Persamaan dan Perbedaan Emoji – Emoticons

Persamaan dan Perbedaan Emoji – Emoticons

perbedaan emoji dan emoticon

Cr: cliparts.co [editted]

Ketika bertukar pesan, apakah Bro-Sist suka menyertakan simbol?

Semakin banyak dan berkembangnya media sosial,  orang cenderung lebih menyukai pesan tertulis daripada menelpon langsung. Bisa saja dalam sehari, kita tidak menelpon atau ditelpon orang. Namun rasanya hampir tiap hari kita akan saling tukar pesan. Entah via ponsel, aplikasi BBM, WhatsApp, inbox fesbuk, dsb.

Banyak alasan kenapa orang lebih menyukai aktivitas texting. Namun salah-satu kekurangan dari aktivitas komuniksi yang satu ini yaitu seakan-akan ‘tidak memiliki emosi’, ‘garing’ dan kerap memunculkan kesalahpahaman. Kadang tidak se-clear  seperti ketika berbicara. Kalau dengan ngobrol, kita bisa ‘mengintip’ emosi seseorang. Baik dari raut wajah, nada, intonasi, volume, gesture, pilihan kata, dsb.

Karena itu, ‘produsen’ emoji dan emoticon mulai banyak bermunculan. Hal ini tentu disambut baik oleh para pemakai layanan pesan singkat. Isi teks pun jadi lebih ekspresif dan menyenangkan.

Sejarah Emoticon dan Emoji

penemu emoji

Shigetaka Kurita [Cr: digitaltrends.com]

Sebagian besar dari kita tentu pernah memanfaatkan masa-masa awal eksistensinya emoticon. Dulu emoticon bukan berupa gambar, melainkan hanya kolaborasi simbol di keyboard. Simbol tersebut kemudian seolah-olah membentuk wajah. Misalnya “:-D”, “:-/”, “:-)”, dsb.

Tahukah kamu, siapa orang dibalik penciptaan emoticon itu?

Scott Fahlman yang menemukan emoticon penemu emoticon

Scott Fahlman [Cr: symmetrymagazine.org]

Pada tahun 1982, Scott Fahlman menjadi laki-laki yang berperan banyak untuk kemunculan emoticon ini. Dulu namanya bukan emoticon, melainkan “typographic art”. Lalu pada tahun 1999, Shigetaka Kurita muncul dengan emojinya. Waktu itu jumlahnya ada sekitar 176 gambar emoji.

Pengertian dan Persamaan Antara Emoji – Emoticons

emoticon dan emoji

Emoji berasal dari Bahasa Jepang. Artinya yaitu “gambar yang berkarakter”. Istilah ini digunakan untuk simbol ‘smiley’ di Jepang. Mereka biasa menggunakannya dalam pesan teks atau halaman elektronik. Namun popularitas emoji berangsur-angsur menanjak, bahkan sampai ke luar Jepang.

Sedangkan emoticon artinya didapat dari kombinasi antara ‘emotion’ dan ‘icon’. Memang tujuan pembuatannya mirip dengan emoji. Para pengguna pesan singkat bisa mengungkapkan perasaan, emosi atau mood yang dirasakan ketika bertukar teks.

Perbedaan Tipis Emoji dan Emoticon

macam macam emoji dan emoticon

Cr: trucchifacebook.com

Mayoritas dari kita mungkin tidak terlalu mempermasalahkan emoji dan emoticon. Sehingga kita memandangnya sebagai sesuatu yang sama saja. Padahal keduanya berbeda. Emoticon cenderung berisi wajah-wajah yang menggambarkan emosi atau mood kita. Kalau emoji, gambaran ekspresinya tidak terbatas pada wajah saja.

Akhir-akhir ini, emoji berkembang pesat. Ada gambar bangunan, kue, hewan, matahari, kendaraan, balon, dsb. Gambar-gambar tersebut bisa mewakili apa yang hendak kita sampaikan, walau tanpa kata-kata. Misalnya ketika seseorang mengirimkan emoji berupa gambar meja dan piring yang berisi makanan, kemungkinan orang tersebut mengundang atau mengajak kita makan.

Baca Juga: Etika Ketika Diundang Jamuan Makan

Jelaslah sudah, kalau tujuan emoji cenderung lebih luas. Emoji tidak hanya sebatas pengungkapan emosi, mood atau perasaan semata. Gambar-gambar yang terkandung di dalamnya bisa juga sudah berisi pesan tersendiri.

Namun sekarang-sekarang ini, sudah banyak emoticon yang menyatu atau berkolaborasi dengan emoji-nya Jepang. Selain lebih menarik, juga dianggap lebih praktis untuk digunakan sebagai media komunikasi.

Di mana kita bisa mendapatkan emoji dan emoticon?

tempat emoji dan emoticon

Cr: netneet.eu

Layanan ini terdapat di mana-mana. Termasuk dalam ponsel atau smartphone kita. Tapi kita juga bisa mendapatkannya dalam website khusus. Untuk emoji, Bro-Sist bisa mendapatkannya di: http://getemoji.com/. Kalau emoticon ada di : http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_emoticons.

Sekian pembahasan mengenai emoji dan emoticon ini. Sekarang kita tidak hanya menggunakannya saja, melainkan tahu juga sekilas tentang dua hal yang begitu akrab di dunia pesan singkat ini. >.^ #RD

4 Comments
  1. Adi Pradana
    • deeann
  2. Gustyanita Pratiwi
    • dee ann rose

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *