Tugas Menulis Cerpen Dengan Tema Religius atau Agamis

Tugas Menulis Cerpen Dengan Tema Religius atau Agamis

cerpen tema religi agamis religius

Cr: themuslimahnetwork.com

Cerpen religius? Apa mesti cerpen yang menyertakan kutipan ayat atau hadist?

Daku rasa tidak juga, ya. Dan ngomong-ngomong soal cerpen agamis, daku jadi teringat buku “Journey to the Light” keluaran De Teens – Diva Press. Kenapa? Alasan utamanya, karena di dalam buku antologi tersebut terdapat karyaku. :p

Mohon maaf throwback sebentar. Buku tersebut lahir dari kompetisi menulis bertajuk “Teenligi UNSA”. Yep! kerja-sama antara Grup Menulis Untuk Sahabat aka UNSA dan Penerbit Diva Press. Dari ratusan peserta, dirampingkan jadi beberapa puluh lalu mengerucut jadi lima belas.

Daku bersama Mbak Ragil Kuning, Ronie Permana, Dina Nur Fajriani, Dian Nafi, Pramastri Sisimaya, Evi Sudarwanto, Eko Hartono, Marlina, Evi Rakhmawati, Brita Rahaminta, Erka Rahman, Feri Ariyanto, Bambang Nur Sholeh dan Novri Kumbara. Duh, segala puji bagi Allah Swt, Tuhan semesta alam.

Terselip cerpenku berjudul “Reuni Dua Hati”. Nama-nama dalam tokohnya; Andrea (nama vokalis The Corrs), Aeni (‘kuculik’ dari nama sahabatku, Eva Farichatul Aeni) dan Septiandi Hanif (‘kurampok’ juga dari nama salah seorang adik didikku ketika PPL). 😀

buku journey to the light teenligi unsa de teens divapress

Cr: De Teens – Diva Press

Bercerita tentang betapa kelamnya hati dua sahabat (Andrea-Aeni) dan kelirunya mereka memandang kehidupan. Keduanya kerap menjerumuskan teman dalam dunia hitam, seolah itu semua sudah jadi kepuasan tersendiri. Namun ada titik di mana si tokoh utama, Andrea, menjumpalitkan pemikirannya yang ‘kesasar’. Dia menyadari betapa asing dengan Tuhan itu sangat tak nyaman.

Nah, kali ini kita kembali ke masa sekarang. Sebagaimana yang tengah daku update, UNSA Ambassador sudah berhasil melancipkan jumlah finalis. 5 orang saja! Kali ini bahkan sudah masuk tugas 4. Berikut ketentuannya:

Disusun oleh: Uncle Dang AJi Sidik

  1. Setiap finalis Top 5 membuat sebuah cerpen religi atau inspiratif bertema: Haji.
  2. Aturan naskah: 4 s/d 5 halaman, spasi 1.5, kertas A4, TNR 12, margin standar.
  3. Pada naskah tidak perlu melampirkan biodata hanya menulis nama pena di bawah judul cerpen.
  4. Naskah dikirim ke email: unsam016@gmail.com, subyek : “tugas 4 unsam 2016”.
  5. Finalis melampirkan 2 foto terbaru yang berbeda dari foto yang sudah dikirim sebelumnya.
  6. Batas waktu mengirim naskah: 25 s/d 28 Sept 2015, jam 12 siang.
  7. Dua finalis dengan nilai terendah dari juri undangan akan masuk bottom 2. 1 finalis akan tereliminasi, dan 1 finalis lainnya akan diselamatkan oleh voting 5 finalis Top 10 Unsam 2016 yang sudah tereliminasi.

Selamat menulis,

-Pansel Unsam 2016

Tema yang sangat pas. Momennya ‘dapet’!

Tapi teringat haji, jadi teringat juga musibah alat berat dan insiden di Mina itu, ya. Jadi turut berduka cita sedalam-dalamnya. Semoga diberi kesabaran dan kekuatan, serta dilimpahkan keridhoan dan keberkahan Allah Swt. Aamiin. #RD

2 Comments
  1. Arum
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *