10 Penyanyi Dunia yang Bisa Lebih Sukses Ketika Berkarier Solo

10 Penyanyi Dunia yang Bisa Lebih Sukses Ketika Berkarier Solo

10 Penyanyi Dunia yang Bisa Lebih Sukses Ketika Berkarier Solo, justin timberlakeMemilih menjadi penyanyi yang tergabung dalam sebuah grup, atau… solo?

Nah, ada kelebihan dan kekurangan sendiri ya ketika menjadi bagian dari band. Kesempatan untuk menjaring massa lebih besar, tugas tidak terlalu berat, bisa saling menguatkan, dsb. Namun, siapkah kita berbagi? Baik itu sharing honor atau perhatian?

Sudah lazim kalau dalam sebuah band atau grup musik, ada istilah “member favorit” atau “yang paling popular”. Tak jarang fans pun bisa terbelah akibat perbedaan tersebut. Tak jarang juga ada personil yang memutuskan keluar, mencoba mencari peruntungan dengan berkarier sendiri.

Keputusan untuk keluar dari sebuah band tentu saja berisiko tinggi. Kalau tidak sukses, pasti malu sekali. Sebaliknya, kalau sukses, tentu bangga sekali. Dan dua efek ini sudah dialami oleh para musisi. Sebut saja Kevin Richardson “Backstreet Boys” yang sempat meninggalkan boyband-nya, lalu berkarier solo dan kurang memuaskan. Sampai kemudian dia kembali lagi ke pangkuan grup.

Namun bagaimana dengan personil band yang keluar, melakukan debut solo dan sukses? Contohnya cukup banyak. Berikut ini top 10-nya, jom!

#10. Fergie

fergie

Stacy “Fergie” Fergusson ini ternyata mantan member girlband yang bernama “Wild Orchid”. Mereka sempat merilis 2 album, namun sayang sekali kesuksesan yang diharapkan tak kunjung datang. Dia juga sempat gabung dengan Black Eyed Peas ketika grup musik itu merilis album “Elephunk”. Tapi di tahun 2006, Fergie memutuskan untuk berkarier solo. Salah-satu single-nya yang paling sukses dan dikenang yaitu “Big Girls Don’t Cry”. Meski demikian, ia masih kembali ke BEP. Jadinya dia mendapatkan kesuksesan dobel; untuk dirinya dan BEP juga.

~

#9. Selena Gomez

selena gomez

Di tahun 2008, pelantun “Hearts Wants What It Wants” ini membuat grup bernama “Selena Gomez & the Scene”. Mereka sudah menelurkan 3 album, sampai kemudian memutuskan untuk vakum. Namun Selena tetap melanjutkan mimpinya. Ia menjelajahi dunia akting sekaligus berkarier solo. Kita ketahui bersama beberapa single-nya yang langsung jadi hits meliputi “Come and Get It”. Terus album keduanya, “Revival”, juga bisa bertahta di tangga lagu Billboard.

~

#8. Justin Timberlake

Justin Timberlake 2

N’Sync menjadi salah-satu boyband terpopuler dan terkenal di tahun 90-an. Ketika band-nya tengah hiatus, JT tetap produktif dengan merilis album solo. Upayanya itu tak sia-sia, sebab ia langsung bisa menggaet Grammy Awards. Kini ia pun bergabung dalam jajaran penyanyi papan atas dunia. Dia juga cukup diperhitungkan dalam industri perfilman.

~

#7. Gwen Stefani

gwen stefani

Twitter: @gwenstefani [cropped]

Ketika membentuk band No Doubt, Gwen sudah tampil sebagai vokalis. Salah-satu karya mereka yang masih selalu kita daku gaungkan yaitu “Don’t Speak”. Sampai kemudian di tahun 2004, di tengah masa hiatus band, Gwen merilis album solonya yang tertajuk “Love. Angel. Music. Baby”. Dia meraih kesuksesan dengan cukup mudah. Namun Gwen juga tak melepas posisinya di band. Dia pun bisa berhasil dengan band, maupun dengan dirinya sendiri.

~

#6. Dr. Dre

Dr Dre

Sebelum sesukses sekarang, Dr. Dre lebih dulu bergabung dengan N.W.A. Karier grup hip-hop tersebut naik-turun. Perlahan tapi pasti, masing-masing anggotanya mulai mencari kesibukan sendikri. Termasuk juga Ice Cube, yang berkarier solo dan bahkan masuk ke ranah akting. Tapi kalau dibandingkan hasilnya, Dr. Dre nampak lebih unggul.

~

#5. Lauryn Hill

lauryn hill

Dulu kita mengenal The Fugees, sebuah grup trio yang bergenre hip-hop. Mereka begitu popular, bahkan sudah memenangkan Grammy. Albumnya sendiri sebenarnya hanya ada dua. Namun yang kedua itulah, “The Score”, yang menelurkan single hits berjudul “Killing Me Softly”. Sayangnya mereka membubarkan diri di tahun 1999.

Para personilnya, WyclefnJean – Pras – Lauryn Hill, memutuskan untuk menjalani karier solo.  Namun kalau dibandingkan, Lauryn Hill terbilang yang paling sukses. Memang, dia hanya merilis 1 album. Tapi pencapaiannya itu sangat keren. Dia menjadi nominator di 10 kategori Grammy, dan memenangkan “Album of the Year” serta “Best New Artist”. Dia juga menjadi salah-satu nama yang berpengaruh di dunia musik hip hop.

~

#4. Robbie Williams

Robbie Williams penyanyi

Boyband-nya sendiri, Take That, sangat terkenal dan mampu meramaikan khazanah musik tahun 90-an. Namun tepat di tahun 1995, dia keluar dan memutuskan untuk berkarier solo. Robbie Williams sebenarnya sempat kembali di tahun 2010, tapi… dia pergi lagi. Sekarang kita sudah tahu betapa tenar dan suksesnya dia. Album yang sudah diluncurkannya juga cukup banyak. Totalnya ada 7, dan meraih posisi puncak di Inggris. Karena itu, kategori ‘artist lelaki dengan penjualan terlaris’ jatuh pada dirinya. Dia juga sudah memenangkan 17 Brit Awards.

~

#3. Beyonce

beyonce 2

Ya, nama yang satu ini pasti masuk. Kalau soal musik, kesuksesan dan kecantikan, Beyonce memang tak akan ketinggalan. Dia sendiri berangkat dari girlband “Destiny’s Child”, yang lagi-lagi begitu populer di akhir tahun 90-an. Mereka sudah merilis 3 album. Salah-satu lagunya yang mungkin masih akrab di telinga kita yaitu… “Say My Name”. Mereka juga disebut sebagai salah-satu trio paling keren sepanjang masa.

Namun ada masanya bagi sebuah grup musik untuk hiatus. Di masa-masa itulah, Beyonce mengeluarkan album “Dangerously In Love”. Album debut itu mengantarkannya pada 5 nominasi Grammy. Kalau ditotal sampai sekarang, 20 piala Grammy sudah digenggamnya. Bahkan di tahun 2013 kemarin, “album visual” “Beyonce”-nya menjadi penjualan terlaris di sepanjang sejarah iTunes.

#2. Nick Jonas

Nick Jonas

Masih ingat dengan The Jonas Brother? Boyband itu begitu populer dan bisa menjadi nominator Grammy. Ketika di masa-masa vakum, bungsu dari boyband itu (Nick Jonas) merilis album yang bisa ‘dilirik’ publik. Mungkin kita bisa flashback pada single “Jealous” atau “Chains”? Dan selain aktivitas di dunia musik, dia juga menjelajahi akting. Dan kabarnya, boyband yang membernya masih satu keluarga ini tengah mempertimbangkan kemungkinan untuk comeback.

~

#1. Michael Jackson

michael Jackson

The Jackson 5 juga menjadi salah-satu boyband dunia paling keren, sukses dan berpengaruh. Seperti halnya The Jonas Brother, The Jackson 5 juga merupakan boygroup berkeluarga. Sebenarnya MJ sudah merilis album solo ketika usianya masih 13 tahun, bahkan ia masih bermain dengan saudara-saudaranya yang lain. Namun di tahun 1982, ia kembali merilis album. Oh, siapa yang tidak akrab dengan album”Thriller”?

Album itu yang memapahnya pada julukan “King of Pop”. Album itu juga yang menghadirkan single-single hits macam “Thriller”, “Billy Jean”, “Beat It”, dsb. Tak tanggung-tanggung, 8 Grammy Award ia bawa pulang. Entahlah dengan penghargaan lain, yang pastinya sangat banyak. Ia bahkan tak hanya satu kali dilantik dalam “Rock and Roll Hall of Fame”, melainkan dobel.

Tak lupa, Guinness Book of World Records sudah 31 kali memberi rekor. Semua itu karena penjualan album-albumnya yang meledak di seluruh penjuru dunia. Ya, dia sudah meninggal di tahun 2009. Namun nama dan karyanya tetap menjadi inspirasi dan hiburan tersendiri bagi para musisi lain, atau sekadar penikmat-penikmat musik awam.

~

Bagaimana menurutmu tentang personil yang meninggalkan band demi mengejar karier sebagai penyanyi solo? Pertanyaan ini tentunya mengundang dua sisi tersendiri. Apapun alasannya, semoga karya yang dihadirkan bisa menginspirasi dan membawa kebaikan, ya?! #RD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *