Artis Korea yang Memiliki Kasus Serius dengan Haters-nya

Artis Korea yang Memiliki Kasus Serius dengan Haters-nya

ty4“Enggak perlu lihat internet dan jangan dengerin kata-kata orang yang wajahnya saja enggak kamu kenal… jangan bersedih lagi.”

Ada yang ingat, ucapan siapa itu?

Ucapan itu tersembul dalam acara TaeTiSeo dulu. Waktu itu Kim Taeyeon, Seohyun dan Tiffany mengundang bestie aka sahabat masing-masing. Dan… yap! Nasihat di atas datang dari Kim Heechul untuk Kim Taeyeon.

Kalau kita runut, setidaknya ada 3 pesan utama yang Heechul berikan pada Taeyeon; #1. Jangan berurusan dengan internet, #2. Enggak perlu mikirin komentar orang dan #3. Jangan bersedih.

Pesan yang manis dan penuh perhatian. Sayang sekali, amanah tersebut rasanya tak mungkin terwujud. Taeyeon tanpa internet? Taeyeon tak menggubris omongan orang? Atau, Taeyeon enggak bersedih? Apa bisa? Apa mungkin seorang entertainer – penyanyi atau bintang film manapun – hidup tanpa internet, haters, kritikan tajam dan perasaan down?

“Kadang daku sakit hati aja gitu ketika melihat Taeyeon pura-pura kuat… dia punya beban berat di pundaknya… Tapi daku bangga ketika ia bisa begitu perhatian terhadap rekannya yang lain, tanpa menunjukkan kalau dirinya sendiri pun memiliki masalah.”

Begitu lanjutan kata-kata Heechul. Dari sini, kita bisa menerka kalau kehidupan seorang idola itu tak selamanya hepi, glamor dan penuh tawa. Dibalik senyum mereka, ternyata… tersimpan banyak hal yang pelik atau rumit. Tapi mereka mungkin mesti mengingat sebuah pepatah:

“Berkarya saja, jangan pedulikan apa kata orang. Selagi baik dan benar, lanjutkan. Toh orang akan tetap berkomentar…”

~

Setiap idola memiliki fans dan haters-nya tersendiri. Khusus haters, tentu ada tingkatannya. Ada yang terbilang wajar dan ada pula yang sudah melanggar batas. Dan sebagai seorang manusia biasa, para idola pun tak selamanya melakukan aksi diam atau pembiaran. Jangankan pada haters, sesama artis pun bisa saling melaporkan. Seperti yang dilakukan Ariana Grande ketika ia dituduh sebagai cocaine addict oleh seniornya (Bro-Sist pasti tahu, ‘kan?)

Kadang dorongan untuk ‘melakukan sesuatu’ datang dari berbagai pihak. Entah itu agensi, para sahabat, keluarga dan tentu penggemar. Seperti halnya para artis Korea di bawah ini. Mereka sempat memiliki urusan serius dengan para haters-nya. Dalam artian, mereka melibatkan pihak berwajib atau hukum negara dalam menghadapi para pembencinya.

Siapa saja? Jom!

#1. Kim Taeyeon

TY5

Bisa dibilang, yang ini sedang ramai-ramainya dibicarakan netizen. Beberapa bahkan mulai menjadikan topik ini sebagai bahan olokan. Tapi kita tinjau dari tindakan para penggemarnya saja, ya. Fansnya yang  cukup fanatik berbondong-bondong mengumpulkan komentar-komentar kasar yang sudah memenuhi kriteria untuk dilaporkan. Misalnya ancaman berbahay terhadap keluarganya.

Begitu pun dengan fan site-nya yang terkenal, Flying Petal, yang siap menampung semua laporan untuk kemudian dikaji ulang. Hmm… daku sudah membahas kasus Taeyeon dan haters-nya ini dalam postingan lain ya, Bro-Sist. Selengkapnya silakan baca di; Kim Taeyeon VS Haters, Siapa yang Keterlaluan?

~

#2. Tablo Epik High

tablo

Masalah Oppa yang satu ini tak kalah pelik. Kasusnya sangat berkaitan erat dengan TaJiNyo, WhatBecomes dan Standford University. Jadi TaJiNyo adalah semacam kelompok yang bersikukuh mengatakan kalau gelar pendidikan S2 Tablo itu palsu. WhatBecomes sendiri adalah sebutan untuk ketua gerakan tersebut. Ia bahkan sesumbar kalau Tablo hanya umpan untuk memancing ‘orang-orang’ besar dan penting lainnya di Korea, yang ijazahnya tidak asli.

Kasus ini sangat memukul keadaan sang rapper. Tak hanya dirinya, Epik High dan keluarganya kena imbas. Kabarnya, sang ayah meninggal pun tak lepas dari beban pikiran akan berita keras yang menimpa anaknya. Sampai kemudian Tablo melakukan serangan balik dan memenangkan kasusnya di pengadilan.

~

#3. Suzy Miss A

suzy

“Kamu nyebelin, daku berharap kamu akan mati dalam kecelakaan mobil”

“Semoga dikeluarin dari industri entertainmen! Kena kecelakaan mobil, terus mampus!”

Mohon maaf, tapi begitulah kurang-lebih isi postingan seorang netizen yang ditujukan untuk Suzy. Sang penyanyi sekaligus aktris yang melihatnya kemudian ngetweet (tapi sudah dihapus),

“Jadi kamu ngarepin daku mati, huh?”

Di tahun 2014 akhir, nama ini memang jadi perhatian banyak media. Namun ia begitu beruntung sebab agensinya, JYP Entertainment, berinisiatif menjadi pelindung utamanya. Bukan Suzy, tapi agensinya yang berdiri paling depan dan mengumumkan berita yang menciutkan haters. Pada 10 November, agensi Suzy tersebut mengatakan pada Media MyDaily. Kalau diterjemahkan, isinya:

“Baru-baru ini, seorang netizen mengirimkan postingan jahat di Twitter dan menyerang Suzy. Kami enggak bakal membeda-bedakan. Kami enggak bakal ngebiarin komentar yang isinya kasar atau jahat menyerang artis di bawah naungan kami. Sesegera mungkin kami akan melakukan langkah serius untuk mengatasi masalah ini dengan tegas.”

~

#4. IU

iu

Masih ingat dengan rumor yang menyebutkan kalau IU sudah hamil dan menikah? Berita itu langsung jadi santapan para netizen. Berbagai media ramai. Kalau kabar ini tidak benar, tentu menjadi pukulan tersendiri bagi Lee Ji eun aka IU, serta fans yang begitu mengagumi bakat dan kesederhanaannya. Namun lagi-lagi, agensi besarnya yang berdiri di depan untuk melindunginya.

Ya Leon Entertainment tak diam begitu saja ketika artis mereka diserang atau disakiti. Mereka bahkan menangkap pelaku penyebar isu tersebut dan menginvestigasinya. Bagaimanapun, kala itu IU tengah mempersiapkan comeback-nya. Menurut pihak manajemen, kalau dibiarkan maka orang-orang akan memercayainya. Mereka juga melakukan tindakan tegas seperti ini sebab kasus serupa bisa terjadi pada idola Korea yang lainnya. Menurut perwakilan dari Leon,

“Sekarang-sekarang ini banyak selebritis muda yang punya masalah besar. Isu negatif seperti ini tentu mesti diukur dengan benar. Jadi kami berharap tindakan ini bisa jadi langkah baik untuk industri entertainment”.

~

#5. Junsu JYJ

Junsu

Yang satu ini masih rencana. Beritanya sempat menyeruak di allkpop pada awal Juli tahun ini. Jadi Oppa dari JYJ ini sempat ngetweet. Intinya dia mangaku mendapat dorongan dari berbagai pihak untuk membawa haters yang sudah keterlaluan ke ranah hukum. Dia juga mengklaim, selama lebih dari 10 tahun berkarier, komentar demi komentar para haters semakin berlebihan saja.

Yang membuat sakit hati, orang-orang di sekitarnya pun ikut lelah dan muak atas semua kekasaran hatersnya. Jadinya ia mulai berpikir untuk melakukan tindakan tegas, sebab aksi pembiaran ternyata makin membuat haters merajalela. Hmm… kondisi ini juga yang memotivasi Taeyeon untuk melangkah ke jalur hukum.

~

Well, setiap orang memiliki hak untuk meraih kesuksesan, tenang dalam berkarya dan melindungi keselamatan diri, nama atau orng-orang tersayangnya. Apalagi di zaman sekarang, saat segala sesuatunya sudah ada dalam peraturan hukum yang jelas. Ya… meskipun kemajuan teknologi membuat orang bisa lebih bebas atau leluasa dalam bertindak, namun kita mesti bijak juga, ya. Bisa kebayang kalau ada diri kita sendiri yang ada di posisi mereka. Ugh…

Nah siapa lagi, ya? Daku rasa 5 idola Korea (Kpop) yang ini aja dulu. Ada tambahan? Kritik atau saran, mungkin? Feel free to correct me ya, Bro-Sist. ^_^ #RD

11 Comments
  1. Ade
    • deeann
    • Marfa
    • deeann
  2. awen
    • deeann
  3. Fikri Maulana
    • deeann
  4. KUNTUM
    • deeann
  5. Stacia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *