Gerascophobia; Hiiiy..! Aku Tidak Mau Jadi Tua!

Gerascophobia; Hiiiy..! Aku Tidak Mau Jadi Tua!

Gerascophobia, phobia aneh, phobia jadi tua

jessthegeekgirl.deviantart.com

Ada yang takut jadi tua? Apa kita cemas karena kerutan? Atau, apa kita ngeri membayangkan kondisi badan melemah kalau jadi tua?

Bertambah usia itu kepastian, kalau awet muda itu baru pilihan.”

Ya. Mau bagaimanapun, kita tidak bisa mem-pause apalagi menghentikan waktu, ya. Sebanyak apapun uang kita, atau setinggi apapun kekuasaan kita, tetap saja tidak akan mampu mengintervensi urusan waktu. Karenanya, usia kita pasti bertambah. Dari satuan, belasan, kepala dua-tiga-empat, dst. Perlahan namun pasti, kita akan jadi tua.

Nah, bulan Februari kemarin kita dikejutkan oleh seorang remaja laki-laki asal Meksiko. Berdasarkan pemberitaan dailymail.co.uk, bocah berusia 14 tahun itu diduga mengidap gerascophobia. Ada kata ‘phobia’-nya, berarti berhubungan dengan fobia atau ketakutan berlebihan akan sesuatu. Benar saja. Rupanya gerascophobia sendiri berasal dari Bahasa Yunani, yang berarti ketakutan akan tumbuh menjadi tua.

Ciri-cirinya dia itu sangat cemas dan kerap menangisi proses pertumbuhan dirinya sendiri. Sebab, pertumbuhan berarti juga penuaan. Dia pun mengerahkan segenap usaha agar dirinya tidak tumbuh dan tidak jadi tua. Beberapa usaha yang dilakukannya yaitu tidak makan, melakukan distorsi terhadap suaranya dan kerap membungkuk agar tubuhnya tidak tumbuh tinggi. Hal itu ia derita ketika usianya masih 12 tahun. Oh, poor boy

Kisah anak penderita gerascophobia

livescience.com

Jauh di lubuk hati, daku pun sedikit khawatir dengan masa tua. Masa di mana tubuh kita mulai melemah, daya ingat dan pikiran turun serta penampilan yang kurang menarik. Namun tentunya tidak seekstrem bocah Meksiko itu.

Seperti yang disinggung di atas, ‘tua itu kepastian, sementara awet muda itu pilihan’. Jadi kalau enggak mau jadi tua, kenapa enggak awet muda saja? Hohoho…

Anti Aging a.k.a Anti Penuaan yang Efektif, Emang Ada?

Daku jadi teringat beberapa artis Korea yang akhir-akhir ini sering jadi bahan tulisan. Usia mereka bertambah. Dari anak cewek jadi perempuan dewasa. Dari bocah cowok jadi pria dewasa. Tapi yang bikin cemburu itu adalah penampilan mereka. Seperti tak ada tanda-tanda tua sama-sekali. Dari sana kadang berpikir, apa mereka memakai anti aging, ya? Tapi anti aging apa?

Lebih lagi, kulit orang Korea memang kerap kita jadikan sebagai ‘kiblatnya’ kulit impian. Mereka putih, bersih, bersinar, pokoknya jadi terjemahan kata ‘kulit sempurna’ deh. Tak ayal, banyak sekali yang penasaran akan rahasia penampilan orang Korea.

Selain isu plastic surgery a.k.a operasi plastik, banyak asumsi lain yang sering dibicarakan orang. Terutama oleh para fans. Daku sendiri langsung diam, melongo dan menyimak ketika salah-satu site khusus artis Korea – onehallyu.com – melempar pertanyaan di rubrik forumnya. Mereka bertanya, “Bagaimana kamu mencerahkan kulitmu seperti Artis Kpop?”

Sontak saja pertanyaan itu disambut antusias. Karena tidak memiliki akun, daku pun hanya membaca dan membaca. Banyak akun yang balik bertanya, berdebat dan tentu saja menjawab pertanyaan admin. Rerata jawaban mereka masih umum. Sampai kemudian sebuah akun bernama Brelyn mencuri perhatianku. Dia menyembulkan istilah baru (bagiku). Katanya; I heard some idols get glutathione injections to whiten their skin. blah… blah… blah…

Glutathione? Apaan tuh?

Rasa penasaran kemudian menggiringku dalam kegiatan googling. Singkatnya, glutathione adalah semacam antioksidan yang diproduksi tubuh. Zat ini ampuh banget dalam menetralkan racun dalam tubuh itu sendiri. Namun jumlahnya terus menurun karena dua hal. Pertama, karena racun dalam tubuh kita terus meningkat. Eh, emang racun apaan sih? Banyak. Racun dari makanan, dari gaya hidup, dari lingkungan, dst. Kedua, karena usia kita yang berangsur-angsur tua. Nah, lho! membahas usia lagi nih! -_-

Tak heran, banyak orang yang kini justeru mencari sumber glutathione itu. Pantesan ada istilah glutathione injection atau suntik glutathione segala. Tapi, errr… enggak semua orang nyaman dengan cara disuntik, ya. Termasuk daku. Hihi… So, apa bisa dengan cara lain?

Well, daku searching lagi. Kali ini dengan kata kunci: cara memasukkan glutathione adalah…

Voila! Site perdana langsung membetot perhatian; standfordcenter.com, miliknya Standford Medical Center. Daku singkat jadi Standmed aja, ya. Rupanya mereka itu merupakan Klinik Terapi Ozon, Glutathione dan Klinik Anti Aging yang bekerja sama dengan Russian Association of Ozone Therapy.

Jadi mereka itu menawarkan ‘cara lain’ selain suntik, yakni terapi glutathione infussion alias infus glutathione. Cara ini diklaim menjadi terapi terbaik. Kenapa?

Satu, karena bukan dengan suntikan. Hihihi… Dua, proses penyerapannya bisa full 100 %. Tiga, terapi infus glutathione ini jadi jawaban kala kita pengin merawat kulit dari luar maupun dalam. Dan empat, karena tidak adanya efek samping. Poin super penting nih!

Kalau daku telusuri, rupanya penawaran Stanmed ini multi fungsi, ya. Glutathione bisa dipakai untuk terapi autis, ozon bisa dijadikan terapi untuk kolestrol tinggi, infus vitamin C untuk mencegah meningitis, dst. Banyak banget!

Khusus anti aging, selain glutathione infussion, kita juga ditawarkan terapi lain yang populer. Ada terapi ozon dan infus vitamin C. Sama-sama ampuh. Enggak heran deh artis-artis sekelas Ivan Gunawan, Enno Lerian, Dinda Kirana, dst, melakukan treatment di Stanmed. Hmm…

Untuk lebih lanjutnya, silakan kunjungi site atau blog mereka, ya. Atau bagi yang tinggal di Jakarta, beruntung banget karena berdekatan dengan lokasi Stanmed. Mereka ada di:

Stanmed

stanfordcenter.com

STANMED CENTER

Preventive Medicine – Anti Aging Medicine

Jl. Hang Lekir Raya No.9

Kebayoran Baru Jakarta 12120

Tlp. (021)722 8899

Fax. (021)72 800 323

Email : info@stanfordcenter.com

Facebook : StanfordMedicalCenter

Twitter : @STANMEDCenter

Kalau sudah begini, kita jadi enggak perlu kelewat cemas untuk menghadapi masa tua, ya. Masih tetap bisa berusaha untuk berpenampilan dan berjiwa muda juga. Jangan sampai mengidap gerasophobia deh. Aamiin. Huhuhu… [#RD]

4 Comments
  1. Beby
  2. deeann
  3. umimarfa
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *