12 Poto dan Cerita yang Mengetuk Hati dan Sisi Perikemanusiaan Kita

12 Poto dan Cerita yang Mengetuk Hati dan Sisi Perikemanusiaan Kita

Poto dan Cerita menyentuh hati dan sisi perikemanusiaan kita

By: Enkel Dika via IG @deeannrose

Ada apa dengan manusia? Ada apa dengan dunia? Ada apa dengan… hati kita?

Akhir-akhir ini, kita begitu mudah mendapatkan berita tentang kekerasan dan hal-hal yang tak berperikemanusiaan juga tak berperikeadilan. Aksi terror, saling judge, ancam-mengancam antar negara, kasus mutilasi, korupsi berjamaah, pembantaian hewan, pembakaran hutan, dsb. Kalau berkaca, kita semua memang manusia biasa.

Disamping semuanya memiliki organ yang sama, semuanya juga memiliki sisi putih dan hitamnya. Kalau setan sudah mendominasi hati dan pikiran, kita bisa lebih keji atau kejam. Rasa belas kasihan dan logika apapun ditabrak demi mewujudkan keinginan.

Lalu, apa itu tandanya kita mesti hilang kepercayaan pada hati dan perikemanusiaan?

Di sisi lain, kita tak bisa melupakan beberapa orang yang memilih kebaikan sebagai jalan hidupnya, untuk mencapai titik kebahagiaan. Ada banyak bukti bahwa manusia yang manusiawi dan punya hati itu masih eksis. Daku tak bisa menuliskannya secara lengkap. Tidak mungkin. Tidak semuanya terjepret kamera atau terekspos media.

Namun berikut ini 12 poto dan cerita di baliknya, yang menggedor jiwa dan nurani kita sebagai manusia biasa. Semoga menjadi inspirasi ya, Bro-Sist. Jom!

#1. Membantu Rival atau Musuh

meghan.vogel_.

via: cbsnews.com

Kalau sedang berlomba, khususnya lari, kita mungkin akan cuek atau justeru melanjutkan perjalanan manakala melihat musuh melemah. Namun tidak dengan Vogel, seorang siswi SMA di Ohio, yang justeru menawarkan bahunya sebagai sandaran. Dia membantu sang rivalnya yang lebih muda untuk menyentuh garis finish. Aksinya yang dilihat banyak orang itu sontak saja menuai pujian, betapa baik dan lembut hatinya.

~

#2. Cinta Keponakan untuk Sang Paman

scott.widak_._1

via: pinterest.com

Sean O’Connor memiliki paman bernama Scott Widak. Paman yang berusia 47 tahun itu menderita penyakit liver. Dia juga hidup dengan ibunya yang sudah udzur, berusia 85 tahun. Kehidupan mereka menderita dan kurang begitu berwarna. Keponakannya ini kemudian membagi cerita tentang pamannya pada para pengguna Reddit atau Redditor. Ia juga mengundang mereka untuk mengirimkan surat pada pamannya. Itu pun kalau mereka ada waktu.

Bukan apa-apa, O’Connor hanya ingin menghibur pamannya dan mengingatkan bahwa kehidupan selalu memiliki sisi indah. Hanya dalam waktu satu jam, postingannya menggaet seribu lebih komentar. Sang paman sampai kewalahan menerima surat, karya seni, hadiah, dsb. Gesture simpel keponakannya itu tentu membuatnya sangat berterima kasih.

~

#3. Orang Kristen Mesir Melindungi Ibadah Sholat Kaum Muslimim

toleransi

via: dailymail.co.uk

Rasanya agama akan menjadi salah-satu hal yang paling sensitif. Dan bukan hal aneh, tiap ada penyerangan ke agama selain Islam, maka seluruh kaum muslimin yang terkena imbasnya. Padahal semua itu hanya ulah segelintir orang yang mengatasnamakan Islam. Muslim bisa bersalah, tapi Islam tak akan pernah.

Begitulah yang terjadi ketika ada aksi pemboman di Alexandria, Mesir. Tensi antar dua agama berubah sangat menegangkan. Semua begitu awas, takut terjadi aksi balas dendam, yang pastinya salah sasaran. Perang antar agama pun bisa saja meletus. Namun ada sebuah poto yang menunjukkan orang Kristen berpegangan tangan, membentuk lingkaran dan memastikan orang-orang Islam sholat dengan nyaman.

~

#4. Menyumbangkan Hasil Tabungan untuk Seorang Anak

daniel.black_.

via: mirror.co.uk

Pasca sebuah kecelakaan, Welshman Dan Black terpaksa mesti menggunakan kursi roda. Karena berhasrat pengin bisa berjalan secara normal, ia kemudian terus menabung untuk biaya treatment. Sesudah 4 tahun lamanya, uang yang terkumpul sebanyak £20,000.

Tapi waktu itu ia mendengar tentang Brecon Vaughan, seorang anak berusia 4 tahun yang menderita celebral palsy. Kabarnya orang tua si anak tengah berjuang mengumpulkan uang sebanyak £60,000 untuk biaya operasi. Demi membantu meringankan, Black malah menyumbangkan seluruh tabungannya pada si anak. Dia menganggap sang anak berpotensi memiliki kehidupan yang lebih baik dibanding dirinya.

~

#5. Mempertaruhkan Nyawa Demi Menolong Bayi Kangguru

aksi heroik

via: ayoye.com

Di tahun 2012, terjadi banjir hebat di Queenland. Waktu itu Ray Cole melihat bayi kangguru tengah terombang-ambing. Melihat peristiwa tersebut. Cole tak bisa tinggal diam. Dia menanggung risiko tinggi dengan menolong hewan tersebut. Tragisnya, seorang polisi sempat mengancam agar menangkap Cole yang sudah terlalu tolol melakukan aksi patriotic itu. Apalagi hewan tersebut bisa berenang. Tapi Cole keras kepala dan ia mengatakan tidak bisa membiarkan ‘ciri khas’ Australia tenggelam dan meninggal.

~

#6. Hadiah Bunga untuk Sang Tentara

hadiah bunga untuk sang tentara dari seorang anak kecil perempuan

Via: slideshare.net

Di tahun 1991-2004, perang Gulf di Irak bergejolak. Korbannya tak hanya pihak yang bertikai, melainkan juga kaum anak-anak dan perempuan yang tak tahu apa-apa. Hal itu tentu membawa dampak pada mereka, yang sudah kenyang dengan darah dan dentuman bom. Wajar kalau mereka jadi berjiwa keras, memberontak dan mungkin ikutan menjadi kejam. Tapi ada seorang anak yang ketahuan menghadiahi bunga pada seorang tentara, yang kebetulan tengah istirahat dengan senjata di atas pahanya. Gesture kecil yang simpel, manis dan tentu menancap dinding hati kita.

~

#7. Memeluk Sahabat Terbaik Sebelum Menutup Mata Selamanya

8

via: ph-online.ro

Pelukan kadang menjadi salah-satu kebutuhan manakala kita diserang sakit secara fisik atau mental. Rangkulan itu akan lebih terasa istimewa manakala berasal dari orang-orang yang kita cintai atau percayai. Adalah Kevin McClain, seorang kakek berusia 57 tahun, yang terbaring lemah akibat penyakit kanker paru-parunya yang parah. Tak ada sanak famili. Dia hidup sendiri.

Di tengah hidupnya yang sebatang kara, ia memiliki permintaan terakhir, yaitu melihat sahabatnya yang bernama Yurti. Dia dan anjing betina itu sudah menjalin persahabatan yang lekat. Mereka kemudian bisa berpelukan untuk yang terakhir kalinya, sambil si anjing menatap lembut ke arah mata tuannya.

~

#8. Dua Ayah Bersatu Demi Mengobati Kegalauan Anak Perempuannya

ayah kandung dan tiri

Via: mendozapost com

Brittany Peck galau. Ia hendak menikah, namun bingung ayah mana yang akan menemaninya ke altar; yang kandung apa yang tiri? Sebab keduanya baik dan sama-sama ingin berjalan berdampingan dengannya. Masalah terpecahkan ketika si ayah kandung, Todd Bachman, memegang tangan Todd  Cendrosky (ayah tiri) dan menuntunnya untuk berjalan bersama-sama demi menemani puteri mereka. Semua yang hadir tentu syok, tapi dalam artian bahagia, terharu dan kagum atas aksi itu.

~

#9. Warga Desa Menyelamatkan Hidup Kucing

6

Via: giornalettismo.com

Hujan yang lebat dan parah menyerang India. Kondisi desa pun hancur akibat banjir hebat. Tapi tak hanya manusia yang menderita, hewan-hewan pun ikut menelan efeknya. Sampai kemudian seorang potografer menjepret kejadian mengharukan, di mana seorang warga yang ada di area miskin India menolong para kucing. Ia memastikan kalau hewan berkaki empat itu masih bisa selamat dan hidup. Sementara itu, induk sang kucing nampak mengikuti dari belakang.

~

#10. Usaha Laundry Membantu Para Pencari Kerja dengan Cuma-cuma

usaha cuci laundry

Via: uamodna.com

Pada tahun 2008, krisis ekonomi dialami oleh bangsa Amerika. Usaha kecil menengah sangat merasakan efeknya. Tak heran banyak aksi PHK atau pemecatan sebab perusahaan memang takut tak bisa menggaji pekerjanya dengan layak. Namun beda lagi dengan usaha laundry di Portland – Oregon. Mereka justeru menawarkan jasa mencuci gratis bagi para mantan pekerja, yang mencari kerja, dan bingung hendak menghadapi sesi interview atau wawancara. Diperkirakan, mereka sudah membantu sebanyak 2000-an orang. Arti dari tulisannya:

“Jika kamu seorang pengangguran dan butuh pakaian bersih untuk sebuah sesi interview, kami akan membersihkannya dengan cuma-cuma”

~

#11. Jasa Cukur Rambut Bagi Gelandangan

stylist membantu gelandangan

Via: basicism.se

Stylist para seleb, Mark Bustos, sempat pulang ke kampung halamannya di Filipina. Di sana ia mencukur beberapa anak jalanan. Begitu kembali ke New York, aksinya berlanjut. Jika hari Minggu tiba, ia tidak menghabiskannya di acara-acara pesta. Bustos malah memilih jalan-jalan sekaliguskan menawarkan jasa mencukur rambut pada para gelandangan. Akun instagramnya sering mempopularkan hastag #BeAwesomeToSomebody.

~

#12. Penggalangan Dana Demi Rumah Baru Seorang Pensiunan Korban Perampokan

penggalangan dana untuk korban perampokan

Google Image

Alan Barnes adalah seorang pensiunan yang menderita suatu kelainan. Suatu hari, perampok menyatroni rumahnya di daerah Gateshead, North East England. Singkat kata, kejadian itu membuatnya trauma. Karena sangat ketakutan, dia kemudian pindah ke rumah saudara perempuannya.

Sampai kemudian Katie Cutler, seorang gadis berusia 21 tahun, mendengar akan hal itu. Ia begitu terharu. Dengan kemampuan yang dimiliki, dia kemudian menyebarkan kampanye penggalangan dana via online. Uangnya akan dipakai untuk mendekor kembali rumah Barnes, sampai ia bisa siap dan kembali ke rumahnya lagi.

Targetnya sendiri sebesar £500. Namun kampanye itu mendapat banyak perhatian, sehingga jumlah yang didapat mencapai £330,000. Sampai-sampai Barnes sendiri mesti meminta orang-orang untuk berhenti menyumbang. Uang itu tentu sudah cukup dipakai untuk membeli rumah baru bagi lelaki berusia 67 tahun tersebut.

~

Daku yakin masih amat sangat banyak poto dan cerita inspiratif lain yang bisa menggugah jiwa kita. Tapi ke-12 sampel ini saja sudah membuat hati kita hangat, betapa kelembutan dan kebaikan hati seseorang bisa membuat semua pihak merasa damai dan bahagia. ^_^ #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *