24 Artis Atau Selebritis Dunia dan Cerita Inspiratif Mereka Ketika Menjadi Korban Bullying

24 Artis Atau Selebritis Dunia dan Cerita Inspiratif Mereka Ketika Menjadi Korban Bullying

zac efron poto

#unknown source :/

Bullying.

Rasanya fenomena ini terus terjadi di manapun. Entah di sekolah, tempat kerja, lingkungan umum bahkan media sosial. Mungkin kita sudah bosan harus kembali meringis atau mengelus dada ketika pemberitaan bullying menyeruak. Mulai dari yang biasa, sampai yang brutal.

Menjadi korban bullying tentu tidak mudah. Apalagi mereka kadang lupa kalau ada beberapa pihak yang siap membantu. Baik itu orang tua, sahabat, guru, dsb. Mereka juga kadang kecolongan, kalau apa yang disembulkan para pembully tidak lantas menjadi deskripsi diri.

Pengalaman bullying memiliki dua sisi berlainan. Pengalaman itu bisa membawa korban ke sisi gelap, lengkap dengan rasa frustasi dan sikap untuk terus mengutuk hidup. Namun di sisi lain, pengalaman itu bisa menjadi pecut atau kekuatan untuk proses pembuktian diri. Yang terpenting, tak perlu mengulangi aksi yang sama pada orang lain. Sebab kita sudah merasakan betapa rumitnya posisi tersebut.

Tak hanya orang biasa, beberapa selebriti atau tokoh popular dunia pun sempat mengalaminya. Berikut 24 nama terkenal dengan sekilas cerita tentang bullying yang sempat mereka alami. Namun kini semuanya sudah membuktikan diri dengan menjadi aktor, aktris, musisi dsb yang jauh lebih keren dari para pembully itu sendiri. Jom!

#1. Bill Clinton

bill clinton bullying

Pict on: smore.com

Dia merupakan mantan presiden sekaligus politikus yang sangat berpengaruh di dunia. Namun sebelum menjadi seorang Bill Clinton, dia pun terlebih dahulu menjadi siswa SMP biasa. Waktu itu badannya cukup gemuk dan dia tidak begitu fashionable. Melalui Memoirnya, My Life, Clinton sempat menyinggung tentang bagaimana insiden yang sempat dia alami. Dulu seniornya sempat mengolok-olok celana jeans ‘sang presiden’ yang masih kecil, bahkan sempat memukul rahangnya. Namun waktu itu Clinton tidak melawan, tidak juga menyerah. Dia hanya diam. Dari sana dia belajar kalau banyak sekali cara untuk menghadapi suatu agresi atau katakanlah, serangan. Kisah bullying yang ia alami tidak membuat Clinton terpuruk. Ia justeru mengembangkan diri dengan menjadi pemain saxophone dan seorang politikus handal.

~

#2. Chris Rock

Chris Rock bullying

Pict on: cnn.com

Kalau seorang selebriti sudah bercerita, kemungkinan pendengarnya akan banyak. Demikian juga dengan Chris Rock yang mengadakan show bertajuk “Everybody Hates Chris”. Di dalamnya, ia memang membeberkan cerita hidup dan perjuangannya ketika tumbuh-besar. Begitupun dengan pengalaman bullyingnya, yang sering ia alami ketika masih kecil dan tinggal di Brooklyn.

~

#3. Christian Bale

Christian Bale Bullying

Si ganteng yang gagah ini sudah memiliki imej yang keren sebagai batman. Namun siapa sangka, sang hero ini pernah mengalami masa anak-anak yang cukup sulit. Ketika masih duduk di bangku sekolah, sekelompok anak lelaki kerap menghantam tubuh Bale. Ia pernah menuturkannya pada Majalah People, tentang bagaimana anak-anak berandalan itu memukul dan menendangnya tiap waktu. Namun Bale bilang,

“Jika kamu pernah menghadapi aksi bullying di sekolah dan melewatinya dengan cukup kuat, maka itulah salah-satu pelajaran hidup.”

~

#4. Christina Aguilera

Christina Aguilera bullying

Christina Aguilera kecil hanyalah seorang gadis mungil yang memiliki mimpi dan minat tersendiri. Waktu itu ia sudah bisa perform, sementara anak-anak seusianya sibuk dengan bermain dan belajar. Perbedaan itu menjadi jurang tersendiri bagi dirinya untuk bergaul dengan teman-temannya sendiri. Dia seperti tak diacuhkan bahkan terkesan ‘diisolasi’ dari pergaulan. Bahkan ban mobil milik keluarganya sempat dirusak. Dia pun pindah dan bergabung dengan klub yang memiliki minat sama. Saat itulah dunia barunya bisa menerima Aguilera.

~

#5. Demi Lovato

Demi Lovato bullying

Kasus bullying yang pernah menimpa pelantun “Confident” ini memang sedikit parah. Demi Lovato pernah curhat. DUlu orang-orang sampai menuliskan petisi kebencian padanya, bahkan dibubuhi tanda-tangan juga. Mereka bahkan menyambangi rumah Demi dan meneriakkan hal-hal aneh dari seberang jalan. Demi terpengaruh dan begitu emosional dengan keadaan yang ia alami. Ia hanya ingin kabur, menghilang atau pergi saja. Namun kini Demi sudah menjelma menjadi salah-satu penyanyi terkenal. DIa bahkan menjadi duta bagi kampanye Secret’s “Mean Stinks”.

~

#6. Emma Watson

Emma Watson atau Hermione Granger bullying

Emma Watson yang sudah menjadi pesohor pun masih menerima aksi bullying. Dia sempat bergabung dengan Universitas Brown, namun kemudian keluar. Alasannya Emma pengin fokus pada kariernya. Tapi ia malah melanjutkan pendidikan di Kampus Worcester, Oxford. Spekulasi pun berkembang, bahwa karakter di Harry Potter itu sudah menjadi korban bullying. Temannya yang sempat mengungkap fakta tersembunyi itu. Misalnya ketika Emma menjawab suatu pertanyaan di kelas, teman-temannya akan berseru “3 poin untuk Gryffindor!”. Emma pun mengambil sikap tegas, dengan meninggalkan kondisi tempat belajarnya yang memang tidak nyaman.

~

#7. Eva Mendes

Eva Mendes bullying

Eva sempat bilang kalau tampilan dirinya dulu sangat berpeluang mengundang para pembully. Benar saja. Ketika masih SMA, ada dua orang yang suka membullynya. Hal itu menjadikan sekolah sebagai tempat yang membuatnya menderita. Sampai kemudian dia sadar kalau para pembully itu semakin parah lantaran dia terlalu takut. Perlahan namun pasti ia mulai menunjukkan sisi beraninya. Hal itu terbilang efektif sebab intensitas bullying jadi berkurang. Namun Eva tidak menampik kalau dampaknya masih terasa hingga kini.

~

#8. Jackie Chan

Jackie Chan bullying

Mengingat Jackie Chan yang jago bela-diri, kita mungkin sulit memercayai fakta ini. Namun Jackie kecil memang pernah mengalaminya. Ia sampai menderita, ketakutan dan tak tahu mesti berbuat apa. Sampai kemudian, dia menyaksikan siswa baru yang dibully juga. Anehnya, saat itu ia bisa mengumpulkan keberanian dan membela si korban.

~

Klik Untuk Membaca Cerita-Cerita Selanjutnya…!

6 Comments
  1. Fahmi
    • deeann
  2. Tamvan dan pemberani
    • deeann
  3. Asia silo rika
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *