9 Ide Bisnis Unik yang Menghasilkan Milyaran Rupiah

9 Ide Bisnis Unik yang Menghasilkan Milyaran Rupiah

9 Ide Bisnis Unik yang Menghasilkan Milyaran Rupiah

symbols-n-emoticons.com

Menurut alm kakakku, pekerjaan yang paling enak itu ya berbisnis. Soalnya kita tidak bekerja di bawah telunjuk orang lain. Sebaliknya, kita yang jadi bos. Waktu pun fleksibel, enggak terikat. Bahkan penghasilannya bisa melebihi mereka yang bergaji bulanan. Lebih lagi, Rasulullah Saw pun merupakan pebisnis.

Hanya saja…

Mau berbisnia apa, ya? Rasa-rasanya semua ide sudah dicomot orang. Mau usaha keripik pedas, sudah ada. Mau usaha sirup buat nanti bulan puasa, sudah bejibun. Mana saingannya M*rj*n, lagi. Mau jualan followers, sama saja. Sudah banyak. Enggak bisa, malah. -_-

Well, apa ide itu terbatas?

Nah ini yang sedang jadi salah-satu dilemaku, dan mungkin jutaan orang di sana. Tapi coba kita tengok ide-ide bisnis berikut. Benar-benar tidak terpikirkan. Ide bisnis aneh namun menghasilkan omset besar ini seperti menamparku dan orang-orang yang punya niat berbisnis namun ngeles karena mengaku belum ada ide… Ide itu selalu ada. Mungkin kita mesti berusaha dan berdoa lebih keras lagi agar dia mau dijemput. Hehe…

Jom!

#9. Perusahaan Pembuat Kacamata Khusus Anjing

membuat kacamata khusus anjing, ide bisnis

amazingbeautifulworld.com

Bukan unik namanya kalau tidak out of box. Ya, ide bisnis ini pastinya tidak akan terpikirkan oleh sebagian orang. Namun memang ada perusahaan yang ‘niat’ mengembangkan usaha ini. Saking menariknya, ide ini bahkan menjadi magnet bagi media-media internasional. Sebut saja CNN, National Geographic, Women’s World, Animal Planet, People dan Regis and Kelly. Bisnis yang awalnya menggunakan google ini kemudian melebarkan sayap. Tidak hanya memproduksi kacamata, melainkan kaus, mainan, topi, tas gendong dan jaket.

Pelajaran: Zaman sekarang, kebutuhan primer-sekunder-tersier makhluk hidup selain manusia bisa dipertimbangkan untuk ide berbisnis.

 ~

#8. Usaha Menyekop Kotoran Anjing

menyekop kotoran anjing, ide bisnis

canute.americanlisted.com

Kalau ada yang bertanya siapa pelopor usaha menyekop kotoran anjing, jawabannya Matthew Osborn, ya. Aih… siapa juga yang mau nanya gituan? -_-

Oke. Jadi Osborn ini cerdik sekali. Dia membuat web dengan alamat Pooper-Scooper.com. Sebenarnya dia tidak kepikiran kalau usahanya inilah yang bakal mengantarkannya jadi milyarder. Ceritanya pada tahun 1987, dia membuka usaha Pet Butler atau usaha yang khusus membersihkan kotoran hewan peliharaan di Columbus, Ohio. Waktu itu dia memutuskan untuk kerja full time. Bagaimana pun ia memiliki isteri dan dua orang anak (laki-laki & perempuan). Waktu itu ia mematok harga sebesar 6 dollar (kalau tahun 2015 sekarang sama dengan 78ribu rupiah) per jam.

Sebenarnya ia sempat putus asa. Namun kemudian, Osborn menyadari bahwa di sepanjang 15 mil dari rumahnya hidup sekitar 100 ribu anjing. Berarti ada peluang. Ia pun kembali berusaha dan kali ini lebih kreatif. Ia sampai punya 7 karyawan serta 6 truk yang rutin melayani 700 pelanggannya. Pengusaha yang lebih besar tergiur dengan ide ini. Adalah Matt “red” Boswell yang kini punya Pet Butler Texas. Kliennya sudah mencapai 3.000.

Pelajaran: Biar pun pekerjaannya kotor (dalam arti sebenarnya), asal halal dan kita senang menjalaninya, rezeki bisa mengekor.

~

#7. Menjual Selai Resep Nenek

membuat selai resep nenek, ide bisnis

beta.tutor2u.net

Fraser Doherty, yang waktu itu masih berusia 14 tahun, mencoba membuat selai resep nenek di dapur keluarganya yang ada di Skotlandia. Siapa sangka kegiatan sederhana itu jadi ide bisnis baginya. Dia kemudian serius menggeluti pembuatan selai tersebut. Saking pengin total dan kerja full time, pemuda ganteng ini sampai meninggalkan sekolah pada usia 16 tahun. Dia mendirikan SuperJam dan mulai mengoperasikannya. Perusahaan kecilnya kini bisa menjual 500 ribu selai tiap tahunnya. Di pasar Amerika Serikat sendiri, ia bisa menguasai 10 % pasar di sana. Tidak mengejutkan kalau jumlah sahamnya mencapai 2 juta dollar atau sekitar 26 milyar rupiah.

Pelajaran: memulai bisnis tidak mesti berawal dari sesuatu yang canggih, tapi bisa juga dari yang tradisional yang ada sekitar.

~

#6. Membuat Wishbones (Tulang Permohonan) Dari Plastik

wishbones plastik ala Ken Ahroni, ide bisnis

emprendedores.es

Sebagian dari kita mungkin langsung mengernyit; wishbones? tulang permohonan? Apaan tuh?

Jadi ceritanya di Amerika itu ada sebuah tradisi bernama Thanksgiving. Biasanya keluarga di sana  akan merayakan dengan cara memakan hidangan daging kalkun. Dalam hewan itu ada 2 bagian tulang permohonan. Menurut kepercayaan mereka, siapa yang berhasil mendapat tulang itu maka bisa memanjatkan mimpinya dan bahkan sampai terkabul. Ken Ahroni sebal sebab ‘jatah’ tulangnya cuma 2, jadi cukup untuk 2 orang saja. Ide yang langka pun muncul dari otak Ken. Dia membuat wishbones buatan! idenya menuai respons pasar yang positif. Sampai sekarang perusahaannya bisa memproduksi 30 ribu wishbones tiap harinya. Pelayanan dan desainnya makin hari makin spesial. Penjualan mereka ditaksir mencapai 2,5 juta dollar atau 32,5 milyar rupiah tiap tahunnya.

Pelajaran: Ssstt… ternyata selalu peluang dibalik keputusasaan yang diubah jadi harapan.

 ~

#5. Pembuat Sekaligus Penemu Bantal “Microwave”

Bantal Wuvit Pillow, Wuvit Pillow Kim Levine. ibu rumah tangga yang berbisnis

mom.me

Wuvit Pillow, bantal terkenal yang kini hadir dalam berbagai bentuk. Tak seperti bantal biasa pada umumnya, bantal yang satu ini bisa membuat penggunanya rileks. Adalah Kim Levine, seorang ibu rumah tangga yang menemukannya. Awalnya dia membungkus jagung ke dalam kain, menjahitnya lalu meletakannya di microwave. Jadilah bungkusan itu seperti bantal yang bikin rileks. Ia hanya membuat sebagai kado bagi anaknya saja. Namun kemudian ia mulai berpikir tentang orang-orang sekitar.

Tetangganya sampai ada yang nyamper malam-malam hanya untuk meminjam bantal temuannya itu, soalnya anak mereka tidak bisa tidur tanpa bantal Wuvit. Suaminya lalu meyakinkan agar ide itu jadi sumber penghasilan, kebetulan waktu itu sang suami kehilangan pekerjaan juga. Ia pun setuju kalau idenya ini begitu memiliki potensi. Ia kemudian mulai memproduksi dan menitipkannya ke pengecer atau toko kerajinan. Sampai suatu hari, sebuah Toserba (Saks) memutuskan untuk menjual Wavitnya itu di tempat mereka. Bisa ditebak, ide ini mencuri perhatian banyak pembeli. Perlahan namun pasti penghasilannya makin menanjak. Belum lagi dari buku yang ia tulis, terkait tentang usaha ritelnya. Dia… jadi milyarder.

Pelajaran: Memberi hadiah pada orang lain dengan sesuatu yang jadi bikinan sendiri… selain terkesan spesial, lain daripada yang lain, juga bisa menjadi peluang bisnis.

~

#4. Menjual Piksel dalam Sebu ah Homepage

Alex Tew, penjual pixel, ide bisnis

mauthor.wordpress.com

Pada tahun 2005, Alex Tew yang waktu masih berstatus sebagai siswa berusia 21 tahun merilis The Million Dollar Homepage. Sesuatu yang ia jual yaitu… piksel 1000×1000. Idenya ini cukup sederhana. Namun kesederhanaan itu mampu menarik banyak orang. Ia bisa menyedot 1.037.100 dollar atau sekitar 13,5 milyar rupiah dalam hitungan bulan. Tak heran banyak sekali situs yang mengikuti jejaknya. Namun situs-situs tersebut gagal meraup keuntungan sebanyak aslinya. Lebih lagi ide ini tentunya sudah tidak baru lagi.

Pelajaran: Tidak perlu menyepelekan hal sederhana. Bisa saja sesuatu yang sederhana itulah yang membuat kita mewah.

 ~

#3. Menyediakan Jasa Pembuatan Surat Izin Tidak Masuk Kerja/ Sekolah

Excused Absence Network, bisnis pembuatan surat izin kerja atau sekolah

Ada yang sempat kepikiran ide seperti ini?

Entah berapa ‘cuil’ orang yang sempat memikirkan kalau surat izin bisa jadi bisnis. Namun memang ada sebuah blog/site yang khusus membuat surat izin bagi para karyawan dan siswa di Amerika Serikat. Site itu adalah Excused Absence Network. Mereka menyediakan surat yang bisa kita tebus sebesar 25 dollar alias 325 ribu rupiah. Suratnya bisa berbentuk surat dari dokter, Rumah Sakit, panggilan menjadi juri (palsu) atau bahkan catatan dari program pelayanan pemakaman yang terlihat asli (lengkap dengan puisi dan pengusung jenazahnya). Orang yang menemukan ide ini mengeluarkan modal sebesar 300 dollar atau 7,5 juta rupiah dengan laptop, di kota Oklahoma. Namun modal itu tak seberapa dengan penghasilannya, yang mencapai 15 ribu dollar yang setara dengan 195 juta rupiah sebulan.

Pelajaran: Bisnis bermodal kecil juga bisa menghasilkan laba besar. Asal halal, ah.

 ~

#2. Menjual Cartridge Tinta Printer yang Terjangkau

biarawan penjual cartridge tinta print, Laser Monks com

howafrica.com

Father McCoy, seorang biarawan, begitu kesal ketika printernya kehabisan tinta. Dia mencari cartridge tintanya, tapi harga pada mahal.

Cerita singkat itu jadi awal kedatangan idenya. Dia kemudian membuat situs LaserMonks.com, penjual cartridge tinta yang cukup murah serta peralatan kantor atau sekolah lainnya. Para pelanggannya selain perorangan, gereja-gereja, Morgan Stanley (penelitian investasi) bahkan Dinas Kehutanan Amerika Serikat juga. Di tahun 2002, ia mulai menjalankan usahanya secara full. Waktu itu penjualannya mencapai 2000 dollar atau sekitar 26 juta rupiah. Namun pada tahun 2005 saja, angkanya meningkat jadi 2,5 juta dollar atau 32,5 milyar rupiah. Wajar, pelanggannya memang makin banyak. Lebih dari 50 ribu pelanggan. Pesanan per harinya pun sampai 200-300-an.

Pelajaran: Keluhan, kalau diolah dengan baik, ternyata bisa jadi sesuatu yang nantinya membuat kita bersyukur.

~

#1. Menawarkan Layout atau Penataan “My Space”

poto ashley qualls, WhateverLife, jasa layout myspace dan tutorial gratis

entrepreneurrookie.com

Ini dia seorang remaja perempuan yang begitu kreatif. Ashley Qualls. Dia membuat situs WhateverLife. Di sana dia menawarkan jasa layout MySpace serta tutorial yang gratis. Semakin lama, jumlah orang yang tertarik makin banyak saja. Karena pengin fokus dan sudah suka sama bisnisnya, gadis berusia 17 tahun ini keluar dari sekolah. Daku yakin orang tuanya berat untuk tidak menyetujui, soalnya dia sudah bisa menghasilkan lebih dari 1 juta dollar atau sekitar 13 milyar rupiah waktu itu. Bagaimana tidak, pengunjung blognya mencapai 7 juta dan page views-nya sampai 60 juta. Sadis. Penghasilan perbulannya pun sampai 70 ribu dollar atau 910 juta rupiah. Oalah.

Pelajaran: Muda, Kreatif, Inovatif, Penuh Kecintaan, Total dan keluar sekolah (eh, yang ini bercanda 😀 ) bisa jadi modal bagus buat berbisnis.

~

Selesai sudah. Mudah-mudahan bermanfaat dan menjadi inspirasi dan motivasi bagi yang sudah punya niat jadi enterpreneur. Aamiin… ^_^ [#RD]

3 Comments
  1. sansuki
    • syarif fuad bachmid
  2. choirun nisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *