Daftar Artis Korea Dengan Usaha Bisnisnya

Daftar Artis Korea Dengan Usaha Bisnisnya

Jessica Jung Blanc and EclareSiapa sih Artis Korea yang tengah berada di puncak kesuksesan?

Nah, tentu banyak, ya?! Entertainer, di manapun itu, memang ada yang datang dan pergi. Silih berganti. Beberapa nama cuma ‘numpang lewat’, beberapa nama lainnya begitu cukup awet eksisnya.

Orang bilang, industri hiburan itu rentan ‘membuat dunia cepat bosan‘. Apalagi kalau kita tidak bisa menjejakkan kesan yang berarti. Karena itu, meski seorang entertainer tengah berada di puncak kesuksesan, ia mesti ingat kalau semua itu memiliki waktu yang mepet dan terbatas. Sudah banyak pengganti-penggantinya yang siap merebut posisi tersebut.

Bisa dimaklumi kalau banyak selebritis yang membuka usaha atau berbisnis. Sebab, mereka tentu tak bisa mengandalkan industri hiburan saja. Popularitas dan tentu job mereka perlahan akan berkurang, malah mungkin hilang? Oh.

Khusus artis Korea, mungkin sangat banyak yang membuka usaha. Sebagian tentu ‘mewakilkan’ usaha tersebut pada keluarga atau orang yang terpercaya. Namun beberapa artis Korea berikut dengan bangganya menunjukkan bisnis mereka. Tentu menginspirasi para entrepreneur, ya?!

Nah, siapa saja? Jom!

Andy Shinhwa

Andy Shinwa bisnis Andy Shinwa

Cr Pict: leyendasdelkpop.wordpress.com

Lee Sun ho aka Andy Shinwa adalah maknae, atau member termuda, di Boyband Shinwa. Di dalam grupnya, ia begitu diandalkan dalam nge-rap. Ia juga sudah mencoba mandiri dengan berkarier solo. Andy juga memang lihai melebarkan sayap kariernya.

Adapun bisnis yang dijalaninya yaitu perusahaan manajemen dan label musik bernama “Top Media”. Dia sudah mendirikan usaha ini sejak tahun 2007 lalu. Waktu itu namanya masih New Dream Entertainment. Memang siapa saja artis Korea besutan manajemen Andy ini?

Ada duo cowok Jumper, yang sayangnya sudah bubar. Tapi kemudian ada Teen Top, yang menjelma jadi salah-satu artis Korea terlaris. Sekarang-sekarang ini, Top Media masih menaungi beberapa artis solo dan aktor juga.

~

Ha Ji Won

Ha Ji won

Cr Pict: koreatide.com

Penggemar Drama Korea mungkin pernah menyaksikan Hwang Jini? Tentu akrab dengan wajah aktris cantik yang satu ini. Dia memang menjadi salah-satu pemerannya. Namanya melambung begitu drama sejarah ini memeroleh pujian dari dalam maupun luar negeri. Begitu pun dengan drama Empress Ki, yang semakin melejitkan popularitasnya.

Ceritanya, ketika Ji won syuting film Hwang Jini, ia cukup kesulitan untuk melakukan treatment pada kulitnya. Kesibukan membuat sang aktris tidak bisa pergi ke dermatologist secara teratur. Kulitnya pun jadi cukup galau.

Berawal dari rasa masalah, ia dan June You Gyeng (teman sekaligus seorang aromatherapist) bekerja sama membuat suatu produk kecantikan. Lahirlah “Queen’s Beauty Pack Skin Products”. Produk tersebut membantu penggunanya agar bisa merawat kulit serta mencegah iritasi bila kulitnya sensitif. Mulanya produk tersebut berbentuk gel hijau sebagai scrub dan moisturizer. Produknya kemudian berkembang pada balms dan skin oil juga.

~

Jang Geun Suk

Jang Geun suk

Nama dan wajahnya memang begitu familiar. Jang Geun suk ini selain menyanyi, juga berakting di beberapa Drama Korea terkenal. Sebut saja Love Rain, You’re Beautiful, Beethoven Virus, Pretty Man, dsb. Selain di Koreanya sendiri, aktor ini juga meraih popularitas di Jepang. Malah ia makin popular karena kerap dijuluki sebagai “Prince of Asia” atau Pangeran Asia.

Tapi ketenaran tak lantas membuat ia lengah. Apa yang dikumpulkan dijadikan modal usaha juga. Ia memiliki bisnis yang pastinya mahal, yaitu Real Estate. Bangunan yang kini menjadi haknya, awalnya dimiliki oleh komedian Seo Sae won dan isterinya, Seo Jung hee. Jang Geun suk kemudian membelinya dengan harga 8,8 juta dollar atau sekitar 123,2 milyar rupiah.

~

Jay Park

Jay Park bisnis

Cowok bertatto ini bisa disebut penyanyi, penulis lagu, rapper, penari, koreografer, aktor, produser musik dan tentu saja… mantan (?) leadernya Boyband 2PM. Entertainer serba bisa ini pun memeroleh popularitas di dunia internasional juga.

Ia makin mengagumkan begitu dirinya memutuskan untuk mengikuti ‘panggilan’ sebagai entrepreneur. Ya, dia mendirikan AOMG aka Above Ordinary Music Group. Bisnisnya itu bergerak di bisang usaha manajemen dan label musik mandiri, yang sekarang ini dikhususkan untuk jenis musik Hip Hop. Ia sebagai founder dan sahabat rappernya, Simon D, sebagai Co-CEO.

Jessica Jung

Jessica Jung

Kali ini namanya sudah resmi menjadi Jessica Jung (saja), tanpa ada tambahan Girls Generations-nya. Ya, dia mantan member GG atau SNSD yang begitu potensial. Suara dan penampilannya bagus. Jika dilihat dari banyaknya fans sekaligus haters, popularitasnya memang terbilang begitu tinggi.

Meski kejadiannya sudah setahunan (2014), namun masih terjadi diskusi atau perdebatan kenapa Jessica Jung sampai keluar atau mungkin dikeluarkan dari SM Entertainment. Entahlah. Kita fokus pada bisnisnya saja, ya.

Penggemar Kpop tentu sudah akrab atau pernah mendengar “Blanc & Eclare”. Awalnya bernama “Blanc”. Nah, Jessica Jung ini yang menjalankannya. Usahanya ini bergerak di bidang fashion yang cenderung klasik serta aksesoris. Bisnisnya ini tak hanya berdiri dan beroperasi di Korea Selatan saja. Jessica melebarkan eksistensi usahanya ke Tiongkok, Hongkong, Taiwan, Thailand, Singapura dan Malaysia juga. Untuk melihat-lihat produk Jessy atau Sica dari kejauhan, Bro-Sist bisa mengunjungi websitenya; blancgroup.com.

Baca Juga: Usaha Kafe dan Restoran Artis Korea

~

LeeSsang

LeeSSang

Cr Pict: mwave.interest.me

Sebagaimana yang kita tahu, LeeSsang adalan nama grup duo. Membernya terdiri dari Kang Hee-Gun aka Gary atau Garie sama Gil Seong joon aka Gil. Mereka sudah berkarier dari tahun 2002 dan mencetak banyak hits. Keduanya juga begitu disegani. Maklum… mereka bisa sukses tanpa proses training yang umumnya dilakukan para artis Korea. Gary dan Gil juga menulis, memproduksi lagu bahkan menyutradarai video klip LeeSsang oleh mereka sendiri.

Masih dengan kompak, keduanya mendirikan LeeSsang Company. Cakupan usaha ini cukup luas. Perusahaan ini menjadi induk atau payung di bidang industri hiburan, training, produksi, marketing, merchandise dan manajemen artis juga. Ckckck…

~

Ok Taecyeon 2PM

Ok Taecyeon

Cowok 2PM lagi. Yang jangkung, tegap dan ganteng. Oke, dialah Ok Taecyeon. Dia memang menjadi salah-satu member Boyband 2PM yang paling popular. Sang rapper di grupnya ini pun makin melebarkan karier di bidang akting, seperti dalam drama Cinderella’s Sister itu.

Salah-satu hal yang menjadi ciri khas Taecyeon yaitu menggambar kucing dengan kepala agak besar dan tubuhnya agak panjang. Sampai-sampai tanda-tangannya [un mirip seperti itu. Karena itulah, f.ans sering menjulukinya dengan panggilan “OkCats” atau “OkCat”.

Lama-lama, nama tersebut jadi popular. Taecyeon kemudian memutuskan untuk bekerja sama dengan tim promosi 2PM Jepang. Mereka lalu merilis barang-barang OKCats resmi. Ada kaus, boneka, mangkuk mie dsb. Kerennya, Taecyeon sendiri yang mendesain semua itu. Kreatif!

~

Rain

Rain Jung Ji hoon

Nama Jung Ji hoon mungkin kurang familiar, namun ‘Rain’ lain lagi. Nama artis Korea yang satu ini pasti sangat popular. Dia merupakan aktor, penyanyi, penulis lagu, penari dan produser juga. Belum lagi di kancah internasional, di mana ia bisa bermain dalam Speed Racer dan Ninja Assassin.

Dengan kerja-sama apik antara dirinya dan JYP Entertainment, dia kemudian mendirikan J. Tune Entertainment. Namun kemudian Rain menjual sahamnya pada JYP. Perusahaan itu pun melakukan merger.

Usahanya tak berhenti di JTE. Rain juga membuka “Six to Five” yang bergerak di bidang pakaian. Dia sendiri yang mendesain dan tampil sebagai modelnya. Tak hanya itu, Rain pun mencoba peruntungan lain dengan berbisnis Real Estate. Wow.

Baca Juga: Tempat Fans Bisa Mendapatkan Barang-Barang Artis Korea

~

Seo Tai-ji

Seo Tai ji

Seo Tai Ji. Bisa dikatakan dia adalah salah-satu legenda hiburan Korea. Dia menjadi ikon. Apalagi ketika di tahun 90-an silam. Namanya begitu popular sebagai penyanyi dan musisi dengan grupnya Seo Taiji and The Boys. Waktu itu, grup tersebut juga sangat naik daun.

Kali ini Seo Tai ji masih cukup kuat dengan bersolo karier. Dia juga masih menunjukkan eksistensinya di belakang panggung, baik dengan menulis lagu maupun menjadi produser beberapa artis ternama lainnnya.

Untuk usaha bisnisnya, Seo Tai ji lebih berminat di bidang Real Estate. Pada tahun 2002, dia memboyong sebuah bangunan yang terletak di Nonhyeon-Dong. Bangunan tersebut pastinya begitu menguntungkan. Menurut keterangan seorang agen Real Estate, properti milik musisi itu bisa dihargai sampai 20 milyar won, atau sekitar 18 juta dollar, atau sekitar 252 milyar rupiah. Harga tersebut bisa kembali menanjak pasca dibangunnya subway station di Line 9.

~

Seungri Big Bang

Seungri

Cr Pict: mimi-gallery.com

Ini dia maknaenya Big Bang. Seungri, senyumnya makin membuat dia terlihat kiyut saja. Nah Seungri ini meskipun kurang dari segi vokal, namun dia masih jadi sorotan karena talenta nge-dance-nya.

Tak heran kalau di mendirikan Joy Dance – Plug In Music Academy, atau orang juga sering menyebutnya dengan “Seungri Academy”. Nah dia bahkan mengumumkan kalau dirinya mendapat pendapatan rutin tak hanya dari dunia entertainment saja, namun dari bisnisnya juga. Talenta nge-dance-nya semakin membuat Seungri percaya diri untuk membawahi akademi yang ia punya.

Joy Dance – Plug In Music Academy membuka sekolah-sekolah menari Korea. Tempat belajar itu juga membuka training untuk menyanyi. Sekolah-sekolah itu tentunya sangat popular, apalagi banyak rekan-rekan Seungri dari kalangan artis yang sudah mengunjunginya. Ada Minzy 2NE1, Hyerin EXID, Goo Hara KARA, dsb. Untuk tempatnya sendiri, Seungri membukanya di Gwangju, Seoul, Mokpo dan Daejun.

Nah sekian dulu daftar artis Korea dan sekilas cerita bisnisnya. Ada yang menambahkan? Silakan… ^_^ #RD

8 Comments
  1. Arifinda D. Putri
    • deeann
  2. inda chakim
    • dee ann rose
  3. Akarui Cha
    • deeann
  4. Yesung fans
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *