10 Artis yang Mengubah dan Memberi Pengaruh Baik Bagi Dunia

10 Artis yang Mengubah dan Memberi Pengaruh Baik Bagi Dunia

Artis atau selebritis dunia yang berpengaruh baik untuk dunia

tacticalphilanthropy.com

Terkenal, cakep dan tajir.

Tiga hal utama ini jadi gambaran dari artis/ selebritis dunia. Tiga hal ini juga jadi ‘kelebihan’ sekaligus ‘ujian berat’ bagi mereka. Memang sih, sangat banyak pengusaha atau orang lain yang lebih rupawan dan kaya-raya, namun mereka tidak memiliki ketenaran layaknya artis/ selebritis dunia.

Para artis itu memiliki fans yang kerap mengucurkan puja-puji bagi mereka. Ada juga paparazzi yang siap mengawasi gerak-gerik mereka. Segala-galanya diikuti. Tak hanya karier, melainkan juga kehidupan pribadinya. Namanya juga public figure, tingkah-polah mereka seringkali jadi ‘kiblat’ orang-orang. Namun mereka juga manusia biasa, yang tidak selamanya mesti terlihat sempurna. Golongan artis ini mungkin tidak sadar kalau mereka itu ‘sudah milik publik’. Kalau mereka melakukan kejelekan, pasti publik marah sebab sudah jadi contoh yang buruk.

Meski demikian, ada juga seleb lain lain yang bisa ‘memanfaatkan popularitasnya’ untuk kebaikan. Pastinya sangat banyak, ya. Tapi berikut inilah 10 artis dunia yang mencoba memberi pengaruh baik, menjadikan dunia sebagai tempat tinggal yang lebih nyaman, sekaligus menjadi teladan yang baik bagi generasi penerus. Jom!

10. Matt Damon

Matt Damon peduli air bersih

Matt Damon membawakan air bersih bagi yang membutuhkan.

Pecinta film barat pasti sudah tidak asing dengan nama yang satu ini. Matt Damon. Dia begitu sukses, apalagi setelah menjadi co-writer sekaligus bintang film Good Will Hunting. Dia juga memeroleh banyak penghargaan dan harta kekayaan yang sampai 75 juta dollar atau sekitar 975 milyar rupiah.

Dengan memanfaatkan ‘nama besar’ dan hartanya, Matt menerjunkan diri dalam kegiatan amal. Pada tahun 2006, dia mendirikan Yayasan H2O Afrika. Organisasinya kemudian bersatu dengan WaterPartners. Kolaborasi itu kemudian melahirkan web yang cukup terkenal; water.org. Site ini menjadi organisasi yang memiliki tujuan mulia, yaitu membantu menyediakan air bersih atau yang layak ke tempat yang tidak memilikinya. Dia juga jadi ‘orang belakangnya’ ONE Campaign’ (gerakan untuk memberantas kemiskinan dan AIDS), jubirnya Feeding Amerika sekaligus dutanya organisasi ONEXONE.

~

9. Amy Poehler

Poto Amy poehler

Amy Poehler, aktris sekaligus komedi pendiri organisasi “Smart Girls at the Party”

Aktris sekaligus komedian ini terkenal lewat acara Saturday Night Live dan sitkom “Parks and Recreation”. Seperti halnya Matt Damon, Amy Poehler juga memanfaatkan popularitasnya untuk menciptakan suatu komunitas. Lewat komunitas itu, ia memberi tawaran para gadis belia untuk menerapkan gaya hidup alternatif yang sehat. Dia menamai organisasinya sebagai “Smart Girls at the Party”.

Organisasi itu mendorong para gadis untuk menjadi diri mereka sendiri, tanpa takut dan berkeinginan jadi orang lain. Menurut Amy Poehler juga, tujuannya organisasinya ini untuk membuktikan bahwa kaum hawa bisa mengubah dunia dengan menjadi dirinya sendiri. Tak perlu mesti terkenal dulu.

~

8. Shakira

Shakira jadi duta UNICEF

zimbio.com

Nama yang satu ini juga sudah cukup familiar bagi kita. Penyanyi asal Kolombia ini memang mengawali kariernya dari usia 13 tahun. Baru pada tahun 1995 (17 tahun), ia melakukan debut bersama label besar. Dua tahun kemudian, penyanyi bersuara khas ini mendirikan Yayasan “Pies Descalzos”. Organisasi ini memiliki tujuan untuk menyediakan pendidikan bagi siapapun di Haiti, Afrika Selatan dan Kolombia. Ia sering terlibat dalam konser amal, sekaligus jadi duta Goodwill UNICEF juga.

~

7. Leonardo DiCaprio

Leonardo DiCaprio pidato

Leonardo DiCaprio pidato dalam acara pembukaan “Climate Summit” PBB di New York. (poto by: mirror.co.uk)

Nama yang cukup melegenda. Aktor sekaligus produser film ini memang terkenal dengan penampilannya menawannya dalam tiap genre film yang ia bintangi. Dia mulai berkarier ketika usianya masih 15 tahun. Sekarang, dia bisa menikmati buah keringatnya sendiri. Hartanya mencapai 220 juta dollar atau setara dengan 2.86 trilyun rupiah. Fantastis. Lebih fantastis lagi sebab uangnya dipakai untuk kebaikan juga.

Memang ia juga terkenal sebagai sosok artis yang peduli lingkungan. Di PBB sendiri, ia jadi perwakilan untuk masalah perubahan cuaca. Bahkan ketika terjadi bencana gempa bumi Haiti pun, tak tanggung-tanggung, aktor ini menggelontorkan bantuan sebesar 1 juta dollar atau sekitar 13 milyar rupiah.

~

6. Nicole Kidman

Nicole Kidman

Nicole Kidman berpose di dekat bendera PBB (theage.com.au)

Aktris sekaligus produser film asal Australia ini mulai menjajaki dunia perfilman ketika usianya masi 16 tahun. Pada tahun 1990-an, penampilan dan namanya mampu merengkuh perhatian dunia. Saat itu pula, dia dimasukan menjadi salah-satu aktris terbaik di dunia.

Soal kekayaan, dia mengantongi sekitar 130 juta dollar atau setara dengan 1,69 trilyun rupiah. Sudah sangat banyak anak-anak malang di seluruh dunia yang berterima kasih padanya, atas bantuan yang sering ia berikan. Tak ayal dia jadi duta “Goodwill” UNICEF. Bahkan pada tahun 2004, PBB memberikan penghargaan padanya sebagai “Citizen of the World”.

~

5. Jackie Chan

Poto Jacky Chan

celebritypost.net

Jackie Chan. Aktor berbakat, total sekaligus jadi ikon kebudayaan. Dia berkarier dari kecil dan sudah eksis di lebih dari 150 judul film. Belakangan, hartanya dilaporkan mencapai 140 juta dollar atau sekitar 1.82 trilyun rupiah. Selain dunia akting, ia juga terjun ke dunia bisnis restoran, kafe, gym, pakaian, produksi film dsb. Dengan kekayaan yang tidak biasa itu, wajar kalau dia bisa memboyong jet pribadi seharga 30 juta dollar atau setara dengan 390 milyar rupiah.

Namun ia juga ‘mengimbanginya’ dengan mendermakan sebagian hartanya itu. Bahkan ia memberi pernyataan yang cukup ‘berani’. Kata Jackie Chan, ia bakal mengamalkan setengah dari asetnya manakala dirinya meninggal.

~

 4. Charlize Theron

Charlize Theron

justjared.com

Di akhir tahun 1990-an, nama aktris sekaligus model itu langsung mencuat. Ia sebenarnya lahir di Afrika Selatan, namun kemudian menjadi warga Amerika Serikat pada tahun 2007. Total kekayaannya mencapai 110 juta dollar atau sekitar 1,43 trilyun rupiah. Pada tahun 2007, dia kemudian mendirikan organisasi amal “The Charlize Theron Africa Outreach Project”. Tujuan utamanya yaitu membantu mencegah generasi muda Afrika dari AIDS. Setahun kemudian, dia bahkan jadi “Utusan Perdamaian”-nya PBB. Dan seperti belum cukup, ia juga jadi anggota PETA sekaligus organisasi-organisasi lain yang memperjuangkan hak-hak para perempuan.

~

3. Bono U2

Poto Bono U2

baselshows.com

Selalu kagum sama Om Bono dan U2-nya ini. Karier bermusik dan bisnisnya super sukses, sampai pundi-pundi uangnya mencapai 600 juta dollar atau setara dengan 7,8 trilyun rupiah. Tak heran kalau dia (dan Band U2) juga Band The Corrs jadi entertainer yang dibanggakan oleh Irlandia.

Terlebih lagi perannya dalam dunia amal memang sangat terkenal. Dia begitu konsisten membantu kehidupan negara-negara tertinggal, membantu meningkatkan kesadaran akan bahaya AIDS di Afrika serta terlibat dalam banyak sekali organisasi amal dengan tujuan kebaikan, tentunya.

~

2. Angelina Jolie

Angelina Jolie

un.org

Pasti. Aktris yang ini pasti masuk list. Dia sebenarnya sudah eksis di layar kaca pada tahun 1990-an, namun popularitas puncaknya didapat pada tahun 2001. Khususnya setelah ia menarik perhatian lewatnya filmnya Lara Croft: Tomb Raider. Selain aktingnya yang memukau, jiwa sosial dan kemanusiaannya pun tak diragukan. Kebetulan film Tom Raider ini berlokasi di Kamboja. Pada waktu itu, ia melihat kehidupan warga miskin pertama kalinya.

Dari sana, ia seperti terpengaruh untuk melakukan sesuatu demi dunia. Dia memulai niat mulia itu dengan mengunjungi tenda-tenda pengungsi di seluruh dunia serta mengamalkan sebagian hartanya. Dia juga aktif mendonasikan bantuan untuk pendidikan, fasilitas kesehatan serta menjadi aktivis perempuan juga. Semua itu makin lengkap saja ketika suaminya, Brad Pitt, ada dan mendukungnya.

~

 1. Oprah Winfrey

Oprah Winfrey, host yang suka beramal

Poto: Ray Tamarra (Getty Images)

Ini dia host talk show paling kaya, terkenal dan berpengaruh. Dia dilaporkan memiliki harta kekayaan sebanyak 3 milyar dollar atau sekitar 39 trilyun rupiah. Woah! Beruntung, ia tak mau kekayaan supernya itu hanya dinikmati sendiri. Oprah bahkan dikenal sebagai perempuan paling berpengaruh di dunia.

Dia seorang dermawan kulit hitam paling keren di sepanjang sejarah (Amerika). Satu bukti kecilnya, Oprah mendirikan sekolah asrama bagi gadis-gadis Afrika Selatan yang ingin memiliki kesempatan untuk memeroleh pendidikan. Dia juga aktif dalam kegiatan amal lain. Kesimpulannya, Oprah menggunakan nama dan kekayaannya untuk mengubah dunia.

~

Di luar dari kehidupan artis/ selebritis dunia yang kita tahu, ada sisi-sisi positif yang bisa kita contek dari mereka, ya. Seperti ke-10 nama di atas yang mencoba mengubah dunia. 🙂 #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *