12 Rapper Dunia yang Tidak Memakai Obat atau Drugs

12 Rapper Dunia yang Tidak Memakai Obat atau Drugs

Eminem rapper

Cr: hiphopshelter.com

Ada yang tertarik dengan musik rap? Atau mungkin sudah memiliki rapper favorit?

Mohon maaf, bukan bermaksud men-judge atau apa, ya. Tapi memang, beberapa lagu rap biasanya menyisipkan istilah obat-obatan terlarang. Karya-karya itu biasanya jadi ‘lagu kebangsaan’ tersendiri untuk berpesta. Mereka mengklaim kalau lagu (yang didalamnya terdapat kosakata berbau obat) serta penggunaan drugs itu bisa bikin rileks. Beban dan tekanan hidup pun serasa jadi kendor.

Di dalam lagu-lagu hip-hop itu sudah sering kita dengar istilah kokain, ekstasi, meth, codeine atau molly. Lirik dan lagunya begitu popular. Sering diputar di radio, di mobil-mobil, supermarket, dsb.

Sayang sekali, fans dari lagu-lagu tersebut biasanya merupakan remaja yang masih gamang. Mereka juga tengah dalam masa-masa pencarian jati diri, kepo dan pengin mencoba hal-hal baru. Kalau tidak bisa menyaringnya, bisa-bisa mereka tenggelam dalam rasa penasaran akan hal-hal yang tidak benar.

Namun apa semua rapper dunia yang popular itu (maaf) maké?

Ternyata ada beberapa yang justeru no drugs. Memang sih beberapa nama dalam list atau daftar ini sedikit ‘bandel’. Lagu-lagunya ada yang menyinggung soal drugs. Tapi yang mengejutkan, mereka memamg tidak melibatkan obat dalam karier dan kehidupan nyatanya.

Siapa saja? Jom!

#12. Tyler The Creator

Tyle the creator

Cr: US Weekly

“…and while you all rolling doobies, I’ll be in my bedroom scoring movies.”

Begitulah salah-satu petikan rap dari lagu Tyler. Artinya kurang lebih “… dan ketika kalian semua merokok ganja, daku akan di kamar menonton berbagai film saja”. Dia sadar kalau obat hanya akan menjatuhkannya, cepat atau lambat. Meski hidupnya memang dikelilingi ‘yang begituan’, namun rapper energetic berusaha untuk tidak ikut-ikutan.

#11. Logic

Logic rapper

Cr: vibe.com

Logic merupakan rapper kelahiran Maryland yang juga tidak menggunakan obat-obatan terlarang. Bagaimanapun, ia memiliki pengalaman kurang menyenangkan. Dulu ayahnya merupakan pencandu. Dia menyaksikan sendiri bagaimana sang ayah memperlakukan saudara lelakinya ketika tengah tergila-gila dengan drugs. Ia rasa obat-obatan memang tidak baik untuk dirinya.

#10. Lecrae

lecrae 2

Cr: selahafrik.com

Sebagian orang menganggap Lecrae sebagai rapper yang cukup agamis atau religius. Menanggapi sebutan itu, ia hanya bilang kalau tujuannya di industri rap memang sebagai pengalaman dan menuangkan inspirasi. Namun ia juga mengaku sempat menjadi follower obat-obatan terlarang. Kalau sekarang, ia sudah menjadi pribadi baru yang tidak menyentuh obat dan minuman beralkohol.

#9. Hopsin

hopsin, rapper, tweet hopsin, hopsin dan drake, kasus ghoswriter drake

Cr: musictimes.com

Rapper hardcore, tapi bukan pecandu hardcore juga. Ketika Killerhiphop mewawancarainya, Hopsin sempat menyatakan kalau ia lebih memilih ketenangan permanen di dalam kesementaraan hidup ini. Dia juga mengatakan kalau hidup tanpa drugs itu jadi keputusan terbaik. Kita jadi bisa mengendalikan diri, emosi sekaligus memahami perasaan orang lain.

Bagi Hopsin, para pecandu hanyalah orang-orang yang mencoba kabur dari kenyataan. Memang ia juga mengaku kalau hidupnya yang bebas obat itu sulit, namun manusia mesti melatih diri untuk menerapkan gaya hidup yang sehat.

#8. Kid Cudi

Kid Cudi, berhenti merokok, april fools day, tumblr kis cudi, pecandu, mantan pecandu narkoba, perokok

Cr: bluntiq.com

Yang benar saja?

Nah rapper yang satu ini sempat dijuluki sebagai ‘weed rapper’, lantaran dia begitu kesemsem dengan marijuana aka ganja. Sampai kemudian di Bulan April tahun 2011, dia membuat pengumuman kalau dirinya berhenti merokok. Karena membuat pernyataannya di bulan April, pada April Fool’s Day pulak, orang-orang pun menganggap Kid Cudi tengah bercanda.

Namun nyatanya sang rapper memang serius. Di halaman Tumblr-nya dia menyatakan kalau orang yang mengritik keputusannya untuk bebas obat justeru menjadi pihak yang tidak memerdulikannya. Mestinya mereka bahagia dan mendukung kehidupan positifnya, bukan malah menghujaninya dengan protes.

#7. Common

Common rapper menang oscar

Common merupakan rapper kelahiran Chicago yang memenangkan Piala Oscar. Salah-satu ciri khas lagunya adalah liriknya yang inspiratif dan sosialis. Hal lain yang membuatnya istimewa yaitu bebas narkoba. Memang, Common kerap bergabung dengan berbagai pesta elit ala Hollywood. Dan ketika barang haram tersebut mengelilingi dirinya, sang rapper bergeming dan berusaha untuk tidak menyentuhnya. Common memilih gaya hidup sehat dan berolahraga untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

#6. Andre 3000

andre 3000

Andre 3000 merupakan nama panggung dari Andre Benjamin. Dia merupakan salah-satu member dari grup musik rap bernama Outkast. Dari sekian hal yang menjadi kekhasannya yaitu gaya berpakainnya yang kadang aneh. Meski demikian, dia diyakini tidak mengkonsumsi obat yang aneh-aneh.

Semasa ia masih labil, Andre memang mengaku sempat kenal dengan ‘barang tersebut’. Namun suatu hari dia melakukan introspeksi diri dan merasa hidupnya memburuk. Karena itu ia memutuskan untuk memutuskan tali hubungan dengan obat maupun minuman. Kali ini dia bahkan menjadi vegan atau pemakan sayuran. Life style atau gaya hidupnya tentu berangsur-angsur lebih sehat dan tertata.

#5. Chamillionaire

Chamillionaire

Keluarga, teman dan rekan kerja Chamillionaire memastikan kalau sang rapper bukanlah pengguna obat-obatan terlarang. Penyanyi yang juga dipanggil King Koopa ini juga sedikit lain dari seleb lainnya. Kalau ke mana-mana, dia tidak menggunakan jasa bodyguard. Chamillionaire seakan-akan pengin membuktikan pada fans kalau ia ingin dilihat sebagai manusia normal seperti biasa. Selain di industri musik, dirinya juga menyibukkan diri dengan menajdi entrepreneur atau pebisnis.

#4. J.Cole

J Cole

Pada tahun 2011, J. Cole menghentikan kebiasaan merokoknya. Pada waktu itu juga ia memproduksi berbagai lagu yang menceritakan pengalamannya, tentang bagaimana keputusannya menepikan ganja. Penggemarnya semakin jatuh cinta.

Belum lagi dengan kebaikan yang ia sisipkan di dalam lagu-lagunya. J.Cole sering menyinggung tentang keharusan menghormati kaum perempuan. Dia bahkan sengaja membeli rumah dan menyewakannya secara gratis pada ibu-ibu muda sampai mereka bisa mandiri atau berdikari.

#3. Eminem

Eminem hugs, eminem

Cr: reddit.com

Marshall Mathers lebih kita kenal sebagai Eminem. Rapper ganteng ini memulai debut dengan ngerap lagu-lagu tentang obat, serta kenakalan yang ia lakukan saat sakaw. Namun sekarang semua lagu sudah tinggal kenangan. Ia sudah sadar. Bahkan ketika konser di kampung halamannya, Detroit, Eminem sempat berhenti dan menyatakan pada fansnya kalau dia sudah tidak melakukan ‘hal itu’ lagi. Pernyataan itu tentu menjadi pertanda baik tersendiri.

#2. Macklemore

Macklemore

Cr: hiphopdx.com

Dulu Macklemore merupakan pecandu narkoba. Tapi karena itulah ia memutuskan untuk mundur dan menjauh. Di tahun 2011, ia bahkan merayakan ‘anniversary’ perpisahannya dengan narkoba dalam twitter. Katanya,

“Very surreal…3 years ago today I got sober.”

atau

“Aneh tapi nyata…  3 tahun yang lalu hari ini daku sudah sadar dan tertata.”

Kejadian itu jadi inspirasi tersendiri bagi para fansnya. Tak lupa, Macklemore juga mengekspresikan betapa berterima kasihnya dia pada semua sahabat dan keluarga yang sudah mendukung dan menolongnya. Sebagai hadiah lain yang patut ia syukuri, Tricia Davis (isterinya) melahirkan seorang bagi perempuan. Tentu sang rapper ingin semakin memperbaiki diri sebagai teladan bagi sang anak kelak.

#1. 50 Cent

50 cent

Cr: wallpapercave.com

Seperti cerita yang lain, 50 Cent juga termasuk orang yang dulunya memiliki ikatan khusus dengan minuman dan obat-obatan. Dia pun tahu persis bagaimana drugs itu bisa menghancurkan seseorang dengan pelan tapi pasti. Dalam sesi wawancara dengan Piers Morgan, 50 Cent juga sempat menyatakan kalau dia memiliki pengalaman buruk dengan alkohol dan merasa paranoid. Karena itu, dia pun menjauh. Sementara grup yang sudah ikut melambungkan nama 50 Cent, G-Unit, juga memberi konfirmasi kalau sang rapper ini sudah menjadi penyanyi dan bisnisman yang ‘bersih’.

Kecenderungan orang dalam bermusik memang berbeda-beda, ya. Seperti menikmati makanan, menyantap musik pun bisa beragam seleranya. Namun yang terpenting kita bisa menyaring efek buruknya. Sebaliknya, kita coba menghisap kebaikannya saja. Nah, demikian 12 Rapper Yang Tidak Memakai Obat atau Drugs. #RD

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *