Drop Out dari Kampus, Mereka Malah Jadi Orang Kaya-Raya di Dunia

Drop Out dari Kampus, Mereka Malah Jadi Orang Kaya-Raya di Dunia

Mark Zuckerberg

thequestionconcerningtechnology.blogspot.com

Apa ijazah sarjana itu menjamin kesuksesan duniawi seseorang? ^_^

Sepertinya kita sudah sepakat, ya. Ijazah sarjana (saja) bukan faktor satu-satunya dalam meraih kesuksesan duniawi. Orang dengan naluri bisnis yang kuat, meskipun tanpa gelar S1-S2-S3, bisa saja malah memiliki penghasilan lebih besar dari anak kuliahan.

Bagaimanapun, kuliah bukan saja tentang mendapatkan pekerjaan. Banyak orang yang kuliah karena mereka ingin belajar, ingin mendapatkan pengalaman lebih atau karena mereka memang tertarik di bidang akademik. Mereka kuliah, tapi pekerjaannya malah enggak nyambung dengan jurusannya di kampus.

Banyak cara untuk menghidupi kehidupan. Bukan sekadar kuliah, melamar ke sana-sini, diterima dan bekerja dengan level gaji yang (mungkin) naik secara perlahan. Tidak semua orang ‘nyaman’ dengan langkah-langkah itu. Bagaimanapun kita punya motivasi, ambisi, idealisme dan kreativitas masing-masing.

Seperti ke-10 orang yang dilaporkan TheRischest berikut ini. Mereka sempat mencoba kuliah, tapi kemudian drop out dan… bukannya sengsara, malah jadi orang kaya-raya. Siapa saja dan bagaimana ceritanya? Daku urutkan dari yang memiliki kekayaan terendah, ya. Jom!

10. Lady Gaga

Lady Gaga drop out dari kampus

thegloss.com

Penyanyi yang sensasional ini begitu beruntung, sebab dia bisa diterima di NYU’s Tisch School of the Arts. Namun ketika ia sudah menginjak tingkat 2, Gaga malah drop out. Ia memilih fokus di bidang musik, ketimbang mata kuliah. Sampai-sampai Gaga dan ayahnya membuat kesepakatan; “kalau kamu enggak sukses di musik, pokoknya balik ke kampus! kuliah lagi!”. Sayang, pada waktu itu Gaga enggak langsung sukses.  Tapi apa dia kembali kuliah? Untungnya tidak. Gaga malah pindah ke Los Angeles dan mendapat kontrak rekaman, tepatnya yang “The Fame”. Dari sana, karier musiknya menanjak sampai sekarang. Harta kekayaannya diperkirakan mencapai 220 juta dollar atau sekitar 2, 86 Trilyun rupiah. Hmm… bisa dibayangkan kalau Gaga mematuhi kesepakatan antara dia dan ayahnya? Jadi mahasiswi, gitu? 🙂

9. Ellen DeGeneres

ellen-degeneres drop out dari kampus

fashiontimes.com

Ellen ini pernah kuliah di kampus yang ada di tempat kelahirannya, University of New Orleans. Dia mengambil ilmu komunikasi. Namun ia hanya bertahan satu semester. Bukan karena pindah jurusan atau kampus, melainkan memilih menekuni serentetan pekerjaan saja. Dia sudah kepalang nyemplung, jadi enggak kembali ke dunia perkuliahan deh. Ellen pun sukses jadi host talk show, aktris sekaligus komedian. Bahkan ia memenangkan Emmy Award untuk kategori komedian terbaik. Sekarang Ellen sendiri dilaporkan memiliki kekayaan sebanyak 285 juta dollar, atau setara dengan 3,7 Trilyun rupiah.

8. Russell Simmons

Russel SImmons, legenda hip hop, entrepreneur, drop out dari kampus

creditcards.com

Russel Simmons, sang legenda komunitas hip-hop, pernah gabung di City College of New York – Harlem. Namun durasinya hanya sebentar. Simmons drop out karena lebih tertarik mengejar mimpinya di dunia bisnis. Jadi ingat film Thailand yang direkomendasikan sahabatku, Eva, yang Si Top itu. Hehehe… Well, Simmons pun join sama Rick Rubin. Pada tahun 1983, mereka bekerja-sama mendirikan label musik Deg Jam. Belum cukup dengan label musik, Simmons juga mendirikan usaha fashion bernama Phat Farm, tempat yang amat populer di kalangan komunitas hip-hop. Tak heran kekayaannya mencapai 325 juta dollar alias 4,2 Trilyun rupiah.

7. Tom Hanks –> Next…!

5 Comments
  1. Beby
    • deeann
  2. marfa
    • deeann
  3. Soal Peluang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *