Rasa Bangga dan Sisi Negatif – Positifnya

Rasa Bangga dan Sisi Negatif – Positifnya

merasa bangga terhadap diri-sendiri

123rf.com

“Kami bangga padamu!”

Apa rasanya jika ada orang yang mengatakan kalimat tersebut pada kita? Tentu, ada kebahagiaan tersendiri, ‘kan? Betapa tidak, menjadi membanggakan memang menjadi idaman tiap orang. Tak heran kita kerap berpikir cerdas, bekerja keras serta rajin berdoa demi mewujudkan kebanggan tersebut. Namun, layaknya sebuah koin, mengejar kebanggaan memiliki dua sisi.

Di satu sisi, mengejar kebanggaan bisa mengundang hal-hal negatif atau merugikan. Penjabarannya bisa kita simak dalam contoh-contoh berikut:

Mengejar Kebanggan yang Merugikan Salah-satu Pihak

Si A bangga karena sudah dicap sebagai anak orang ‘berada’ oleh teman-teman sekolahnya. Demi mengejar kebanggaannya itu, ia merengek pada orang tuanya, minta dibelikan ‘tunggangan mewah’. Entah berupa motor atau mobil ternama. Ia juga kerap meminta uang lebih bahkan (naudzubillah) ‘korupsi’ uang sekolah demi membeli tas dan sepatu yang ‘branded’. Penampilannya pun semakin mewah dengan aksesoris yang mahal dan langka.

Semua ia lakukan demi mengejar rasa bangga dari teman-teman maupun orang-orang sekitarnya. Padahal, dibalik kebanggaan yang terus ia kejar itu, ada pihak yang dirugikan. Tentu saja, ortunya! :v

Mengejar Kebanggaan Berujung Ambisiusme Kronis

Si B ingin mengejar kebanggaan sebagai siswa paling pintar di sekolah. Rasa yang terus merongrong itu menciptakan ambisiusme, yang semakin lama semakin parah saja. Sayang sejuta kali sayang, caranya salah total. Demi mengejar kebanggaannya itu ia mencontek, ‘menyadap’ pembuatan soal, mencuri lembar jawaban dst.

Atau Si C yang ingin maju jadi caleg pusat. Sebagai usaha mengejar dan meraih kebanggaan diri, ia tega ‘merampok’ titel akademis, mendapatkan modal sebanyak-banyaknya dari hasil korupsi/menipu orang/merenggut hak orang dst, melakukan ‘black campaign’, menyogok para pemilih di Daerah Pemilihan (Dapil) dst.

Mengejar Kebanggaan Berujung Egosentris

Si D mengejar kebanggaan dengan meraup kekayaan sebanyak-banyaknya dan menduduki jabatan setinggi-tingginya dengan cara-cara yang tidak jujur. Ia tak peduli aksi korupsi yang dilakukannya merugikan atau memeras keringat orang banyak, yang penting hasratnya untuk jadi orang kaya-raya terwujud. Ia juga abai dengan keluhan istri, saudara dan orang tua yang uangnya habis dipinjam untuk menyuap orang, yang paling utama impiannya menduduki jabatan tinggi bisa terpenuhi.

mengejar kebanggaan, sisi positif dari rasa bangga, sisi negatif dari bangga

nancyaruegg.com

Namun di sisi lain, mengejar kebanggaan bisa mendatangkan hal-hal positif dalam diri kita. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Mengejar kebanggaan memecut kita untuk bekerja lebih keras, cerdas dan getol berdoa lagi. Meski apa yang kita kejar diremehkan orang, namun dengan tekad dan niat yang baik kita terus berusaha menggali kemampuan untuk mewujudkannya.
  • Mengejar kebanggaan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Kita jadi memiliki keyakinan bahwa ada potensi dalam diri yang perlu diasah, dikembangkan dan diarahkan.
  • Mengejar kebanggaan membuat kita menghargai diri sendiri. Sekecil apapun prestasi kita, jika kita lakonkan dengan ikhlas dan kontinyu, insya Allah berbuah prestasi-prestasi yang lebih besar dan makin membanggakan.
  • Mengejar kebanggaan membuat kita lebih bersyukur, bahwa kita masih memiliki ni’mat untuk semangat dan memiliki gairah hidup. Kita juga makin berterima kasih pada Yang Maha Kuasa atas kelebihan-kelebihan yang jauh lebih banyak Dia angugerahkan.
  • Mengejar kebanggaan membuat hidup kita lebih terarah. Hal tersebut menjadikan segala usaha kita menjurus pada tujuan-tujuan positif, yang semakin lama semakin menumbuhkan kesuksesan.

Tak ada salahnya dengan mengejar kebanggaan. Hal tersebut menjadikan diri kita lebih berarti, tidak saja bagi diri sendiri, melainkan orang lain. Namun jika usaha mengejar kebanggaan tersebut tidak jujur, robohlah kebanggaan dunia untuk kita. [#RD]

*09 April 2014

2 Comments
  1. ijeverson.com
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *