Kata-kata, Akronim dan Singkatan Gaul Populer di Dunia Maya (Bagian 9)

Kata-kata, Akronim dan Singkatan Gaul Populer di Dunia Maya (Bagian 9)

Kata gaul terbaru 2015, singkatan bahasa indonesia gaul terbaru 2015, singkatan bahasa inggris gaul terbaru 2015, jargon terkenal artis terbaru

colourbox.com

Wah sudah sebulan enggak menambah kata-kata gaul terbaru! Hehe…

Seperti yang daku singgung-singgung sebelumnya. Kata gaul, singkatan gaul Bahasa Indonesia atau Inggris, jargon terkini dan istilah popular lainnya memang selalu bermunculan dan ikut ‘disebarkan’ masyarakat. Baik masyarakat di dunia nyata, apalagi yang netizen. Jadinya postingan yang satu ini masih berlanjut. 😀

Well.. bagian 8 sudah diposting dan mengarungi internet dengan mandiri :p, sekarang kita lanjut, ya. Mau dibilang sok gaul atau sok kekinian, gimana orang deh. Yang jelas kata-istilah-singkatan gaul Indonesia atau Inggris sudah masuk dalam komunikasi langsung dan tidak langsung kita. Jadi daku rasa penting juga membahas yang satu ini. Hoho…

Jom!

1. Asber

Artinya adalah Asal Nyamber.

A: Huaaa! ternyata bakwan ini pedas banget!

B: Mau daku bilangin, eh asber aja.

C: Hooh rasain tuh bakwan granat isi cabe caroline reaper!

A: Huaaaa…

2. Bangkotan

Artinya adalah tua.

D: Kakek mau ke mana? Pake jeans segala?!

E: Mau ke posyandu (memutar bola mata), ya mau nonton konser dua sri dan gala, Cu!

D: (ikut memutar bola mata) Udah bangkotan kali, Kek. Makan bubur ayam aja, yuk?

3. Boil

Artinya adalah plesetan dari mobil.

F: Bukannya kamu punya boil, ya? Kok jalan kaki.

G: Orang tua yang punya, gue mah apa atuh.

4. CDMA

Artinya adalah Capek Deh… Males Ah!

H: Jogging, yuk!

I: CDMA! daripada jogging di dunia nyata mending jogging di dunia maya.

H: Aish! pesbukan mulu!

5. GTH

Artinya adalah singkatan dari Go to Hell. Idiom Bahasa Inggris ini bisa bermakna “pergi ke neraka”, pergi jauh-jauh sana, mati aja sana, dll. Digunakan ketika kita marah pada seseorang yang terasa sangat mengganggu sampai panasnya mencapai ubun-ubun.

Haters: We hate you. Dududu~~~ We hate you. Oh yeaaa~~~ We hate you. Syalala~~~ dubidam~~~

Idol: “Uh. GTH, haters!”

6. HuGel

Artinya adalah Hubungan Gelap.

J: Eh katanya kamu punya hugel ya sama Pak Hansip?

K: Ssttt… bukan hugel yang ‘itu’. Kita cuma pernah jalan berdua di kegelapan gang. Gue baru pulang kerja, dianya lagi operasi.

J: Oh.

7. IG

Artinya adalah instagram.

L: Akun IG-nya Taeyeon Unnie apaan sih?

M: @taeyeon_ss, kalau yang gue…

L: Ssst! gak usah diterusin. Gue gak nanya! (ngeloyor)

M: …….

8. Kode

Artinya adalah istilah ketika suatu perkataan atau tindakan memiliki maksud atau pesan tersembunyi yang ingin disampaikan secara tidak langsung pada lawan bicara.

N: Err… ada angkringan baru euy di depan. Orang pada bilang kopinya enak banget. #kode

O: Sshhh… yuk ke sana. ASAP.

N: Yeaaaay!

9. LMK

Artinya adalah Let Me Know, yang makna aslinya “biarin aku tahu”. Dengan kata lain, “kasih tahu aku, ya.”

P: Gimana doddle buatan gue? ada yang perlu diperbaiki? LMK.

Q: Hmm… itu… lubang hidungnya gede sebelah.

10. LoGiKa

Artinya adalah Lo Pergi Gue Merdeka

R: Hey, S. Gue mau liburan dulu ke rumah nenek. Jangan rindu, ya.

S: Yang ada malah LoGiKa.

R: !!!!!

11. LTNS

Artinya adalah Long Time No See. Singkatan Bahasa Inggris bermakna “lama enggak ketemu”.

T: Aku kaget lho lihat poto profil kamu, U. Tahu-tahu udah jenggotan.

U: Iya. LTNS. Gimana kabar?

12. Mastah

Artinya adalah panggilan untuk seseorang yang dianggap lebih jago, berpengalaman atau berkuasa. Biasanya jadi panggilan di forum-forum.

W: Halo, mastah. Saya newbie di sini. Mohon pencerahannya.

Y: Sama2 belajar, yuk.

13. Naon cing

Artinya adalah… “apa coba?”. Berasal dari Basa Sunda dan dipopularkan oleh Ega D’Academy.

X: Bahasa Inggrisnya what the hell teh apa atuh?

Y: Naon cing???

X: Gue nanya, malah nanya balik. :/

14. Netizen

Artinya adalah Internet Citizen. Kalau diartikan, maknanya yaitu “penduduk/ warga internet”. Ditujukan bagi semua pengguna internet, khususnya akun-akun berbagai media sosial atau keanggotaan sebuah web. Kalau pun ada istilah NetizenBuzz, itu adalah nama sebuah situs yang ‘hobi’ membahas sesuatu yang kontroversial atau katakanlah… memancing komentar (biasanya negatif) dari para netizen, sampai topik itu berdengung atau ramai. #CMIIW

A: Lagu thinking out loud-nya Ed Sheeran lagi rame dibicarain netizen nih!

B: Mereka ngebicarain Ed Sheeran, kenapa enggak kita ngebicarain tanggal pernikahan, hmm?

A: Oh, oke… Eh, what???

15. NP atau NW

Artinya adalah Now Playing sama Now Watching. Istilah ini digunakan untuk memberi tahu bahwa aktivitas kita sedang mendengarkan musik atau menonton film. Biasanya disertai sama judul lagu/ filmnya.

C: #NP Kelly Clarkson “let the tears fall”.

D: #NW Keluarga Cemara.

16. PS

Artinya adalah Postscript (Bahasa Inggris), Postscriptum (Bahasa Latin) atau sama juga dengan NB (notabene). Maknanya sama-sama catatan tambahan atau sesuatu yang lupa dikasih tahu dari awal, sehingga mesti disimpan di akhir.

Pengumuman: Nanti tanggal xx-xx-xx akan diumumkan siapa yang menang kuis XX.

PS: diumumkan di blog, bukan di akun fesbuk/ twitter, ya.

17. Sekem

Artinya adalah scam. Kata Bahasa Inggris ini bermakna penipuan atau kena tipu.

E: Katanya order obat pelangsing online itu? Mana, kok sebulan belum sampai?

F: Sekem, duh!

E: Poor you~~

18. Stalk

Artinya adalah mengikuti/ mengekor/ menguntit dengan hati-hati agar tidak ketahuan, baik langsung atau pun tidak langsung. Misalnya dengan cara terus mengikuti update terbaru dari akun media sosial seseorang. Istilah Stalker itu untuk orang nge-stalk. Kalau stalking adalah proses stalk-nya.

G: Ah… akhirnya libur juga… lo mau ngisi liburannya sama apa, H?

H: ngestalk akun G Dragon aja, ah. Biar jadi inspirasi buat potongan rambut gue nanti.

19. Suhu

Suhu di sini artinya adalah semacam panggilan junior ke senior.

I: Saya anak kemarin siang, Suhu. Bimbing saya soal tulis-menulis, ya?

J: Hai, Cutie!

I: -_-

20. TGIF

Artinya adalah Thanks God it’s Friday. Maknanya yaitu “Terima kasih, Tuhan, sekarang Jumat”. Kenapa disyukuri? karena Jumat itu berkah dan karena… Jumat itu pertanda wiken akan segera tiba. Itu artinya kita bakal kerja setengah hari atau malah libur.

K: TGIF, gue pengin ngeloyor sejenak dari realita kerja yang bikin puyeng.

L: Mau tukeran sama gue yang pengangguran? mau wikdey atau wiken libur melulu, lho?!

K: Err… enggak.

L: Nah makanya bersyukur!

21. Ubay aka U-bay

Artinya adalah U (you) Lebay.

M: Aaaarrrgh!!! gue lupa enggak jadi orang pertama yang ngucapin hari ulang tahun sama Suho! Jadi merasa bersalah deh, gue. Pfft!

N: Satu kata buat lo; U-bay.

22. URS

Artinya adalah You Really Suck. Istilah Bahasa inggris ini memiliki makna yang intinya “kamu nyebeliiin!”.

O: Kita jadi makan seblak bareng, ‘kan? Aku bela-belain bolos ekskul. Terus tadi nyeberang samudera juga buat beli kerupuk sama bahan-bahannya~~

P: Oh ya? Duh..

O: Kenapa?

P: Aku lupa ada janji lain. Enggak jadi aja, ya.

O: Ugh. URS!

23. Yawn

Artinya adalah menguap (Bahasa Inggris).

Q: Tadi di sekolah belajar apaan?

R: Biasa, dengerin Pak xxx ceramah. *yawn

24. Woyo woyo

Artinya adalah… kata-kata yang dipopularkan oleh Soimah dalam acara D’Academy2. Biasanya diucapin ketika ada peserta yang penampilannya bagus. Hmm… daku sampai googling dan nonton di youtube soal istilah yang satu ini. -_- Hebat benar sekarang sudah jadi lagu.

S: Semuanya sudah bagus. Enggak perlu komentar, langsung saya kasih woyo-woyo aja, oke!

T: Woohoo..!

25. Apalah-apalah

Artinya adalah istilah yang dipopularkan oleh Iis Dahlia ketika berkomentar dalam acara D’Academy 2 serta dalam lagunya yang berjudul Cinta Apalah-Apalah. Seperti woyo woyo, jargon ini juga disembulkan ketika Iis menganggap kontestannya bagus. Kalau menurut daku sih, seperti ‘sesuatu’-nya Syahrini kali, ya. Hmm… sepetinya ‘apalah-apalah’, ‘woyo-woyo’, prikitiew, dll adalah jargon-jargon yang sengaja ‘diciptakan’ dan dipopularkan oleh beberapa publik figur agar mereka punya ciri khas dan kesan tersendiri bagi pemirsanya.

X: Ugh. Musiknya apalah-apalah. Liriknya apalah-apalah. Kamu yang nyanyi juga apalah-apalah.

Y: (mesem-mesem)

~

Uh sudah 25 kata, nih. Udahan, ah. Hmm… Oh ya, sesudah ini masih ada lanjutannya. Lanjut klik dan baca bagian 10, ya. 😀 [#RD]

4 Comments
  1. mp3
    • deeann
  2. Pramesy zhakira
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *