10 Artis Dunia yang Pernah Hidup Di Jalanan

10 Artis Dunia yang Pernah Hidup Di Jalanan

Jewel Kilcher“Lebih dari 3,5 juta orang di Amerika Serikat jadi tuna wisma tiap harinya.”

Begitulah hasil mengejutkan yang disampaikan “National Student Campaign Against Hunger and Homelessness”, atau Kampanye Siswa Nasional Melawan Kelaparan dan Tuna Wisma. Nah, di negara adidaya yang banyak dipuji orang sedunia saja sudah begitu, apalagi di Indonesia, ya? Duh. :/

Kalau ditilik, banyak alasan kenapa seseorang bisa jadi tuna wisma atau (maaf) gelandangan. Mungkin jenuh dengan masalah rumah (baca: keluarga), sehingga kabur. Mungkin juga menghindari sesuatu atau lari dari tanggung jawab, atau apa. Namun mayoritas memang berkaitan dengan masalah ekonomi.

Hmm… problem yang satu ini memang begitu sensitif dan rumit. Kasihan, kadang banyak anak-anak yang mesti menanggung deritanya.

Tapi ternyata hidup di jalanan tidak hanya berlaku bagi orang biasa, seorang superstar yang memiliki pamor dan harta melimpah pun bisa mengalaminya. Begitulah yang diberitakan orang di berbagai sumber. Siapa saja mereka dan apa alasannya? Jom!

#10. Hilary Swank

Hillary Swank selfie

Aktris film “Million Dollar Baby” ini sudah memulai kariernya sejak ia berusia 9 tahun. Selain akting, ia juga terkenal sebagai perenang handal. Bahkan pernah berkompetisi juga di Junior Olympics dan Kejuaraan di Washington. Ketika dia berusia 13 tahun, orang tuanya bercerai. Waktu itu ia dan ibunya memutuskan untuk keluar rumah dan hendak pindah ke Los Angeles. Bagaimanapun, mimpinya sebagai entertainer masih menyala. Hillary Swank dan sang bunda tidak menyewa hotel atau ngontrak. Sambil mengikuti berbagai audisi, keduanya berteduh di dalam mobil saja. Sampai kemudian sang aktris mulai mendapat cukup uang dan mereka pun bisa tinggal di apartemen.

~

#9. Jim Carrey

Jim Carrey

Jim Carrey, komedian yang memang menghibur sekaligus memiliki latar belakang hidup yang mengharukan. Begitulah, ia membuat orang terbahak-bahak sampai mengeluarkan airmata. Tanpa mereka tahu, sang pelawak yang sukses ini mesti menelan pahit-getirnya hidup terlebih dahulu. Dulu ibunya menderita sakit mental, terus ia mesti keluar sekolah untuk mengurus sang bunda sekaligus membantu finansial keluarga. Sakit yang diderita ibunya benar-benar menghisap keuangan keluarga, sehingga mereka pun mesti merasakan pengalaman kehilangan rumah dan hidup di dalam kendaraan.

~

#8. Sylvester Stallone

Sylvester Stallone

Dibalik kegagahan “Rambo” ini, terdapat cerita hidup yang keras. Ia sempat menjadi tuna wisma dan tidur di stasiun bus Port Authority, kota New York. Namun dari ‘rumahnya’ itulah, Sylvester melihat ada casting untuk film “The Party at Kitty and Stud’s”. Dia mendapat pekerjaan dalam proyek film itu dengan gaji sebesar 200 dollar. Kalau dikalikan dengan rupiah yang melemah ke angka 13.500, gaji itu setara dengan angka 2,7 juta. Angka yang pastinya sangat jauh dengan gajinya sekarang. Namun dari honor kecil itulah, ia mulai bisa memperbaiki kehidupannya.

~

7. Kelly Clarkson

Kelly Clarkson

Tetehku ini makin keren saja ketika ia bisa memenangkan juara 1 American Idol, mengeluarkan album dan sebagian besar lagu-lagunya selalu berkesan. Tak peduli masuk tahta tangga lagu, kalau memang menggugah, pasti masuk playlist. Hehe… Nah, dibalik kesuksesannya dalam bernyanyi dan mempertahankan berat badan (#eh), tenyata Teh Kelly Clarkson memiliki pengalaman hidup di jalanan. Dia yang memutuskan untuk pindah ke Los Angeles, kemudian tinggal di apartemen. Namun tempat tinggalnya itu terbakar, ia pun tak punya pilihan selain tinggal dalam mobilnya. Masa-masa sulit itu bisa jadi salah-satu alasan, kenapa Teh KC bisa begitu tegar menghadapi cercaaan atau kritikan akan berat badannya. Ia sudah terbiasa, kok. Yang penting kualitas suaranya tetap bagus dan kuat.

~

#6. William Shatner

William Shatner

Om aktor ini bisa memainkan peran serius sekaligus komedi. Selain jadi host “Rescue 911”, ia juga mulai eksis dalam Star Trek. Namun ketika serialnya berakhir, Si Om ini kekurangan pendapatan. Ia pun mesti tinggal dalam mobil pickup-nya. Ia yang awalnya bekerja di industri lain, kemudian kembali ke dunia entertainment. Kali ini sebagai musisi juga. Ia juga mengasah akting dalam “The Practice” dan “Boston Legal”. Bakatnya kemudian diapresiasi dalam bentuk penghargaan Golden Globe dan 2 Emmy Awards juga.

~

#5. Halle Berry

Halle Berry

Ketika ia memutuskan untuk mengejar mimpinya di dunia akting, aktris cantik nan eksotis ini mesti berani mengambil risikonya. Ia hidup di shelter atau halte atau tempat-tempat orang berteduh ketika menunggu kendaraan. Sontak saja hal itu ditentang sang bunda. Namun aktris ini meyakinkan, apalagi ketika ia mulai bisa masuk ke industri hiburan dan bisa tinggal di apartemen juga.

~

#4. Jennifer Lopez

Jlo

Salah-satu bintang multitalenta yang kaya-raya ini ternyata memiliki masa-lalu yang kontras dengan kehidupannya kini. Dulu, orang tua J-Lo menentang keputusan puterinya untuk hidup di Hollywood. Tapi ia membandel. Ketika usianya masih 18 tahun, ia memutuskan untuk berpisah dengan ayah-bundanya. Memang J-Lo belia tidak tinggal di jalanan, namun ia mesti mencari tumpangan di rumah teman-temannya secara bergilir. Tapi ia tidak tinggal diam, sambil pindah kesana-kemari, ia juga terus mengejar mimpinya.

~

#3. Sam Worthington

Sam Worthington

“Sang Avatar” yang tampan ini merupakan aktor kelahiran Amerika yang hidup lama di Australia. Peran penting itu dia dapat ketika masih hidup di dalam mobil. Kendaraannya sendiri murah (untuk ukuran entertainer, khususnya), yakni hanya 2 ribu dollar atau sekitar 27 juta rupiah. Ia memang menjual apa yang dimilikinya untuk mendapatkan uang. Sam kemudian bekerja dalam dunia perfilman Australia, sampai kemudian mendapat rezeki nomplok berupa peran sebagai Avatar. Setelah sukses, judul lain seperti menyusul; Clash of the Titans dan Man on the Edge.

~

#2. Dr. Phil

Dr Phil twitter

Dr Phil atau Phil McGraw merupakan pembawa talk show. Parade sempat mewawancarainya waktu itu. Dari interview itulah, didapatkan info kalau Dr. Phil dan ayahnya sempat tinggal dalam mobil di Kota Kansas. Ketika itu usianya masih12 tahun. Mereka kemudian bisa pindah ke sebuah kamar di apartemen kumuh. Biayanya saja hanya 5 dollar atau sekitar 67,5 ribu rupiah seminggunya. Tak heran kalau pengalaman kerasnya itu membuatnya strong.

~

#1. Jewel

Jewel Kilcher

Mendengar nama penyanyi ini, sebagian besar dari kita mungkin langsung teringat lagu “intuition”, ya? Penyanyi berbakat ini ternyata sudah lama hidup dalam mobil. Dia juga melakukan perjalanan ke berbagai kota. Jewel bernyanyi sambil memainkan gitar di manapun ia inginkan, atau katakanlah mengamen, untuk mendapatkan uang. Sampai kemudian ia bisa sukses di dunia musik. Bakatnya itu sebenarnya diturunkan dari kedua orang Jewel yang merupakan penyanyi dan penulis lagu. Dia sendiri sudah mulai perform bersama orang tuanya ketika masih kecil, masih berusia 6 tahun. Kerja keras dan kegigihannya terbayarkan.

Peribahasa “hidup bagai roda berputar, ada di atas dan ada di bawah” mungkin langsung kita ingat pasca membaca kisah inspiratif artis-artis dunia ini. Namun tentu saja, posisi yang mereka dapatkan sekarang tidak dihasilkan dari memetik jari tangan. Tetap ada doa, usaha dan kekuatan untuk memercayai diri sendiri. #RD

4 Comments
  1. Ade
    • deeann
  2. gustyanita pratiwi
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *