Tips Membantu atau Berjuang Membela Palestina

Tips Membantu atau Berjuang Membela Palestina

membantu Palestina

Kita iba sama Palestina, tapi what should I do?

Jika kalian ingin bersimpati dan ikut terlibat langsung mendukung perjuangan saudara di Palestina, berikut beberapa tipsnya:

1. Lengkapi Ilmunya

Minimal kita semua tahu secara garis besar kenapa ini, kenapa itu. Syukur-syukur lebih detail lagi. Baca sumber bacaan dengan reputasi dan validitas tinggi. Jika sudah lengkap pengetahuan tentang Palestina ini, bahkan sebenarnya, seorang Yahudi yang adil pun tahu urusan ini tidak adil sama sekali. Seorang Amerika tulen pun yang memang memegang teguh hak asasi manusia p pun tahu, Palestina dizalimi berpuluh tahun.

Nah, bagi kita sendiri, dengan menguasai pengetahuan tersebut, setidaknya kita tidak hanya ikut2an, euforia, atau termakan dengan postingan hoax, palsu, atau hanya provokatif–yang kadang adalah strategi pihak Israel sendiri.

2. Jangan Emosional berlebihan

Kendalikan emosi kita. Ingat, marah2 tanpa kendali, justeru hanya akan merusak diri sendiri. Boleh kecewa, sebal, kesal, benci, tapi kendalikan. Justeru dengan kita emosional berlebihan, kita tidak akan mendapatkan simpati pihak2 yang masih netral. Kita justeru malah mengundang antipati karena postingan2 kita. Tunjukkan betapa matang akhlak dan sungguh rahmatan lil ‘alamin Islam tersebut, hingga orang2 yang benci sekalipun, bisa memahami masalah ini lebih baik.

Percayalah, sekali seseorang memiliki paham bahwa kemerdekaan adalah hak setiap orang, dia pasti ada di pihak kita. Di seberang sana, penuh dengan strategi pemutarbalikkan fakta tentang terorisme, dsbgnya, mesin media-nya jauh lebih besar. Menghadapi hal ini perlu pengendalian emosi yang baik. Cari point2 terbaik menjelaskannya, sudut pandang yang berbeda. Bukan malah “menyerang” tanpa kendali yang malah kontraproduktif.

3. Didik, siapkan generasi kita

Kita tidak bisa berangkat perang ke Palestina, bukan? Hanya di sini saja. Maka, jangan lupakan, walaupun seperti tidak bisa melakukan apapun, sebenarnya mendesak sekali mendidik, menyiapkan generasi Islam yang lebih baik di sini. Tanamkan rasa persatuan, jangan saling hujat, jangan saling labeli. Rapatkan saf shalat kita semua. Rapat. Bersatu. Berikan mereka pemahaman terbaiknya, hanya dengan cara itu kita bisa membuat gentar musuh2. Bukan sebaliknya, saling cakar, berpecah-belah. Mereka tertawa melihat kita terombang-ambing bagai buih di lautan, banyak memang, tapi tanpa arah.

4. Bantu dengan dana

Jika kalian punya dana, dan saudara di Palestina menjadi prioritas, jangan ragu2 mengirimkan donasi. Gunakan lembaga terpercaya dan amanah. Ada banyak lembaga ini, termasuk yang punya unit dan aktivitas langsung ke Palestina sana.

5. Bantu dengan doa

Ini juga bisa jadi salah-satu cara. Kirimkan doa-doa terbaik kita. Dan bencilah sebenci2nya dalam hati kita tentang: ketidakadilan, penganiayaan, dan semua tindakan jahat lainnya.

Terakhir, jangan bersedih hati, wahai generasi terbaik. Kita ini semua milik Allah, sungguh Allah tahu yang terbaik bagi kita semua. Percaya atas hal ini, sudah cukup untuk memberikan cahaya terang di hati kita semua  🙂 [#RD]

*13 Juli 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *