12 Musisi atau Penyanyi Dunia yang Sempat Menerima Penolakan dari Label Rekaman

12 Musisi atau Penyanyi Dunia yang Sempat Menerima Penolakan dari Label Rekaman

Ed Sheeran dan gitarnya

Ed Sheeran [pinterest.com]

Pernah enggak sih, kita membayangkan atau berfantasi bisa menjadi salah-satu musisi terkenal? Yang perform di depan penonton, dielu-elukan fansnya, disorot mata kamera media atau… sangat diperhatikan oleh para haters-nya?

Pernah enggak, kita menatap kagum pada seorang penyanyi dan kepingin menjadi dirinya juga?

Di kacamata kita, rasanya menjadi pekerja entertainment (khususnya musisi) seperti suatu job yang menyenangkan. Mereka pun terlihat bisa tersenyum angkuh atas apa yang dicapainya. Tapi… begitulah kalau kita melihat kesuksesan seseorang dari ‘sisi cerahnya’ saja. Siapa sangka, mereka sudah menempuh perjalanan panjang yang sulit untuk menjadi siapa mereka yang sekarang.

Mayoritas musisi besar bergerak dari bawah; penampilan dari panggung ke panggung, ‘mengumumkan’ eksistensi sekaligus bakat yang dimiliki diri. Kalau zaman sekarang tentu ditunjang oleh Soundcloud atau Youtube. Itu pun belum tentu ‘dilirik’ label rekaman.

Atau begitu kita yang mengajukan, belum tentu bisa diterima. Apalagi mesti ada proses audisi. Bagaimanapun, ‘yang melamar’ itu bukan kita seorang. Entah ribuan atau jutaan orang ingin menggapai jalan yang sudah kita bidik. Mereka juga sama; mengajukan demo lagu, surel, file-file, dsb.

Besar kemungkinan untuk… DITOLAK.

‘Pihak yang tertolak’ itu sendiri terbagi menjadi dua; ada yang kembali menjadi dirinya yang dulu dan ada juga yang keukeuh berkarya dan terus mengejar dapur rekaman. Pantang menyerah dan begitu inspiratif.

Pihak kedua itu sempat diperankan oleh ke-12 musisi dunia yang bakal daku bahas ini. Siapa saja? Jom!

#12. Linkin Park

Linkin Park

Cr: cityofpunk.com

Linkin Park. Sudah kita ketahui bersama, bagaimana menanjaknya popularitas band rock asal Amerika ini. Band ini terbentuk pada tahun 1996. Perlu sekitar beberapa tahun bagi mereka untuk unjuk gigi di depan label musik (dulu).

Baca Juga: Kisah-Kisah Artis Dunia yang Menyemangati Kita untuk Pantang Berputus Asa

Sayangnya, berbagai label musik menolak mereka. Termasuk juga Warner Music. Sampai kemudian mereka pun bis mengeluarkan album debut bertajuk “Hybrid Theory” yang kesohor itu. Voila! Penjualannya laris dan popularitas mereka pun otomatis meroket.

~

#11. Madonna

Madonna

Ratu pop yang eksistensinya minta ampun ini ternyata pernah juga jadi ‘korban’ penolakan label rekaman. Bisa dilihat bagaimana Madonna yang sekarang, yang masih bersemangat. Apalagi waktu ia muda?

Nah waktu itu, Jimmy Lenner (produser musik) menyurati Madonna dan mengatakan padanya kalau dia tidak tertarik dengan lagu yang dibawakan. Sekarang-sekarang kalau Madonna mengingat hal itu lagi, mungkin ia akan tertawa. Sebab, lagu yang membuat sang produser tidak tertarik itu justeru sukses di album perdananya. Sampai laku 10 juta kopi. Bahkan… surat penolakan itu sukses dilelengkan di Sotherby tahun 2001 kemarin.

 ~

#10. The 1975

The 1975

Cr: imagekb.com

Band ini mendapat perhatian publik ketika mereka mengeluarkan karya debut di tahun 2013 kemarin. Bisa dikatakan, kesan pertama berhasil menjadi media kesuksesan mereka. Namun siapa sangka, mereka sebelumnya dihujani penolakan. Begitu pengakuan Matt Healy-nya. Sampai kemudian mereka bisa tanda tangan kontrak dengan Polydor. Itu pun via Dirty Hit, sebuah label indie asal Inggris.

~

#9. Kanye West

kanye west

Cr: bet.com

Bintang hip-hop ini memang memiliki banyak haters, tapi kita tak bisa memungkiri kalau dia begitu popular. Fansnya tentu sangat banyak. Ternyata benar, suami Kim Kardashian ini sempat menghadapi banyak penolakan dari label. Kanye West dianggap lebih pantas menjadi seorang produser ketimbang penyanyi solo. Namun kemudian, dia mendapat kesempatan dari Def Jam dan bisa menjadi seorang Kanye West yang sekarang.

~

#8. Dave Grohl

Dave Grohl

Suka dengan Foo Fighter? Masih ingat saja ketika Dave Grohl tetap bermain di sebuah konser, padahal waktu itu kakinya patah dan sudah diperban. Dari sana saja sudah terlihat bagaimana karakternya, ya. Begitupun ketika dia mengejar mimpinya sebagai musisi.

Nah sebelum di Foo Fighter, Dave Grohl ini memang bergabung dengan yang lain dulu. Jangan lupakan Nirvana, terus Them Crooked Vultures dan Mission Impossible, sebagai band perdananya.

Waktu itu usianya masih 14 tahun. Ia kemudian mengirimkan surat dan rekaman demonya pada Ian MacKaye, pendiri Dischord Records. Sebenarnya Ian begitu tertarik. Tapi tertarik pada inisiatif Dave muda, namun ia menolak karyanya untuk diorbitkan. Uniknya, Ian juga masih menyimpan surat yang sempat dikirim Dave Grohl. Sepertinya ia sendiri membaca kalau Dave bakal jadi rocker besar.

~

#7. Jimmy Morrissey

Morrissey

Cr: musictimes.com

Mantan member The Smith ini memang tak lagi muda. Namun ia hal itu tak menjadi alasan baginya untuk terus mengejar impian. Dari usia muda sampai sekarang pun, pengalamannya ditolak label rekaman masih berlangsung. Begitu ia diterima, “World Peace Is None Of Your Business” yang dirilisnya di tahun ini kurang menerima sambutan hangat dari publik. Ia pun meninggalkan label tersebut.

~

#6. Oasis

OASIS

Factory Records mungkin akan sedikit ‘gimana gitu’ karrena sudah mengorbitkan artis lain, dan menolak Band OASIS ini. Padahal begitu band ini diterima Creation, penjualan karya mereka begitu meroket. Tak hanya di tahun 90-an, sampai sekarang pun nama band ini masih digaungkan para penggemar musik.

~

#5. U2

U2

Cr: justjared.com

Pas bener ketika menulis poin ke-5 ini, daku tengah mendengar “When The Stars Go Blue”-nya Andrea Corr duet bareng Bono U2. Hehe… Nah band asal Irlandia ini kini sudah besar, sudah banyak diakui orang sebagai salah-satu band terbaik dan tersukses. Tapi dulu Bono Cs sempat mengajukan diri pada CEO RSO, yang waktu itu juga menaungi The Bee Gees.

Sang CEO mengatakan kalau U2 bukanlah sosok band yang tengah dicarinya. Beberapa bulan pasca penolakan itu, label rekamannya mendapat masalah keuangan. Berbeda dengan U2 yang justeru memeroleh penjualan karya yang baik serta popularitas yang merangkak naik.

~

#4. Ed Sheeran

Ed Sheeran

Ini dia “Si Teddy Boy” yang baru-baru ini diwacanakan bakal hiatus bermusik untuk mengurus kegiatan amal. Cerita kesuksesannya tak luput dari kisah pilu. Rasanya tidak adil waktu itu banyak label rekaman yang menolak pelantun “thinking out loud” ini. Mereka mengatakan kalau Ed “tidak menjual”.

Baca Juga: Misteri Lagu Thinking Out Loud – Ed Sheeran

Faktor “tidak menjual” tersebut bisa kita pahami. Tapi alasan dibaliknya rasanya kurang fair. Pihak-pihak yang menolak lebih melihat penampilan Ed daripada bakat bermusiknya. Maaf ya membicarakan penampilan fisik. Tapi mereka memang menganggap kalau Ed itu agak chubby dan begitu deh.

Rupanya penolakan dengan alasan itu memang keliru. Ed membuktikan kalau karyanya bisa meledak. Penjualan albumnya bagus, turnya lancar dan disambut, popularitasnya keren serta penghargaan demi penghargaan pun berhasil diraihnya.

~

#3. Lady Gaga

Lady Gaga 1

Stefani Germanotta aka Lady Gaga tak mencapai popularitasnya dengan mudah. Waktu itu Def Jam dari L.A. Reid sudah membaca potensi dari Sang Mother Monster ini. Namun sebelum rekaman, pengorbitan Lady Gaga dibatalkan. Waktu itu ada masalah finansial. Pihak rekaman memutuskan kalau dana yang ada dipakai untuk hal lain saja ketimbang membiayai rekaman LG. Nah keputusan itu ternyata keliru. LG sukses dan tenar bersama yang lain. Tak heran kalau Bos L.A. Reid itu pernah mengakui kalau kasus dengan Lady Gaga itu adalah…

“… kesalahan terbesar dalam perjalanan karier professionalku.”

~

#2. Beyonce

Beyonce

Beyonce. Dia adalah mantan member girlband paling sukses, dia menjelma menjadi penyanyi solo paling sukses juga, dia selalu masuk dalam jajaran artis atau selebritis tercantik dan berpengaruh di dunia, dia jadi isterinya Jaz J (musisi paling berpengaruh di dunia musik), punya anak yang begitu kiyut, punya berbagai bisnis yang sukses dan berlaba besar dan eksistensi yang masih kokoh.

Tapi hey, apa kehidupannya selalu seindah itu?

Beyonce juga pernah mengalami masa-masa penolakan. Dulu dia membentuk girlband barat “Girl’s Tyme”. Bersama grupnya, dia mengikuti ajang pencarian bakat. Ajang tersebut diadakan oleh seorang bos label lokal. Siapa sangka, Beyonce Cs gagal dan terabaikan.

~

#1. The Beatles

The beatles performing

Band yang tak lepas dari kontroversi dan misteri. Namun band ini juga banyak disepakati orang sebagai band paling melegenda dan sukses sepanjang masa. Untuk list ini, daku ambil poto mereka yang masih kiyut-kiyut. Hehe…

Dulu John Lennon Cs sempat tampil dan menunjukkan bakat mereka di sebuah klub. Mereka lalu ke Inggris dan memutuskan untuk mengajukan diri ke dapur rekaman. Target mereka bukanlah perusahaan besar, melainkan yang sedang dulu, sekelas Decca Records.

Audisi yang digelarnya dikomentari oleh Dick Rowe. Dia kurang tertarik dan menolak The Beatles. Sampai kemudian dia mesti menyaksikan, bagaimana kerennya The Beatles menaklukan Amerika dalam kurun waktu 1,5 tahun. Meski demikian, Paul McCartney sebagai salah-satu member yang masih hidup, tidak menaruh dendam. Oh ya, sampai sekarang Rowe memiliki nama panggilan baru. Orang-orang menjulukinya sebagai “The Man Who Turned Down The Beatles”, atau “Lelaki yang Menolak The Beatles”.

Hhh…

Segala sesuatu, sepahit apapun itu, pasti ada hikmahnya ya, Bro-Sist.

Khusus untuk kejadian musisi atau penyanyi yang sempat tertolak ini… setidaknya cerita mereka bisa menjadi bahan renungan bagi pihak yang menolak, menjadi amunisi bagi yang ditolak dan jadi inspirasi bagi kita pembacanya. #RD

6 Comments
  1. inda chakim
    • deeann
  2. Marfa
    • deeann
  3. Agung Prass
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *