5 Aplikasi Kesehatan Android Paling Popular 2015

5 Aplikasi Kesehatan Android Paling Popular 2015

aplikasi kesehatan untuk android

Cr: sitech.edu.in

Pasca lebaran haji kemarin, apa ada yang mempertimbangkan kesehatan? Lho, apa hubungannya?

Begitu sebuah selebrasi usai, biasanya permasalahan akibat kelalaian manusia akan nampak. Begitu pula dalam perayaan lebaran, entah idul fitri mau pun idul adha. Acara sakral nan membahagiakan tersebut seringkali membuat kita lupa.

Salah-satunya; segala makanan ditelan.

Kandungan dan porsinya pun tak diperhatikan. Sate kambing, gulai, sop sapi, rendang kerbau (?), sirop aneka warna, softdrink, dsb, masuk bertubi-tubi. Padahal agama sudah memperingatkan kalau berlebih-lebihan itu kurang baik. 🙂

Namun sekarang, di zaman android seperti ini, kita diberi keleluasaan untuk memburu berbagai aplikasi yang terpajang di Google Play Store. Ada permainan, antivirus, aplikasi mendidik, dsb, termasuk aplikasi kesehatan juga. Dengan begitu, kita tidak perlu pergi ke dokter untuk sekadar mengecek atau memantau keadaan tubuh.

Nah untuk lebih lanjutnya, jom kita bahas!

#1. Instan Heart Rate

Instan Heart Rate

Cr: mobileinsider.net

Aplikasi yang satu ini bermanfaat untuk mengukur detak jantung. Kita bisa menggunakan kamera yang terdapat dalam android, lalu degup organ vital kita pun bisa terdeteksi. Aplikasi yang eksklusif ini berbayar, ya. Tapi bagi sebagian orang, tentu harga yang dikeluarkan memang sepadan dengan pelayanan yang diberikan. Toh ke dokter untuk memeriksa apapun juga pasti bayar. Hehe…

#2. Stress Check Pro

stress-check-pro

Cr: 148apps.com

Penggunaannya mirip seperti Instan Heart Rate, yakni dengan mengarahkan kamera ke bagian-bagian tertentu. Setelah itu baru sistem akan memberitahukan setinggi apa level stress kita di waktu-waktu tertentu pula. Wuih… Tapi tak hanya itu, Stress Check Pro ini bisa dimanfaatkan ketika kita hendak melakoni pemulihan fisik. Tak ada salahnya untuk mencoba.

#3. Glucose Buddy

Glucose-Buddy

Cr: topapps.net

Glucose Buddy memang bisa menjadi ‘sahabat’ yang membantu mengawasi dan menghitung kadar gula dalam tubuh. Aplikasi ini juga bisa memberi informasi pada kita tentang seberapa besar tingkat konsumsi karbohidrat, berapa dosis insulin dalam tubuh, dsb. Dengan demikian, kita bisa juga memanfaatkannya sebagai pengontrol atau alarm gula darah. Kabar baiknya, ‘teman yang baik hati’ ini bisa didownload secara free aka gratis.

#4. WebMD

WebMD aplikasi

Cr: platform-online.net

Aplikasi yang cukup difavoritkan banyak orang. Salah-satu keutamannya adalah kemampuan WebMD untuk memberi informasi sebanyak 4 tingkatan. Pertama, memberitahu keadaan kesehatan secara detail atau lengkap. Kedua, memberitahu pertolongan pertamanya. Ketiga, memberitahu cara pengobatan. Dan terakhir, aplikasi ini juga bisa membisikkan lokasi pengobatan atau Rumah Sakit terdekat yang bisa jadi tujuan. Bagi yang tertarik, bisa dicoba. Dan tak perlu khawatir, WebMD ini juga termasuk aplikasi gratisan.

#5. Ipharmacy

iPharmacy aplikasi

Cr: geeknaut.com

Sesuai namanya, aplikasi yang satu ini bertugas untuk memberi info terkait obat-obatan untuk penyakit tertentu. Biasanya info obat tersebut disertai juga dengan bocoran harga pertabletnya. Ipharmacy juga kerap memberi masukan pada penggunanya, terkait cara melakukan pengobatan atas apa yang kita keluhkan.

Namanya juga perkembangan zaman ya, Bro-Sist. Segalanya sudah serba canggih. Namun perlu kita ingat bersama kalau aplikasi merupakan perangkat digital yang TIDAK HARUS diyakini 100%. Perlu pengecekan secara manual dan oleh pihak yang ahli di bidangnya juga.

Aplikasi sekadar gambaran, bukan ‘kiblat’ dari proses pengobatan yang mesti kita lakukan. Bagaimanapun… tak hanya manusia, sistem buatannya pun (baca: aplikasi) bisa melakukan kesalahan juga. Iya, ‘kan? #RD

2 Comments
  1. Fahmi
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *