6 Aplikasi Android Terbaik untuk Belajar dan Mengasah Bakat Anak

6 Aplikasi Android Terbaik untuk Belajar dan Mengasah Bakat Anak

Gadget untuk anak, aplikasi android yang tepat untuk anak

Pict on: engage.babyoye.com

Pemakai Android itu rata-rata berumur berapa, sih?

Daku langsung bertanya karena memang belum tahu, ya. Hehe… Yang jelas penggunaannya memang sudah tak kenal batasan usia. Bisa deh kita tengok kiri-kanan. Banyak orang tua yang sudah ‘merestui’ anak-anaknya untuk menggunakan smartphone atau tablet.

Bijak enggak, sih?

Well, mungkin banyak yang menuding kemajuan zaman juga. Tapi sebagai ayah-ibu atau om-tante atau orang yang lebih tua… kita memang harus selektif, serta rajin melakukan pengontrolan terhadap gadget yang sudah diberikan kepada anak. Lagipula, gadget pun memiliki segudang manfaat.

Seperti sekarang-sekarang ini. Banyak juga aplikasi-aplikasi edukatif yang dapat digunakan pada smartphone atau tablet. Kita tinggal mampir ke Google Play Store, lalu di dalamnya akan ada berbagai pilihan aplikasi. Tepikan dulu yang tidak perlu. Kita mesti fokus memilih aplikasi yang bagus, yang sekiranya memiliki 3 manfaat bagi anak, keponakan, cucu atau anak-anak orang lain di sekitar kita. Tiga manfaat itu adalah:

  • Bisa dimanfaatkan sebagai sarana belajar.
  • Sebagai pengasah bakat bagi anak.
  • Bisa menghindarkan anak dari kecanduan nge-game.

Apa saja aplikasi tersebut? Jom!

#1. Kids Song English

Aplikasi Kids Song English

Bahasa Inggris dan bernyanyi. Menyenangkan, bukan? Aplikasi ini cocok jika kita hendak mengajarkan bahasa internasional ini sejak dini, sambil nyanyi-nyanyi. Daripada dia rewel dan kita menggosip, aplikasi ini juga bisa jadi alternatif. Mumpung daya ingatnya belum dikacaukan sama masalah politik, cinta, uang, dsb. Jadinya kosakata yang diserap bisa banyak, gitu.

~

#2. Princess Coloring Game

Aplikasi Princess Coloring Game

Ada yang bilang, aplikasi ini cenderung untuk anak perempuan. Namun kita juga bisa mengenalkannya pada bocah laki-laki, siapa tahu memiliki minat juga. Iya, ‘kan? Dengan aplikasi ini, anak belajar bagaimana cara memberi pewarnaan yang baik dan benar terhadap gambar atau objek. Biarkan mereka berimajinasi sesuai keinginannya. See? Anak dapat melatih imajinasi dari dini, melatih kepekaan terhadap warna, memupuk jiwa serta membuat kreasi seni juga.

~

#3. Animal For Kids

Aplikasi #3. Animal For Kids

Jika anaknya belum masuk TK, kita bisa menyodorkan aplikasi yang satu ini. Sesuai namanya, anak akan belajar tentang jenis-jenis hewan. Para binatang itu pun akan secara otomatis mengeluarkan suaranya. Selain menjadi daya tarik, juga sebagai pengenalan sejak awal terhadap anak tentang makhluk hidup.

~

#4. Scripto Schola Write the ABC

Aplikasi Scripto Schola Write the ABC

Baik anak penulis atau bukan, yang satu ini juga tak kalah penting. Aplikasi ini akan mengajarkan mereka tentang cara menulis serta mengucapkan huruf. Dengan demikian, anak akan lebih familiar ketika ia mulai belajar menulis di atas kertas atau buku nantinya.

~

#5. Baby’s Health by BabyBus

Aplikasi Baby’s Health by BabyBus

Anak-anak memang memiliki banyak kebiasaan buruk, ya? Hehe… nah salah-satunya yaitu tidak suka merawat atau mendengar nasihat tentang pentingnya kesehatan gigi. Padahal gigi itu perlu diperhatikan ketika mereka masih dalam masa pertumbuhan. Untuk itu, aplikasi ini hadir untuk ‘mewakili kita’. Baby’s Health by BabyBus bisa mengajarkan tentang pentingnya merawat kebersihan dan kesehatan gigi. Tak perlu khawatir, metodenya sudah didesain sedemikian rupa sehingga akan disenangi oleh anak-anak.

~

#6. Read Me Stories Kids Books

Aplikasi Read Me Stories Kids Books

Aplikasi menulis sudah, maka kita bisa lengkapi dengan aplikasi membaca juga. Yyang satu ini lebih cocok untuk anak yang masih TK, SD awal atau memang bagi anak-anak yang belum lancar membaca kosakata, khususnya yang berbahasa Inggris. Read Me Stories Kids Book akan merangsang anak untuk membaca tulisan yang muncul dalam layar. Untuk menambahk efek fun, aplikasi ini menggunakan animasi atau gambar yang menarik.

Well…

Pemberian gadget terhadap anak bisa menjadi awal untuk sebuah masalah, atau sebaliknya bisa menjadi permulaan untuk kebaikan. Seperti 6 Aplikasi Android terbaik untuk belajar dan mengasah bakat anak ini, misalnya. Tergantung bagaimana kebijakan kita. Iya, ‘kan? #RD

2 Comments
  1. Nandira
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *