5 Aplikasi Cuaca Android Paling Popular Sekarang Tahun 2015

5 Aplikasi Cuaca Android Paling Popular Sekarang Tahun 2015

gambar cuaca atau iklim

Pict on: cliparthut.com

Cuaca di tempatmu bagaimana, Bro-Sist?

Entahlah apa sebenarnya yang terjadi dengan alam ini. Yang jelas, hawa yang ada kadang enak kadang juga seperti kurang nyaman. Entah kenapa juga, musim panas terasa begitu panjang. Padahal waktu sudah memasuki bulan Oktober, namun di tempatku, hujan nampaknya masih enggan datang.

Syukur alhamdulillah, daerah tempat tinggalku tidak sampai terkena krisis air. Hanya saja kami pun ikut berduka atas bencana kekeringan yang melanda sebagian wilayah. Sawah kering dan retak-retak, air bersih jadi barang langka, udara begitu kerontang, dsb. Namun ada saudaraku yang bilang kalau di tempat tinggalnya sudah hujan.

Kalau dipikir-pikir, cuaca juga menyerupai hati dan senyuman seseorang. Artinya, unpredictable aka sulit diprediksi. Sering kejadian tuh, sudah berbekal payung tapi langit malah cerah. Sebaliknya… pergi tanpa payung, tapi awan kemudian berubah abu gelap dan semakin menggelendot. Ia kemudian mengucurkan titik-titik airnya, deh.

Orang kadang melihat perkiraan cuaca dulu. Biasanya disediakan stasiun televisi atau radio. Namun di zaman sekarang, orang juga cukup mengandalkan smartphone-nya. Dengan demikian kita bisa mengetahui keadaan alam dengan cepat dan praktis.

Lalu aplikasi cuaca atau iklim apa yang ada di Android? Dari sekian banyak, setidaknya ada 5 yang popular. Jom!

#1. Weather Bug

Weatherbug aplikasi cuaca

Pict on: Amazon.com

Aplikasi yang free alias gratis. Tak heran kalau penggunanya begitu banyak. Lebih lagi Weather Bug memiliki fitur yang cukup lengkap dan bisa jadi andalan. WB bisa memperingati penggunanya akan cuaca atau iklim buruk yang diprediksi segera datang, mengupdate cuacanya dengan rutin serta menjadi pemantau cuaca secara ‘live’ juga.

~

#2. Google Now

Google Now aplikasi cuaca

Dari namanya kita sudah bisa menebak kalau aplikasi ini merupakan salah-satu produk Google. Secara otomatis, Google Now sudah terintegrasi dengan launcher. Dengan demikian dia akan rutin memberitahu pengguna terkait keadaan cuaca. Bahkan ikut memperingatkan kalau keadaannya buruk. Selain fiturnya sudah cukup canggih, penggunaannya pun tidak terbilang ribet.

~

#3. Accuweather

accuweather aplikasi cuaca

Pict on: cellz.com

Aplikasi gratis lainnya yang bisa kita unduh Google Play Store. Bukan hal mengejutkan kalau Accuweather memiliki banyak pelanggan. Lebih lagi aplikasi yang satu ini cukup informatif. Aplikasi ini memberitahu kita terkait kecepatan angin, suhu, kelembaban udara, cuaca ekstrim dsb. Tampilannya simpel, namun memiliki daya tarik tersendiri.

~

#4. 1Weather

1Weather aplikasi cuaca android

Pict on: lifehacker.com

Diantara aplikasi serupa, mungkin 1Weather ini yang menduduki rangking atas di Google Play Store. Banyak faktor yang membuatnya difavoritkan. Aplikasi ini gratis, memiliki banyak fitur, desainnya minimalis namun unik serta menyediakan opsi 25 bahasa. 1Weather akan menjadi teman yang setia melaporkan ramalan cuaca yang cukup detail.

~

#5. Yahoo Weather

Yahoo Weather aplikasi cuaca android

Pict on: gizmodo.com.au

Sesuai nama aplikasinya, yang satu ini memang berasal dari Yahoo Weather. Seperti aplikasi cuaca yang lain, Yahoo Weather juga siap-sedia memberi info-info seputar suhu, cuaca ekstrem dan radar. Namun keunggulan lain yang menjadi pembedanya yaitu… Yahoo Weather ini sudah terkoneksi begitu saja dengan Flickr. Dengan begitu, kita juga bisa mengupload iklim yang sedang terjadi.

Nah, aplikasi-aplikasi yang bermanfaat memang menjadi sisi positif tersendiri bagi meroketnya kemajuan zaman atau teknologi. Termasuk aplikasi cuaca via android ini. Paling tidak, usaha ini akan mengurangi kemungkinan kita untuk terjebak dalam keadaan cuaca ekstrem yang terjadi secara drastis atau tiba-tiba. #RD

4 Comments
  1. Arum
    • deeann
  2. irham
  3. deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *