10 Hal yang Tetap Sama Atau Belum Berubah Selama 100 Tahun Lamanya

10 Hal yang Tetap Sama Atau Belum Berubah Selama 100 Tahun Lamanya

10 hal yang belum berubah dan masih tetap sama selama 100 tahun lamanya _

Potografer: Jake Olson

Hampir semua hal selalu berubah. Cepat sekali.

Dulu, anak-anak sekolah berangkat dengan jalan kaki. Bareng-bareng. Penuh canda, tawa dan obrolan yang ceria. Kalau sekarang suasananya sangat berbeda. Drastis. Mayoritas anak-anak menunggangi motor. Sekalipun naik angkutan umum, suasananya cenderung canggung. Kebanyakan sibuk menunduk dengan smartphone masing-masing.

Kadang-kadang bikin khawatir. Namun mau bagaimana lagi, waktu memang berjalan dengan begitu. Ada yang datang, ada yang mulai hilang, tapi ada juga yang tetap bertahan.

Misalnya 10 hal yang sekarang akan kita bahas nih, Bro-Sist. Ada beberapa yang selama 100 tahunan tidak berubah, khususnya dari segi fungsi dan cara pengoperasiannya. Ada yang menebak? Hehe…

Nah, daku tertarik dengan ulasan Om Jeff Danelek. Dia adalah seseorang yang kerap menulis isu politik, spiritual termasuk juga sejarah.  Jom!

#10.  Kereta Api

kereta api lama dan kereta api baru atau modern

Via: rail-pictures.com

Memang sudah tak ada lagi asap yang mengepul dari cerobong kereta api masa kini. Ada yang sudah diganti dengan mesin diesel yang lebih aman dan higienis. Tapi sejak pertengahan abad ke-19 sampai sekarang, kinerja kereta api tetap sama. Begitu pun dengan jalurnya yang setia, tak berubah.

~

#9.  Pesawat Telepon

pesawat telepon

Via: michaelsinsight.com

Iya. HP sudah di mana-mana. Tapi apakah pesawat telepon sudah punah? Enggak, ya. Daku masih sering melihatnya, entah di perkantoran atau di pertokoan besar. Bentuk, fungsi atau cara operasinya pun masih sama.

~

#8.  Senapan

senapan

Via: shootersforum.com

Senapan zaman sekarang pastinya mengalami banyak perubahan atau perkembangan. Namun bisa kita rupa dan cara operasinya masih sama. Sepertinya para pemburu zaman dulu tak akan terlalu kesulitan ketika dipersenjatai dengan laras kekinian, sebab pada dasarnya memang masih sama dengan pendahulunya.

~

#7.  Setrikaan

setrikaan tua dan modern

Via: pdpics.com

Ya, setrika zaman dulu memakai arang sebagai sumber panasnya. Lalu sekarang berubah sumbernya jadi listrik. Namun setrika masih ‘jadi dirinya sendiri’. 😀 Ia merupakan benda berupa besi panas yang berfungsi untuk menghilangkan kusut. Cara operasinya masih seperti itu dari dulu, menciptakan energi panas untuk membuat kain jadi lebih rapi. Hanya saja yang sekarang ditambah juga dengan cairan pewangi, pelican dan pelembutnya. 😀

~

#6.  Buku

buku buku

Via: mentalfloss.com

Oh. Dengan ponsel dan layar PC atau laptop saja, seseorang sudah bisa membaca sebuah buku. Namun lagi-lagi, apakah buku jadi musnah? Tidak, ya. Lagipula nanti kalau ada bedah buku, sulit sekali kita mendapatkan tanda tangan penulisnya jika bentuknya saja e-book atau PDF semua. Hehe… Bisa dibayangkan kalau buku benar-benar punah, tak akan ada pembatas halaman yang cute dan tak akan ada juga bangunan yang namanya perpus atau toko buku itu sendiri. Hummm…

~

#5.  Mobil

mobil tua

Via: oldcars.wordpress.com

Mobil listrik? Mobil hybrid? Iya, sebagian orang-orang berada tentu tengah berpikir untuk memperbarui mobil mereka agar lebih canggih. Tapi kalau dibandingkan dengan mobil jadul, fungsi mesin pembakarnya masih sama. Begitupun dengan cara kerja dari mobil itu sendiri. Dari tahun 1912 sampai 2015. Kecuali kalau nanti mobilnya bisa difungsikan juga untuk terbang atau menyelami lautan. Hehe…

~

#4.  Perahu Layar

ilustrasi kapal layar

Via: classifiedadsites.org

Dari dulu sampai sekarang tetap memiliki layar. Hehe… Memang kain kanvasnya sedikit berbeda. Yang sekarang mayoritas sudah memakai nilon yang dianggap lebih kuat. Begitupun dengan lambung dan tiang-tiang kayunya, yang sekarang sudah beralih menjadi fiberglass atau alumunium. Tapi cara operasinya masih seperti perahu layar yang dulu, yakni memanfaatkan angin untuk menggerakkan kapal.

~

#3.  Instrumen Musik

instrumen musik

Via: amazingstuff.co.uk

Musik dari hari ke hari memang berubah drastis. Berbagai genre dan kecenderungan style-nya kerap bergeser, mengikuti zaman. Begitupun dengan elemen pendukung instrument musiknya. Entah materialnya, pemakaian elektroniknya, efeknya, dsb. Namun dari tahun 1912 atau bahkan dari tahun 1812, bentuk instrumennya tetap sama. Mandolin, violin, gitar, dsb. Begitupun dengan cara memainkannya. Malah pemain musik yang benar-benar manual justeru lebih disegani, sebab akan memperlihatkan skill dan kesabarannya sebagai seorang musisi.

~

#2.  Lampu Bohlam

lampu bohlam

Via: journalist.sg

Di tahun 1880, Thomas Alfa Edison memperkenalkan lampu pada dunia. Dari masa itu sampai sekarang, konstruksinya tidak berubah banyak. Sebagian tentu sudah beralih ke neon, cahaya LED atau apa, tapi tetap saja eksistensi lampu bohlam masih tak terhadang. Lebih legi kekuatannya memang tangguh dan masih menjadi idaman banyak orang.

~

#1.  Kloset

toilet

Via: skyscanner.ne

Ada sumber yang menyebutkan kalau Sir John Harington sudah menemukan flushing toilet atau toilet siram sejak tahun 1596. Tapi pembuatannya belum missal, melainkan hanya untuk dirinya sendiri dan Ratu Elizabeth I. Namun masalah masih tetap ditemukan. Sampai kemudian zaman berkembang dan manusia mulai menemukan solusi-solusinya.

Untuk kloset yang lebih modern diketahui sudah diterapkan sejak abad ke-19, sebagai hikmah dari wabah kolera yang melanda. Waktu itu manusia benar-benar dibuat berpikir akan sanitasi. Kini kloset jongkok atau duduk pada dasarnya masih memiliki cara operasi yang sama. Khususnya yang duduk, yang masih setia tetap sama.

Kalau daftar ke 11 dst ditambahkan dengan “hal yang belum berubah selama 100 tahun yaitu… cintaku padanya”, hum… berarti Bro-Sist adalah nenek moyangku. 😀 *peace #RD

2 Comments
  1. Fahmi
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *