerang. Aroma khas ini bertambah menyengat ketika sulfur (zat belerang) dalam alisin diterbangka ammonia ke udara.
  • Selain alisin, bawang putih juga punya senyawa lain yang berkhasiat, yaitu alil, bukan Ilal mantan suaminya Regina, ya. Awas salah fokus. 😀 Jadi alil ini berkhasiat memerangi penyakit degeneratif (macam strok, hipertensi, jantung koroner dkk itu) dan mengaktifkan pertumbuhan sel-sel baru.
  • Khasiat yang sudah tercatat (dari kandungan alil) ini yaitu; menyeimbangkan kadar lemak darah, membersihkan penyumbatan pembuluh darah (sehingga serangan stroke dan jantung dapat dihambat), mengobati nyeri sendi dan menyegarkan darah dengan terbentuknya sel-sel darah baru.
  • Kandungan unsur gizi dalam bawang putih; energi 112 kalori, protein 4,5 g, lemak 0,2 g, kabrohidrat 23,1 g, kalsium 42 mg, fosfor 134 mg, zat besi 1,0 mg, vitamin BI 0,22 mg dan air 71 g. Komposisi tersebut di atas diukur dalam per 100g.
  • Mengkonsumsi 800 mg bawang putih atau 17,5 g bawang segar tiap hari selama 3-6 bulan akan menurunkan kadar kolestrol 35% dan trigeliserida 10,5%.
  • Mineral selenium yang banyak dalam bawang putih bersama zat aktif lainnya dapat mencegah mengentalan darah. Dampaknya? keenceran darah kembali normal dan pembuluh darah menjadi longgar. Aliran darah pun kembali lancar. Sehingga keluhan seperti diabetes, stroke dan serangan jantung dapat dihindari.
  • Pada wanita yang lama belum hamil, terapi bawang putih bisa juga dicoba. Zat antiradang dalam bawang ini akan menyembuhkan penyebab sulit hamil terutama radang pada saluran telur. Sedangkan alisin akan membasmi radikal bebas. Pada saat yang bersamaan, alisin beraksi membersihkan rahim dengan memasok oksigen da merangsang sel dinding rahim agar selalu dalam keadaan baru, sehingga selalu siap ditempeli zigot (hasil pembuahan sel telur dan sperma). Terapi ini sebaiknya dibarengi juga dengan memperbanyak konsumsi kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran dan mengurangi konsumsi lemak jenuh (terutama minyak goreng dan santan).

tips memilih bawang putihTips Memilih Bawang Putih yang Bagus

Bawang putih itu bukan yang ada di dapurdoang, ya. Banyak varietasnya. Ada yang warna kulitnya keungu-unguan dan ada juga yang agak merah-muda gitu. Dan yang populer adalah yang berwarna putih. Bawang inilah yang sering nampang di dapur kita.

Tapi, varietas apapun yang kita beli.Pilihlah yang umbinya mulus dan kulitnya kering. Umbi yang siungnya kecil, aromanya lebih tajam. Dalam keadaan kering, bawang putih tahan disimpan selama berbulan (asl disimpan di tempat yang kering dan adem). Jangan disimpan di kulkas, karena daunnya bisa tumbuh. Terus kalau udaranya terlalu panas, bawang putih akan cepat mengerut dan berbubuk abu-abu.

Nah, demikian deh postingan lengkap soal bawang putih. Wuaaah. Khasiat atau manfaat bawang putihnya banyak bingiiit, ea. Belum lagi kalau ilmu pengetahuan semakin berkembang, tentu manfaatnya akan semakin tergali lagi. Masya Allah! [#RD]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *