Tips Mengetik Cepat 10 Jari

Tips Mengetik Cepat 10 Jari

Oleh: Okeysip

Klo kata Iwan Fals “Merenung seperti gunung” mungkin seperti itulah yang saya alami kali ini. Entah setan apa yang merasuki pikiran saya pagi ini 04 Oktober jam 3 lebih 52 menit (tahun 2013). Teringat beberapa tahun lalu ketika itu saya masih bekerja di Rental Komputer.

Ringkasan ceritanya seperti ini; Setelah lulus SMA tahun 2005. Gak punya kerjaan, jauh jauh nyoba merantau ke Jakarta nyari kerja kesana kemari cuma dapet kerjaan jadi Cleaning Service -_- haha. 

Alhamdulilah pengalaman selama satu tahun. Bosen jadi Cleaning Servis memutuskan nganggur kembali dan pulang kampung.

Kembali bersama pemuda-pemuda kampung halaman, kembali ke rutinitas seperti yang nganggur lainnya klo ba’da Isya nongkrong di pinggir jalan sambil mainin gitar, ngopi, udud aka merokok dsb.

Kebetulan tempat tongkrongannya bersebelahan dengan Rental Komputer + Warnet (Warung Internet) jadi bisa sambil main dan liatin yang punya rental lagi ngetik tugas-tugas orang, ngetiknya keren cepet banget gk pake liat keyboard, cuma liat buku bentar terus liatin monitor begitu terus sampai ketikannya habis.

Karena seringnya main di rental komputer, sering merhatiin yang punya rental saat ngetik diapun nawarin saya buat bantuin ngetik.

Merasa mempunyai kesempatan silver [*karena emas terlalu mainstream] akhirnya saya terima tawarannya dan mulai ngetik.

Walaupun sudah punya bekal dasar cara mengetik di komputer khususnya menggunakan software bernama MS. Office dan Open Office tetapi waktu itu teknik mengetiknya masih menggunakan teknik sebelas jari atau dengan hanya telunjuk kiri dan kanan. 😀

Nah dari sanalah saya dapat Cara mengetik 10 Jari Cepat Tanpa Melihat Keyboard, berikut tips nya :

1. Bisa Karena Biasa
2. ASDF JKL
3. Berpacu Dengan Lagu

Sering-sering atau biasakanlah mengetik dan menghafal susunan huruf pada keyboard, saat mengetik biasakan jari kelingking tangan kiri tidak jauh (usahakan nempel) pada tombol keyboard huruf A, jari manis tangan kiri pada tombol huruf S, jari tengah (jari hantu) tangan kiri pada tombol huruf D, dan jari telunjuk tangan kiri pada tombol huruf F.

Jari telunjuk tangan kanan tidak jauh (usahakan nempel) pada tombol keyboard huruf J, jari tengah tangan kanan pada K dan jari manis tangan kanan pada tombol huruf L.

Kalopun tidak mempunyai bahan untuk di ketik, sangat di perlukan latihan seandainya teman-teman ingin bisa mengetik 10 (sepuluh) jari dengan cepat tanpa melihat keyboard salah satunya adalah mendengarkan lagu-lagu yang disukai sambil di ketik liriknya. Meskipun kadang ketinggalan jauh dari lagu teruskan saja mengetik. Lakukan minimal setengah jam setiap harinya.

Karena malesnya saya, dengan metode ini saya menghabiskan tiga bulan untuk sampai bisa mengetik 10 (sepuluh) jari dengan cepat tanpa melihat keyboard. Siapa tahu teman-teman yang lain hanya memerlukan waktu satu minggu saja.

Semoga bermanfaat, dan bagi yang tertarik Selamat Mencoba ^^ [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *