15 Tips Mengisi Waktu Liburan Sendirian Murah dan Menyenangkan

15 Tips Mengisi Waktu Liburan Sendirian Murah dan Menyenangkan

15 Tips Mengisi Waktu Liburan Sendirian Murah dan Menyenangkan, ilustrasi

By: Mrs @cuordicarciofo aka Mrs Cinzia

Liburan, bagi sebagian besar orang menjadi masa yang paling ditunggu. Meski demikian, banyak juga yang sepertinya kurang antusias menyambutnya. Banyak alasannya. Ada yang merasa tidak punya cukup uang untuk liburan, lebih senang bekerja atau simpel saja; karena tak ada teman liburan.

Sementara itu, orang-orang sibuk mempublikasikan agenda liburan mereka di media sosial. Dengan keluarga, pasangan, sahabat, dsb. Rata-rata postingan yang disebar menampakkan wajah bahagia. Entahlah, apa mereka akan merengut sesudah menyadari jeblosnya biaya liburan. Sebab, biasanya segala sesuatunya jadi meroket. Ya biaya perjalanan, biaya masuk objek wisata, biaya hotel, biaya makan, dsb.

Liburan secara “solo” mungkin membuat kita sedih. Ngebangké sendirian. Kita jadi dibikin berpikir hendak melakukan apa jika sendirian? Kalau memang bertanya-tanya seperti itu, mungkin postingan ini cocok jadi bahan pertimbangan.

Sendirian atau ramai-ramai, kita mesti mengingatkan diri sendiri kalau liburan itu mesti disyukuri dan dinikmati. Liburan mesti digunakan dengan sebaik mungkin. Sehingga, jika saatnya tiba, kita akan lebih segar dan siap melakoni rutinitas lagi.

Apa saja tipsnya? Jom!

#1. Perjalanan Liburan Sendirian

kopi dan sepeda, Perjalanan Liburan Sendirian

Daku pernah membaca buku tentang perjalanan seseorang yang menghabiskan masa liburannya sendirian. Penulis itu mengisinya dengan menjelajahi Vietnam. Waktu ia memutuskan untuk mengambil paket liburan. Membaca cerita liburannya, daku bisa merasakan kalau dia itu amat menikmati momen tersebut. Lagipula, melakukan perjalanan liburan sendirian bukan berarti kita enggak akan bertemu makhluk hidup manapun. Akan ada teman baru, atau minimal orang asing yang sempat berbagi sepatah-dua patah kata. Lebih seru, sebab dia mengusung tema “liburan sehemat atau semurah mungkin”. Jadi seperti backpacker-an, gitu.

#2. Dekatkan Diri dengan Sesuatu yang Menyenangkan

Liburan sendirian bukan berarti kita mesti merana dan mengeluh di media sosial. Di zaman sekarang, banyak hiburan yang bisa kita nikmati sendirian. Misalnya menonton film terbaik di tahun ini. Tentu yang sesuai selera kita. Apakah kita suka film lokal atau luar? Apakah kita suka film romantis atau humoris? Kita juga memanfaatkan waktu libur untuk menikmati apa yang jarang ditemui atau dilakukan ketika terjebak masa-masa bekerja.

#3. Merapat dengan Orang yang Senasib

Bertemu dan berbagi bersama orang-orang yang senasib memang menyenangkan. Termasuk untuk kategori liburan ini. Pasti di dunia ini bukan kita saja yang melakoni “liburan solo”. Karenanya, kita bisa menghubungi orang tersebut. Kita buat rencana agenda liburannya. Kalau tidak, kita juga bisa berbagi via media sosial.

#4. Mencoba Hal-hal Baru

Hal-hal yang baru atau asing memang kadang mengganggu, atau bikin kita tidak nyaman. Tapi di sisi lain, sesuatu yang baru itu membuat kita lebih fresh. Kita bisa ingat-ingat, apa yang mayoritas dilakukan ketika liburan tiba. Misal ketika orang kebanyakan memadati waterboom, taman hiburan atau objek wisata, mungkin kita bisa mencoba menjadi sukarelawan sementara di panti asuhan, panti jompo atau pergi ke desa-desa yang belum terjamah teknologi. Itu kalau hal-hal ini dianggap unik atau anti-mainstream.

#5. Hubungi Teman atau Keluarga

Hubungi Teman atau Keluarga

By: @nabhan_illustration via IG @deeannrose

Di era media sosial seperti ini, komunikasi semakin mudah, praktis dan murah. Ketika sendirian, bukan berarti tak ada jalan interaksi. Kita bisa menghubungi orang-orang tercinta. Via teks, suara atau video. Paling tidak, kita bisa menyunggingkan senyum sejenak ketika membaca tulisan, mendengar suara atau melihat mereka. Poin ini dikhususkan bagi mereka yang bermental kuat.

#6. Buat Daftar “Proyek” atau “Misi” dan Laksanakan Satu Per Satu

Hari libur bukan jadi alasan utama untuk bermalas-malasan. Apalagi kalau kita memang bukan tipikal orang yang senang berdiam diri, telentang, ngemil dan nonton tv. Kita bisa membuat list target untuk dilakukan ketika hari libur, sehingga liburan pun jadi produktif dan bermanfaat. Agendanya bisa apa saja. Entah dengan menulis cerpen/ novel, menata/ mendekor kamar, membuat sesuatu, dsb.

#7. Gunakan Sebagai Kesempatan untuk Melakoni Hobi

Ada hobi atau kegemaran orang yang memang membutuhkan suasana sendiri. Pas benar. Lebih lagi kalau hobi kita itu seperti menulis, membaca, memancing, menari tanpa pengin ditonton orang, dsb. Kalau kita suka, waktu pun akan tak terasa berlalunya.

next-page-RD-300x100-1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *