Tuhan Tak Menjamin Hidup Bakal Selalu Indah Tanpa Masalah, Tapi…

Tuhan Tak Menjamin Hidup Bakal Selalu Indah Tanpa Masalah, Tapi…

Allah Swt itu SAngat Dekat

ADA GEMBOK, ADA KUNCI.

Yep, tulisan ini terinspirasi dari newsletter rutin dari Anne Ahira bertajuk “Ada Gembok Ada Kunci”. Bedanya, kiriman email beliau ternyata tulisan orang lain. Maklum, Anne Ahira mengabarkan tengah mengurus suatu kesibukan di California, Amerika. Ketika dibelit kesibukan itulah ia mendapatkan tulisan menarik tersebut dari internet lalu membagikannya. 🙂

Baiklah, kita fokus lagi…

Well, meski Allah Swt telah mengatur segala sesuatu tentang kita, bukan berarti kita mesti berpangku tangan dan pasrah pada kehidupan ya, Sob?

Ada kalanya perjalanan hidup kita ini datar, sedikit bergelombang, mulus, menanjak bahkan mungkin menukik. Semua keinginan dan harapan kita kadang berseberangan dengan keputusan Tuhan. Istilahnya sih ‘unpredictable’ alias gak disangka-sangka ‘n penuh kejutan. Bener, ‘kan?

Iya sih, Tuhan tak menjamin hidup bakal selalu indah tanpa masalah, tapi… Siapa yang membuat kita tegar dan bertahan di tengah melimpahnya masalah? Siapa yang perlahan memberi petunjuk atas segala persoalan hidup? Siapa yang menaikkan level hati pasca lulus uji? Siapa pula yang memberikan untaian hikmah dibalik segala musibah?

Pasti semuanya yakin, Allah Swt senantiasa mendatangkan kemudahan, memberikan kekuatan dan menunjukkan jalan keluar di setiap kesulitan. Lagipula…

  • Allah itu Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Gak mungkin Dia iseng memberi segala persoalan hidup terhadap makhluk-Nya. Tentu Dia hanya memberikan soal-soal kehidupan itu pada makhluk-makhluk yang dipercayai-Nya, ‘kan? Bukankah Dia tidak akan membebankan sesuatu sesuai dengan keadaan makhluk-Nya itu?

  • Jika berpikir positif, pasti segala ujian yang Dia percayakan itu mengandung kebaikan. Biasanya karena tengah dalam kesulitan lah kita jadi senantiasa berintrospeksi diri, mendewasakan hati, meningkatkan iman, mendekatkan diri pada Ilahi, dst. Stress akibat hidup memang wajar, namun tak ada penawar dan sumber ketenangan lain selain bertawakal.

– Baiknya, jangan buru-buru men-judge bahwa persoalan hidup adalah siksaan dan penderitaan. Boleh jadi kesenangan, harta melimpah, tahta yang tinggi dst itu lebih berbahaya dan menyiksa daripada kesengsaraan dan air mata kita. Banyak sekali bukti bahwa orang-orang yang melimpah dunianya itu bisa depresi, hina di mata masyarakat bahkan bunuh diri.

  • Kita tidak sendiri. Masalah yang membelit itu datang dari Allah Swt, maka pada siapa lagi kita mesti memohon petunjuk selain pada-Nya? Kita mungkin pernah mendengar kata-kata “masalah boleh besar, tapi kita punya Allah yang Maha Besar”. Dengan kata lain, segala kekelaman hidup akan berangsur-angsur memiliki titik terang jika kita senantiasa berdo’a dan melibatkan Allah Swt.

  • Air mendidih lama-lama akan dingin juga. Hujan badai lama-lama akan reda juga. Malam yang gelap gulita lama-lama akan menemukan secercah cahaya juga. So, segala sesuatu yang memiliki awal tentulah akan memiliki akhir. Termasuk masalah. Allah Swt akan memapah diri dan hati pada suatu penyelesaian yang bijak dan membuahkan hikmah. Aamiin…

Akhirnya, semoga kita tergolong orang-orang yang istiqomah untuk terus berpikir positif dan berbahagia bersama-Nya. Aamiin ya Robbal ‘aalamiin… [#RD]

*June 26, 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *