Soal-Soal Uji Kompetensi di Lembaga Kursus

Soal-Soal Uji Kompetensi di Lembaga Kursus

Contoh soal uji kompetensi LKP Bidang Komputer“Bikin soal masing-masing…”

Perintah Pak Y menggema dalam pikiranku. Maksudnya memang baik, beliau ingin soal-soal ujian itu benar-benar berasal dari apa yang sudah diajarkan. Namun yang mengusik pikiranku, aku belum tahu skema soal biasanya seperti apa.

Tak ada cara lain, selain aku mesti konsultasi dengan senior yang tak lain adalah teman baikku, Bu N. Kebetulan ia tengah kesulitan menggandakan soal, sebab tempat potokopinya langganannya belum bisa beroperasi maksimal. Aku pun menawarkan diri untuk membantunya, sekalian aku bilang ingin mempelajari soal-soal yang biasa ia buat.

Ia sepakat. Di rumah, kutelisik soal dan ketentuannya. Durasi 90 menit untuk uji kompetensi microsoft word dan excel menurutku cukup. Estimasinya, 30 menit untuk word (bahkan kalau bisa kurang) dan sisanya excel. Beda cerita jika anak betul-betul blank, waktu bisa membengkak bahkan keteteran.

Hanya saja aku sedikit memodifikasi soal-soal microsoft excel-nya. Aku kurangi kolom-kolom kosong yang menuntut berbagai rumus, kupangkas jumlah box dalam satu tabel-nya dan kucari tipe fungsi lain. Sengaja kulakukan hal itu, mengingat semua itu tak terlalu mudah.

Berikut ini contoh soal uji kompetensi Program Komputer di lembaga kursus, silakan di download bagi yang membutuhkan. [#RD]

lampiran_uji-kompetensi_ms-word1

lampiran_uji-kompetensi_ms-excel

*January 27, 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *