5 Vokalis Grup KPop Terbaik dan Pendapat Pakar Musik

5 Vokalis Grup KPop Terbaik dan Pendapat Pakar Musik

vokalis grup musik Kpop terbaik menurut pakar musik,

tallahasseescene.com

Boyband sama Girlband Korea itu ada berapa sih?

Woah… pastinya banyak, ya? Ada satu atau dua yang disband aka bubar, tapi lebih banyak lagi yang bermunculan dan mempromosikan debutnya. Masing-masing manajemen/ label/ agensi entertainment berlomba mengerahkan artis-artis terbaik mereka. Fans pun menyambut para pendatang itu.

Lalu, siapa vokalis terbaik diantara band atau grup Kpop yang ada?

Nah, kebetulan ada beberapa ahli/ pakar musik yang duduk bersama dan berdiskusi soal hal ini. Dari sekian banyak vokalis, mereka kemudian menyimpulkan beberapa nama. Tak hanya itu, mereka juga membeberkan bagaimana pandangannya terhadap masing-masing penyanyi tersebut.

Dalam acara “King of Mask Singer”-nya MBC, para idola Korea diberi komentar terkait kemampuan menyanyi mereka. Kita tahu, penyanyi Korea tidak mendapatkan popularitas dengan mudah. Mereka juga mesti menjalani training dulu, sehingga banyak diantaranya yang memiliki skill menyanyi yang bagus.

Berikut ini 5 nama vokalis yang dikomentari oleh para juri acara “King of Mask Singer”. Koreaboo menerjemahkannya ke dalam Bahasa Inggris dan daku mencoba mengalihkannya dalam Bahasa Indonesia. Daku juga menuliskannya berdasarkan absen, ya, bukan ranking. Jom!

1. Choa (AOA)

*diambil dari inti tulisan dari Dan Pyun Sun (musisi)

 Choa AOA, poto Choa 2015, poto Choa menyanyi

  • Choa jadi sosok yang melengkapi identitas AOA.
  • Hal dasar yang menentukan kalau seorang vokalis itu bagus atau tidak memang berbeda-beda. Tapi menurut Dan Pyun sun, seorang vokalis yang keren itu memiliki pemahaman yang baik terhadap lagu yang dinyanyikannya. Ia juga mesti menunjukkan performanya dengan penuh dedikasi, komitmen serta kerap membuat sang komposer lagu makin ingin melakukan yang terbaik. Vokalis itu juga mesti membawakan musik ‘dance-pop’dengan baik. Dan, semua ciri-ciri ini bisa ditemukan pada sosok Choa.
  • Dalam Konser FNC, Choa sempat meng-cover artis lain dan tampil berkolaborasi dengan mereka. Waktu itu gaya yang mesti ia pakai yaitu musik rock. Dan, ia bisa menampilkannya dengan baik.
  • Di girlband AOA sendiri, suaranya begitu menonjol.
  • Choa memiliki warna suara yang khas. Suaranya jadi kombinasi antara serak-serak basah atau parau dan suara yang kiyut, sehingga mirip seekor kucing. Kelebihan ini tentunya menjadi hiasan tersendiri bagi karakter musik AOA. Padahal jarang sekali vokalis yang bisa menyempurnakan suara dan penampilan grupnya. Namun Choa bisa melakukannya, dengan cara yang natural dan berkharisma.

~

2. Kim Taeyeon(Girls Generation/ TaeTiSeo)

*diambil dari inti tulisan dari Kang Myung Suk (Kepala Editor Majalah IZE – Korea)

Poto Taeyeon_

Poto by: Rainbowfiishie

  • Taeyeon memiliki suara yang indah, tidak dipaksakan dan terdengar tenang murni.
  • Seorang vokalis tidak bisa bernyanyi dengan gaya/ penyampaian yang gitu-gitu saja. Mereka mesti menyanyi sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada, sehingga hasil performanya pun akan sesuai. Untuk hal ini, kita bisa mengambil contoh Taeyeon yang menjadi teman duet Amber F(x) dalam lagunya, “Shake that Brass”. Di sini Taeyeon begitu lihat mengontrol suaranya. Dia bisa mengendalikan kapan mengeluarkan suara yang lembut sampai suara yang powerful. Dari segi penampilan, dia bisa terlihat feminin sekaligus seksi yang sesuai. Taeyeon juga bisa berbaur juga dengan rekan-rekannya yang tengah have fun. Dengan kata lain, dia bisa menyesuaikan diri dengan lagu dan suasana yang ada.
  • Ketika membawakan lagu “Holler”-nya TaeTiSeo, Taeyeon bisa ‘beralih’ dengan sempurna. Ia bisa menyeimbangkan dan menyesuaikan diri menjadi karakter feminin khasnya Girls Generation.
  • Taeyeon bisa menunjukkan karakter yang feminin, cantik dan tenang dengan mengalir begitu saja.

~

3. Onew (Shinee)

*diambil dari inti tulisan dari Kim Yoon Ha (kritikus musik)

Onew Shinee menyanyo_Onew tersenyum

almightyleader.wordpress.com

  • Onew memiliki kelebihan berupa suara yang menawan, yang nadanya bisa merasuki jiwa dan raga pendengar.
  • Alunan nada yang bisa mengubah suasana secara tiba-tiba bukan suatu skill yang dicapai dari latihan atau pun kerja keras. Nada itu menjadi cara yang lebih sulit untuk menggolongkan seorang penyanyi yang mengagumkan.
  • Onew jadi salah-satu vokalis yang memiliki nada/ tone yang mempesona. Salah-satu contohnya bisa dilihat dari penampilan Onew dalam lagu “Stand by Me” yang jadi OST Boys Before Flowers. Atau, bisa juga dalam lagu “Honesty” yang ada di album “Sherlock”.
  • Suara Onew yang jelas dan lembut makin menunjukkan kekuatan kharismanya. Hal inilah yang jadi salah-satu kelebihannya.

~

4. Taeyang (Big Bang)

*diambil dari inti tulisan dari Kim Young Dae (kritikus musik pop)

taeyang, Taeyang menyanyi di acara Golden Disk Award

  • Taeyang dianugerahi kualitas luar biasa yang jarang ditemukan diantara idola Korea lainnya.
  • Hampir jadi rahasia publik kalau Taeyang itu memiliki vokal yang bagus, namun tidak begitu menakjubkan. Memang bicara soal suara/ vokal, kedalaman nada/ tone dan teknik bernyanyi… Taeyang tidak seunggul Xia Junsu. Namun untuk menjadi vokalis yang berkesan, warna suara ketika bernyanyi itu lebih penting dari sekadar vokal atau teknik bernyanyi. Dan untuk kasus ini, Taeyang adalah figur yang tepat.
  • Taeyang kerap bolak-balik menggunakan suara hidung (sengau) dan suara kepala untuk meyakinkan kalau dia memang ada di jalur R&B. Gayanya itu jadi mirip musik black & soul. Gaya ini sangat langka di kalangan idola Korea. Karena itu, Taeyang jadi vokalis yang unik sekaligus berkualitas.
  • Kualitas yang dimiliki Taeyang ini lebih unik dan menarik dibanding artis yang ada di jalur yang sama. Katakanlah Jay Park dan Kim Jo Han, yang bukan penyanyi Korea asli. Sebagai contohnya, ada dalam lagu “Eyes, Nose, Lips”. Di situ tergambar dengan jelas bagaimana vokal Taeyang yang hangat, sensitif dan dalam. Karakter ini seringkali terabaikan oleh para kritikus musik.

~

5. Yang Yoseob (BEAST)

*diambil dari inti tulisan dari Hyung Suk Kim (produser dan komposer)

Yang Yoseob_

vebidoo.com

  • Yoseob adalah sosok penyanyi yang bisa membuat konsep penampilan lagu jadi ‘berantakan’.
  • Pada dasarnya, salah-satu manfaat kostum dan dance para penyanyi Korea yaitu untuk mengalihkan perhatian publik terhadap skill suara mereka. Soalnya, tampilan fisik (penampilan dan tarian) tentu akan lebih menggoda. Namun ada juga penyanyi yang justeru membuat ‘jurus utama’ itu kehilangan fungsinya, sebab audiens malah fokus sama suaranya. Salah-satu penyanyi yang dimaksud adalah Yang Yoseob BEAST.
  • Ketika Hyung Suk Kim menuliskan lagu untuk OST “My Princess”, yang berjudul “Cherish that Person”, dia sempat beranggapan kalau Yang Yoseob hanyalah cowok sekaligus artis Korea yang unyu (saja). Namun ketika Yoseob mulai bernyanyi, anggapan itu berubah. Yoseob tak hanya menarik secara penampilan, namun suara dan pernapasannya pun menakjubkan.
  • Bagi Hyung Suk Kim, Yoseob itu jadi seorang vokalis yang karakter dan gaya vokalnya sesuai dengan apa yang ia inginkan. Sebagaimana yang diharapkan fans, seorang penyanyi itu mesti jadi seseorang yang memiliki paket lengkap. Baik skill menyanyi, menari dan penampilannya mesti bagus.

Demikianlah pemaparan para komentator, yang sekaligus ahli musik, terkait 5 vokalis grup boyband sekaligus girlband Korea. Dan karena sifatnya pendapat, tentu ada yang pro dan ada juga yang kontra. Oh ya, sekadar mengingatkan kalau list di atas bukanlah ranking.

Nah… setujukah dengan pendapat-pendapat di atas? Siapa yang terbaik versi Bro-Sist? Enggak heran kalau jawabannya bakal berbeda-beda. 🙂 [#RD]

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *