8 Tips Jitu Agar Bisa Menguasai Kelas Ketika Mengajar Hari Pertama

8 Tips Jitu Agar Bisa Menguasai Kelas Ketika Mengajar Hari Pertama

8 tips jitu agar bisa menguasai kelas ketika mengajar untuk pertama kalinya petaenglish wordpress com

Cr: petaenglish.wordpress.com

Ada ada yang sedang galau karena hendak mengajar di hari pertama, Bro-Sist?

Kalau kebetulan mampir ke postingan ini, rasanya tepat sekali. Tulisan berupa tips ini cocok dibaca bagi pengajar yang hendak mengajar untuk pertama kalinya. Daku rasa bisa berlaku bagi guru TK/ PAUD, SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA, guru mengaji, guru les/ kursus, guru PPL atau praktikan, guru ketika KKN, maupun dosen sekalipun.

Daku beruntung bisa mendapatkan tips ini, membaca sekaligus sharing di blog ini. Kebetulan sekali sebentar lagi siswa/siswi baru di Lembaga Kursus akan segera memulai Kegiatan Belajar Mengajar aka KBM. Tentu daku tak bisa bersikap laiknya pada murid-murid yang sudah lama bertemu, ya?!

Bagaimanapun, boro-boro daku… terkadang para pengajar lama pun seperti kembali diuji mentalnya ketika mesti menghadapi murid baru. Nah, kebetulan tips ini juga hadir dari sumber yang terpercaya. Tips ini datang dari Pak Arief Subiyanto, seorang dosen yang pastinya sudah berpengalaman.

Daku tidak akan mengedit banyak, hanya membentuk paragrafnya menjadi poin-poin saja, ya. Biar lebih nyaman kita simak, begitu. Jangan dilewatkan, ya?! Jom! ^_^

~

Tips praktis menguasai kelas sebelum mengajar pada pertemuan pertama. Ini bocoran buat para dosen muda atau dosen tua yang masih merasa muda (kemampuan mengajarnya).

#1. Datanglah Lebih Dini atau Lebih Awal

Sebelum menemui mahasiswa kelas baru untuk pertama kalinya, ada baiknya anda amalkan trik sederhana ini. Datanglah pagi-pagi atau sedini mungkin ketika kelas tempat anda akan mengajar masih kosong. Kalau perlu lakukan jauh-jauh hari sebelum anda mulai mengajar.

~

#2. Perhatikan Keadaan atau Suasana Ruangan Kelas

Berapapun kelas atau offering yang akan anda bina, tengok ruang kelas dan kondisi gedungnya. Bersihkah? Kotorkah? Lengkap dan canggihkah peralatannya? Ada proyektor LCD? Ada sound system? Ada pengeras suara? Suasana ruangan megah atau mengenaskan?

Kesan yang anda tangkap tidak akan jauh berbeda dengan apa yang dirasakan para mahasiswa yang merasa membayar mahal untuk kuliahnya. Maksud saya, sikap mereka di kelas anda mungkin sudah dipengaruhi atau dibentuk oleh kondisi fisik gedung dan ruang kelasnya.

Biarpun sampeyan hebat seperti Einstein, kalau ruang kelasnya kotor, kumuh dan mencitrakan kemiskinan, jangan harap bisa menciptakan forum akademik yang bergelimang kewibawaan.

Baca Juga: 10 Kunci Agar Menjadi Guru yang Ideal

~

#3. Lihat susunan / deretan kursi yang ada

Hitung berapa jumlahnya. Sempatkan membuat peta komposisi tempat duduk di kelas anda. Begitu mahasiswa masuk satu persatu, panggil nama mereka di buku absen, lalu di peta kursi tadi anda tandai di mana posisi duduk mereka. Dengan kata lain anda bisa tahu persis misalnya si Amir duduk di deretan belakang pada kursi nomor 7, si Anita duduk di baris tengah nomor sembilan.

~

#4. Hal yang mesti Dilakukan Ketika Hendak Bertanya atau Menyuruh Sesuatu

Kapan saja anda mau bertanya atau memberi perintah kepada seorang mahasiswa, anda bisa cek peta lokasi itu, menunjuk atau mendekati mereka sembari menyebut namanya. Efeknya akan terasa. Bisa jadi mereka heran atau takjub, bagaimana pada tatap muka pertama seorang dosen bisa tahu persis nama mereka.

Taktik ini lebih telak efeknya pada saat anda menegur oknum mahasiswa yang bikin kacau atau gaduh di kelas. Tunjuk hidungnya sambil menyebut namanya, saya jamin manusia itu pasti rontok nyalinya.

~

James Franco ngasih two thumbs up

OMG! Dapet “thumb up” dari James Franco!

#5. Agar Mental Lebih Siap dan “Menang”

Banyak keuntungan bisa anda petik dengan hadir lebih awal sebelum majikan-majikan kita yang bernama mahasiswa itu berdatangan. Secara mental kita lebih siap dan menang. Kita sudah duluan menguasai atau menciptakan suasana di kelas. Lain ceritanya dengan dosen yang (selalu) datang terlambat. Kita datang saat ruangan sudah full-house, anak-anak itu gaduh dan mengobrol sendiri-sendiri… Dengan hadir lebih dini kita bisa mengamati satu persatu karakter dan tingkah polah mereka. Banyak pertanyaan yang bisa kita ajukan pada mereka.

~

#6. Kita bisa berbincang sejenak sebelum seluruh peserta tiba

Kedekatan yang tercipta dengan sejumlah mahasiswa yang datang awal sangat menguntungkan pengajar. Setidaknya kita bisa lebih menguasai atau mengendalikan mereka. Kita tahu siapa ketua kelasnya, siapa sekretarisnya, siapa saja mahasiswa yang punya karakter unik dan berpotensi mengacau suasana kelas kita.

Baca Juga: 7 Ciri Utama Dari Guru yang Ideal dan Difavoritkan Murid

~

#7. Arahkan Menurut Skenario yang Sudah Disusun

Kalau anda sudah nyaman dan merasa percaya diri di tengah-tengah mereka, terserah bagaimana anda mau mengarahkan skenario selanjutnya.

~

#8. Pertimbangkan Hal Lainnya Juga

Apapun motif dan alasan anda sebagai pengajar, pengenalan dan penguasaan medan mutlak perlu, disamping penguasaan materi dan strategi PBM. Good luck.

~

Demikian “tips menguasai kelas untuk pengajar yang mengajar pertama kali” dari Pak Arief Subiyanto ini, Bro-Sist. Tips singkat yang sangat berpengaruh terhadap penampilan perdana kita di kelas. Tips yang juga bisa memberi kesan yang kuat, kepercayaan diri yang tinggi dan seperti yang Pak Arief bilang… kemenangan secara mental. 🙂

Nah, buat yang hendak mengajar untuk pertama kalinya… good luck! #RD

6 Comments
  1. Arum
    • deeann
  2. mia
    • deeann
  3. onklik baca
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *