8 Alasan Utama Kenapa Orang Mulai Terpikat dengan Kuningan – Jawa Barat

8 Alasan Utama Kenapa Orang Mulai Terpikat dengan Kuningan – Jawa Barat

Kuningan, kuningan jawa barat, ikon kuningan jawa barat, kota kuda

kuningandalamfoto.wordpress.com

Ada yang belum tahu Kuningan – Jawa Barat? Atau, ada yang sering mendengar, namun tidak tahu di mana sebenarnya Kota Kuningan berada?

Sebagai gambaran singkatnya; Kuningan adalah salah-satu kota mungil yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Tempat yang terkenal dengan sebutan “kota kuda” ini berdekatan dengan Cirebon (sebelah utaranya), Brebes (sebelah timurnya), Majalengka (sebelah baratnya) dan Ciamis – Cilacap (sebelah selatannya).

Kalau nama kota Bro-Sist sering disebut di media massa atau televisi, apa akan langsung tertarik?

Demikian juga yang daku rasakan. Semakin hari, nama Kota Kuningan semakin ‘diakrabkan’ dengan pemirsa yang lebih luas. Salah-satu contohnya ketika musim liburan kemarin. Dulu, rasanya tak ada jurnalis yang masuk ke area wisata yang ada di Kabupaten Kuningan.

Namun belakangan, ada beberapa stasiun televisi nasional yang memberikan laporan langsung dari lokasi wisata di Kuningan. Dari sekian banyak destinasi indah dan terkenal di Indonesia, alhamdulillah, Kuningan ternyata dipilih untuk eksis di televisi. Ya walaupun daku bukan pemilik objek wisatanya, tetap saja merasa ikut senang. 🙂

Berikut ini hanya perkiraan alasanku, kenapa orang-orang mulai tertarik dengan Kota Kuningan ini. Bro-Sist tak wajib setuju. Tapi kalau ada yang hendak mengkritik atau mengoreksi, silakan saja.

Apa saja sih? Jom!

#1. Karena Ega Noviantika

Ega Kuningan

Dari Twitter

Namanya Ega Noviantika, sosok gadis remaja yang terkenal lewat partisipasinya di sebuah kompetisi dangdut. Dibalik namanya, terdapat sebuah kota yang dibawanya kala itu; Kuningan. Sehingga orang sering menyebutnya sebagai “Ega Kuningan”.

Karena penampilan Ega begitu berkesan di hati masyarakat, si mungil ini pun langsung bisa merangkul banyak penggemar. Jangankan dari dalam kota, dari daerah lainnya saja begitu banyak. Fans Ega bernaung di bawah nama LOVEga. Mereka begitu aktif, terlebih lagi ketika idolanya mulai eksis di dunia entertainment.

 ~

#2. Karena Bahasanya

bahasa sunda kuningan jawa barat

learning.sohu.com

Entah sudah berapa banyak yang bertanya “arti bahasa gaul naon cing itu apa sih?”, “cenah itu maknanya apa?” atau “kapan sih kita menggunakan kata teh, atuh sama mah dalam bahasa Sunda?”.

Daku yakin orang Jawa Barat tak akan mengajukan pertanyaan yang demikian, ‘kan? Karena itu, daku asumsikan sih mereka adalah orang luar daerah Sunda yang tertarik dengan bahasa tersebut. Mungkin karena kata-katanya mulai popular, atau memang memiliki minat untuk tahu lebih lanjut.

~

#3. Karena Lokasi Wisatanya

gerbang objek wisata cibulan kuningan jawa barat

Tak bisa dipungkiri, televisi menjadi salah-satu media untuk membuat sesuatu jadi lebih popular dan familiar di mata masyarakat. Seperti yang daku singgung di atas, beberapa stasiun tivi sempat membahas lokasi wisata yang ada di Kuningan. Ada juga yang menjadikan lokasi tersebut sebagai tempat melaporkan berita liburan secara live.

 

Misalnya di Objek Wisata Cibulan, Linggarjati dan Objek Wisata Waduk Darma. Dengan begitu, masyarakat luas jadi lebih tahu, “oh di perjanjian Linggajati yang bersejarah itu terjadi di Kuningan – Jawa Barat” atau “oh… ikan dewa yang keramat itu ada di Kuningan – Jawa Barat”.

~

#4. Karena Makanan Khasnya

tape ketan ember kuningan jawa barat, makanan khas kuningan jawa barat

fjb.m.kaskus.co.id

Ketika daku dan kawan-kawan HIPKI mengikuti pameran hari kompetisi nasional, ada salah-satu tamu yang datang ke stand Kabupaten Kuningan. Beliau langsung bertanya pada kami, “tape ketannya ada?”.

Rupanya memang ada beberapa makanan khas yang sudah ‘nempel’ di pikiran wisatawan, atau orang-orang yang sempat singgah di Kota Kuda. Selain tape ketan, media televisi juga sering menyorot sirup jeruk nipis peras dan kupat tahu. Atau begitu ke Kuningan, jangan heran akan ada antrian panjang di lokasi penjualan Tahu Kopeci aka Tahu Kuningan. Eh terus Ega “Naon Cing” juga sempat menyinggung makanan bernama papais monyong. 🙂

~next-page-RD-300x100-1

12 Comments
  1. sifa alzannha
    • deeann
    • diky wardhani
    • deeann
  2. didi
    • deeann
  3. Alfath Cuing-Cincau
  4. Alfath Cuing-Cincau
    • deeann
  5. Zulfa Zakaria
    • deeann
  6. Zulfa Zakaria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *