Duet Menulis Cerpen Romantis

Duet Menulis Cerpen Romantis

menulis cerpen duet

Pict on: writermag.com

Pernah melakukan sesuatu secara duet, Bro-Sist?

Untuk beberapa hal, duet menjadi sesuatu yang mengasyikkan. Menyanyi, misalnya. Entah di panggung, di tempat karaoke atau di pinggir jalan sampai matahari saja langsung terbenam mendengarnya. 😀

Duet menjadi salah-satu cara untuk berbagi perhatian, berbagi kepercayaan dan berbagi ruang untuk diisi. Rasanya aneh kalau lagu “Piano”-nya Bang Rhoma Irama dinyanyikan sendiri. Kurang ‘afdhol’ juga jika lagu T2 hanya dinyanyikan oleh Tika atau Tiwi (saja).

Namun ada beberapa hal yang membuat duet jadi sesuatu yang menantang. Duet ngedrum, duet menulis lirik lagu, duet buka usaha, dll. Termasuk juga duet membuat cerpen. Tapi inilah Grup Untuk Sahabat aka UNSA dengan pendirinya yang super inovatif dan kreatif.

Disusun oleh Uncle Dang Aji Sidik

Syukur alhamdulillaah… ajang UNSA Ambassador tahun 2016 masih berjalan dengan lancar. Kini para finalis sudah mengerucut jadi 6 orang. Itu artinya sudah masuk tantangan tugas 3. Nah berikut ini ketentuannya:

  1. Finalis Top 6 akan dibuat menjadi 3 grup menulis duet; Mas Umar & Mbak Ajeng, Mas Vendo & Mbak Anung D’Lizta serta Mas Ilham & Mbak Tia.
  2. Setiap grup masing-masing membuat sebuah cerpen duet bertema: Satu Hari yang Ingin Kuingat.
  3. Genre: Romance
  4. Di dalam cerpen harus mengandung sebuah puisi minimal 2 paragraf.
  5. Sudut pandang bercerita menggunakan POV 1
  6. Aturan naskah: 5 s/d 6 halaman, kertas A4, spasi 1.5, TNR 12, margin standar.
  7. Pada naskah tidak perlu melampirkan biodata hanya menulis nama pena 2 finalis di bawah judul cerpen.
  8. Naskah dikirim oleh salah satu wakil grup ke email: unsam016@gmail.com, subyek : “tugas 3 unsam 2016”.
  9. Batas waktu mengirim naskah: 19 s/d 24 Sept 2015, jam 12 siang.
  10. 1 grup dengan nilai terendah dari juri undangan akan masuk bottom 2. 1 finalis akan tereliminasi dan 1 lagi akan diselamatkan oleh admin Unsa.

Silakan finalis Top 6 untuk segera mencari ‘jodohnya’ masing-masing, bebas memilih, dan jika sudah dapat pasangan menulis duet untuk segera langsung memberitahu Uncle DAS via inbox.

Selamat menulis,

-Pansel Unsam 2016

~

Nah dulu ketika masih kuliah, daku pernah mengikuti ajang lomba cerpen duet juga. Temanya sama-sama romantis. Waktu itu daku duet dengan seorang teman asal Mataram. Kami sepakat untuk ‘tidak puas’ akan hasilnya. 😀

Memang susah. Membaurkan dua orang dengan isi pikiran dan gaya berbahasa yang beda itu menjadi tantangan tersendiri. Tapi kalau ada yang pengin baca, ini dia cerpennya; Ada Rasa Dari Cita Rasa. 🙂 #RD

One Response
  1. kangjum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *