Artis Korea dan Cerita Keluarga “Broken Home” Mereka

Artis Korea dan Cerita Keluarga “Broken Home” Mereka

Artis korea dan cerita keluarga broken home mereka

Cr: family.lovetoknow.com

Apa sih arti keluarga di mata kamu, Bro-Sist?

Sebelum siapapun di dunia ini, keluarga menjadi sosok-sosok terdekat yang mengenal dan hidup lama dengan kita. Keluarga jadi tempat berlindung, tempat pulang juga tempat kita mulai belajar banyak hal. Sayang, tak semua keluarga bisa harmonis. Tak semua cerita di dalamnya bisa terasa manis.

Beberapa keluarga mesti mengalami yang namanya… broken home.

Nah, broken home itu sendiri tidak selamanya mesti bercerai. Bisa saja orang tuanya masih menyatu, namun keadaannya sudah tidak utuh. Sudah… ‘sakit’ (?).

Meski begitu, menjadi ‘produk’ broken home bukan berarti hilang kesempatan untuk meraih kesuksesan. Banyak hikmah menjadi anak broken home. Salah-satunya mental yang sudah ditempa sedemikian rupa, sehingga jadi lebih tangguh dan dewasa.

Artis-artis Korea berikut ini, misalnya. Di mata kita, mereka tak ubahnya sebagai seorang idola yang dielu-elukan fansnya. Pakaian dan penampilannya necis serta mewah. Namun kita tak tahu… ternyata mereka mesti melewati terjalnya kesulitan hidup sebelum berada di posisinya yang sekarang.

Nah siapa saja artis Korea tersebut? Jom!

#1. Dara aka Sandy aka Sandara Park 2NE1

Sandara Park 2nE1

Dara dan keluarga pindah ke Filipina ketika usianya masih 10 tahun. Mereka memulai usaha dagang. Namun sayang, niat baik tidak selamanya lancar. Ayahnya tergoda oleh kegiatan perjudian. Ia pun mesti jadi tulang punggung bagi keluarganya. Namun lagi-lagi, uang yang ia hasilkan akan digunakan dengan salah oleh ayahnya sendiri.

Sampai-sampai, suatu hari Dara ‘rela’ berpose ‘berani’ di suatu majalah. Memang semua itu ditujukan untuk uang, karena kebutuhannya begitu mendesak. Ia juga berpikir kalau keputusannya itu bisa mengukuhkan kariernya. Sayang, kariernya malah anjlok.

Fans mulai berkurang, kontraknya tidak diperbaharui dan tawaran job begitu sepi. Otomatis, kondisi keuangannya pun turun drastis. Belum lagi ayahnya terlilit utang. Bahkan dia mesti ditangkap. Pada tahun 2007, Dara pun memutuskan untuk kembali ke Korea dan memulai karier di sana. Dan memang, Korea adalah rumah sekaligus tempat di mana kariernya mulai menanjak. Bisa kita lihat, siapa dan bagaimana popularitas seorang Sandara Park.

#2. Junjin (Shinwa)

Junjin Shinwa

Dibalik karier Shinwa yang menanjak, Oppa yang satu ini ternyata pernah mengalami masa-masa yang begitu sulit. Ketika dia masih begitu belia, orang tuanya bercerai. Sebagaimana kita tahu, ayahanda beliau adalah Charlie Park (penyanyi). Pada waktu itu keadaan ekonomi keluarganya mengkhawatirkan. Sehingga membuat ibu kandungnya sendiri tak tahan dan memilih ‘lari dari tanggung jawab’.

Junjin kecil pun ada di bawah asuhan neneknya. Sementara ayahnya… ketika Junjin remaja, sang ayah sudah menikah lagi dan bercerai (lagi). Begitu pada pernikahan ketiga, akhirnya Junjin memiliki ibu tiri yang menyayanginya dan seorang adik perempuannya seperti anak-anaknya sendiri.

Ibunya itu bahkan mempertemukan Junjin dengan ibu kandungnya kembali. Bagaimanapun, ibu kandung tak bisa tergantikan oleh apapun. Sang ibu sudah memiliki keluarga baru, serta seorang anak laki-laki. Konon saudara Junjin tersebut mirip dirinya. Sayang, Junjin tidak bisa bertemu secara rutin. Namun ia berusaha untuk memperbaiki dan menjaga hubungan. Ia juga berharap agar saudara-saudara tirinya tidak mengalami kesengsaraan bathin yang sama dengan dirinya.

#3. Leeteuk Super Junior

Leeteuk super junior

Cr: Instagram Leeteuk [@special_js1004]

Pada tahun 1988, ketika leader Super Junior ini masih 5 tahun, orang tuanya bercerai. Perpisahan tersebut dilakukan secara baik-baik. Leeteuk, yang jadi Si Bungsu dari 2 bersaudara, belum terlalu memahami kenapa orang tuanya berpisah.

Selain mesti menelan kenyataan kalau orang tuanya bercerai, Leeteuk juga kerap mendapat kekerasan fisik dari ayahnya. Tak heran kalau Leeteuk seperti tak memiliki rasa apa-apa terhadap ayahnya, selain rasa takut dan takut. Hari-harinya begitu pahit dan suram.

Bisa dimaklumi kalau Leeteuk, yang sekarang penuh tawa dengan lesung pipitnya, masih tetap berurai air mata ketika menceritakan kisah keluarganya. Lebih tragis lagi, sang ayah malah membunuh kakek-neneknya. Dia lalu bunuh diri setelahnya. Waktu itu Leeteuk sedang melaksanakan Wajib Militer. Oh… :/

#4. Yoona SNSD/ Girls Generation

yoona

Cr: Twitter @SNSD1Heart

Sudah jadi rahasia umum kalau “ibu” adalah topik yang sensitif di kalangan member SNSD atau Girls Generation. Selain akan merasa sedih, rindu dan perasaan tiba-tiba ‘gimana gitu’, mereka juga menghormati member lain yang memiliki kisah kurang mengenakkan tentang ibu.

Ibu Tiffany sudah meninggal. Lalu, Im Yoona… ketika dia masih sangat muda, orang tuanya bercerai. Yoona berada di bawah asuhan ayahnya. Ia juga hidup dengan kakak perempuannya. Otomatis, gadis cantik ini seperti tidak memiliki momen dengan ibunya.

Sebenarnya ia tidak terlalu banyak menguak kisah pribadinya. Bisa kita maklumi kenapa ia begitu tertutup. Bagaimanapun, masa lalu pahit yang terbongkar akan kembali membongkar kesedihannya.

Bisa kita tengok bagaimana Yoona ketika SNSD/ GG mesti menyanyikan lagu “Dear Mom”. Dia tidak terlalu antusias. Bisa kita perhatikan juga, bagaimana Yoona ketika mendapat penghargaan. Ucapan terima kasihnya hanya tertuju pada sang ayah. Duh… dibalik tawa lebarnya, ternyata gadis kelahiran 1990 memiliki riwayat yang cukup menyayat.

~

Siapa lagi, ya? Nah mungkin segitu dulu yang daku tahu…

Well, kejadian nahas yang menimpa keluarga memang seperti jadi pelajaran tersendiri. Termasuk padaku. :/

Dan selama masih bernapas, kita masih berkesempatan untuk mengganti airmata dengan senyum ceria. Bagaimanapun, setiap orang berhak mendapat kebahagiaan yang diimpikannya. Termasuk juga Artis Korea dari keluarga broken home di atas. #RD

4 Comments
  1. Arum
    • deeann
  2. Amirah Hilyatunnisa
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *