Apa Pekerjaan atau Profesi Paling Berbahagia Di Dunia?

Apa Pekerjaan atau Profesi Paling Berbahagia Di Dunia?

Apa Pekerjaan atau Profesi Paling Berbahagia Di Dunia

Via: behappytips.com

Jika memiliki kesempatan memilih pekerjaan atau profesi, pengin jadi apa, nih?

Menuliskan postingan seperti ini berisiko mengingatkanku akan impian masa-lalu. Hehe… dulu daku niru guru-guru yang doyan bikin soal, lengkap dengan pilihan gandanya. Maksudnya, daku sempat bikin list cita-cita untuk masa depan. Cita-cita A, B,C, dsb. Dan yang ada di posisi pertama… ugh, sudah dicoret. Tidak tercapai. Uhuk-uhuk. Daku baik-baik aja, kok. (?) :p

Bicara tentang pekerjaan, apa ada yang benar-benar bikin bahagia? Apa ada profesi yang selalu membuat orangnya berbunga-bunga? Untuk hari-hari awal atau ketika menerima gaji pertama, mungkin kita akan mengulum senyum. Tapi di hari-hari selanjutnya, apa senyum itu akan terus terpancar?

10 Pekerjaan atau Profesi yang Paling Berbahagia di Dunia

Daku yakin, jika setiap orang diberi tugas menuliskan 10 pekerjaan atau profesi paling berbahagia di dunia, isinya pasti beragam. Namun baru-baru ini ada survey yang diadakan oleh Careerbliss. The Guardian yang menganalisisnya. Setelah diteliti, didapatlah top 10. Pekerjaan-pekerjaan tersebut yaitu:

#10. Asisten Pribadi

Apalagi yang bosnya baik hati, pengertian, enggak egois dan charming. Eh.

#9. Tukang Ledeng/ Patri/ Pipa

Mereka memiliki keahlian yang cukup jarang dan sering diperlukan orang.

#8. Ilmuwan

Khususnya yang berdedikasi dan menikmati profesi yang terkesan memusingkan ini. Selain terlihat ‘keren’, proyek yang memerlukan ilmuwan handal masih sangat tinggi, baik di ranah publik atau swasta.

#7. Tukang Kebun

Pastinya jadi berkah tersendiri ketika bisa bekerja sambil menyaksikan proses pertumbuhan tanaman atau menikmati keindahan alam.

#6. Praktisi Medis

Sudah keren, bayarannya tinggi, sangat dipercaya orang, juga memiliki kemampuan untuk menyelamatkan jiwa atau nyawa seseorang.

#5. Orang Marketing atau PR (Public Relation)

Pekerjaan yang akrab dengan tantangan, mungkin tertekan deadline atau target-target tertentu, jauh dari hal-hal monoton atau keadaan stabil dan sebagian orang menikmatinya.

#4. Perawat

Peranannya sangat penting dan diandalkan. Peluang kerjanya cukup banyak. Para pasien yang puas pun banyak yang berutang budi, memberi pujian, doa atau mungkin bonus tertentu bagi seseorang yang amanah menjalani profesi ini.

#3. Guru

Lebih lagi kalau kita ‘terpanggil’, bukan terpaksa. Guru sudah banyak mengubah seseorang, bahkan mungkin sesuatu atau sejarah. Mulia.

#2. Pekerja di Salon

Biasanya mereka sangat menyukai apa yang dijalani. Lingkungan kerja cukup nyaman, berpeluang menjalin pertemanan dan begitu berambisi untuk menampilkan hasil kerja yang terbaik. Tak hanya bagi pelanggan, tapi juga untuk kepuasan kerja sendiri.

#1. Insinyur atau Ahli Teknik

Pekerjaan yang disegani, peluangnya masih cukup tinggi, menantang, selalu mengundang hal-hal baru, tidak membosankan dan pastinya fee yang diterima juga tidak sembarangan.

Setuju Tidak Dengan List Di Atas?

pekerjaan yang bikin bahagia

Via: (Multi-bits/Getty Images)

Entah kenapa, daku yakin kalau tidak semua orang menyetujuinya. Daku sempat menduga pekerjaan atau profesi seperti penyanyi, potografer, penulis, seniman, blogger, dll akan nangkring di daftar ini. Nyatanya tidak.

Namanya juga survey. Perbedaan itu wajar. Kita tidak harus setuju. Apalagi factor yang membuat seseorang bahagia di tempat kerja itu berbeda. Mungkin ada yang cenderung memprioritaskan bayaran. Ada juga yang mengidamkan pekerjaan menantang, status tinggi atau sekadar kepuasan. Kalau menurut Kang Ridwan Kamil sih,

“Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah… menjalani hobi, tapi dibayar.”

Di sini daku berniat mensyukuri aktivitas sekaligus profesi yang sekarang sedang dijalani. Seperti kata Kang Ridwan Kamil, daku pun tengah melakoni hobi, yang kebetulan mendapat bayaran dari hobi tersebut. 😀 Alhamdulillah. Memang tak ada pangkat atau level di masyarakat, tapi daku sangat menikmati dan mensyukurinya.

Kenapa Ada yang Sudah Bekerja, Tapi Tidak Bahagia?

sudah bekerja tapi tidak bahagia

Via: heartmath.org

Well, lagi dan lagi… banyak faktor kenapa orang baru menyadari ‘ada sesuatu yang tidak beres’ dengan pekerjaannya di tengah perjalanan. Mungkin saja apa yang dilakoni sekarang bukanlah bidang yang ‘kita banget’. Sehingga, kita kurang bisa menyerap kenikmatan kerjanya. Hal ini pernah daku alami.

Tapi kemungkinan besar ada lagi masalah yang lain. Ada yang perlahan tidak puas dengan gajinya, tidak nyaman dengan kolega kerjanya, terganggu dengan ego majikannya, dsb. Cukup kompleks.

Apa Uang Sangat Berpengaruh Dalam Kebahagiaan Bekerja?

Apa perlu ditanyakan? Hehe… Tentu saja. Skala honor bisa menjadi alasan dibalik senyum dan cemberut kita. Uang bisa membeli banyak hal. Hanya saja… bagaimana dengan kepuasaan dan keberkahan? Belinya di mana? Harganya berapa? Hehe…

Lalu, Apa Sih Pekerjaan yang Paling Berbahagia di Dunia?

Ssstt… simak baik-baik, yuk. Masing-masing dari hati kita sedang menjawabnya. 🙂 *peaceout! #RD

4 Comments
  1. kangjum
    • deeann
    • kangjum
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *