10 Musisi atau Penyanyi Dunia yang Memulai Karier Dari Balik Layar

10 Musisi Dunia yang Memulai Karier Dari Balik Layar

meghan trainor 1Bicara soal karier, kita memiliki banyak cara untuk menggapai dan menjalaninya. Ada yang meniti karier dari bawah, melalui seseorang, karena sebuah sensasi, karena ketidaksengajaan, dsb. Termasuk juga para musisi dunia.

Kali ini daku tak akan membahas musisi yang terkenal karena sebelumnya pernah akting/ main film, jadi model, dari Youtube, dsb. Musisi yang akan dikupas sekarang yaitu mereka yang meniti karier dari balik layar, dari spot yang jarang disorot orang. Jadi bisa kita bayangkan, mereka tadinya bekerja jauh dari panggung utama. Nama mereka jarang disebut-sebut, begitu pun dengan wajah mereka yang jarang tersorot kamera.

Nah, siapa saja para musisi itu? Jom!

#10. David Guetta

David Guetta

Via Twitter: @davidguetta

David Guetta adalah salah-satu disc jockey aka DJ yang cukup senior. Di akhir tahun 80-an, ia masih menjadi DJ musik house biasa. Pekerjaannya cukup dilakoni di klub malam.

Ia kemudian mulai berani berkolaborasi dengan para penyanyi, sampai pada tahun 2002 lalu bisa menelurkan debut albumnya via Virgin Records. Beberapa yang meledak di pasaran yaitu track-track hasil kerja sama dengan Kelly Rowland, The Black Eyed Peas, Akon, Kid Cudi, dsb. Kini ia bahkan sudah memiliki beberapa album, serta sibuk dengan tur duninya.

#9. Pharrell Williams

Pharrell Williams

Happyhappy….

Kita sudah sering melantunkan lagu Happy-nya, ya. hehe… Sebelum menjadi penyanyi seperti sekarang, Pharrell Williams menjadi bagian dari The Neptunes, duo produser bersama Chad Hugo. Mereka yang ada di balik band Blackstreet, rapper Mase, salah-satu lagu hitsnya Britney Spears, serta albumnya rapper Jay-Z.

Pharrell Williams kemudian melangkah lebih berani. Dia mendirikan band N*E*R*D. tapi pekerjaannya di belakang masih terus berlanjut. Selanjutnya dia memutuskan untuk bersolo karier, dan menggaet musisi lain sebagai teman kolaborasi. Salah-satu yang booming yaitu lagu Happy-nya. Ia juga membantu menulis dan memproduseri hits lain seperti “Get Lucky” dan “Blurred Lines”. Perannya sebagai penyanyi serta sentuhan cerdasnya di belakang layar mengantarkan Williams pada 10 penghargaan Grammy.

#8. Meghan Trainor

Meghan Trainor

Via Twiter: @Meghan_Trainor

Ini dia salah-satu penyanyi yang pernah dicemburui netizen, sebab ia berkesempatan “akrab” dengan Charlie Puth. Ketika masih berusia 15-17 tahun, ia sebenarnya sempat mengeluarkan album indie. Penulisan dan produksinya ia tanggung sendiri.

Ia kemudian mendapat peluang untuk bekerja di Big Yellow Dog Musik, yang bermarkas di area Nashville. Pekerjaannya seputar menulis lagu, baik genre pop atau country. Kadang ia juga jadi backing vocal para penyanyi lain.

Kita tentu tahu lagu “All About That Bass”, yang memang sudah melesatkan nama Meghan Trainor. Faktanya lagu yang menggemaskan itu pernah ia tawarkan pada seorang Adele dan Beyonce. Namun keduanya menolak. Ia pun memutuskan untuk rekaman sendiri. Voila! Track tersebut sukses besar. “All About That Bass” jadi salah-satu single dengan penjualan terbaik, views di Youtube-nya tak tanggung-tanggung, bahkan membawa Meghan pada produksi album “Title”, yang ada di bawah label besar.

#7. Diddy

Sean Diddy Combs

Sean Combs aka Puff Daddy aka Diddy mulai mendirikan Bad Boy Records pada tahun 1993. Waktu itu ia mulai mengorbitkan salah-satu album debutnya rapper handal, Notorious B.I.G. Album bertajuk “Ready to Die” itu sukses besar. Diddy juga berada di balik suksesnya penyanyi lain, seperti Usher dan Mase.

Empat tahun pasca mendirikan perusahaan rekaman, ia pun merilis album “No Way Out”. Salah-satu lagunya, “I’ll Be Missing You”, didedikasikan khusus untuk rapper Notorious B.I.G yang sudah meninggal. Tak disangka, album tersebut meraih kesuksesan, sampai menang Grammy juga. Dan kabarnya, musisi tajir ini tengah mempersiapkan album terbaru bertajuk “No Way Out 2”.

#6. Ryan Tedder

Ryan Tedder

Siapa yang ngefans sama One Republic?

Salah-satu punggawanya ini memang tak langsung tampil di panggung utama. Ia lebih dahulu menjadi penulis lagu untuk beberapa musisi ternama. Sebut saja Kelly Clarkson, Adele, Beyonce, J-Lo aka Jennifer Lopez, dsb. Ketika proses menulis dan produksi tersebut, ia juga sambil merancang rencana lain dengan Timbaland.

Tibalah peluncuram “Apologize”-nya yang ngehits itu. Lagu debut ini juga tak lepas dari andil besarnya Ryan Teder. Ia juga yang ada di balik salah-satu lagu meledaknya Leona Lewis, yang Bleeding Love itu. Sekarang ia tak hanya menjadi penulis dan produser beberapa artis ternama, melainkan perform juga bersama band tercintanya.

next-page-RD-300x100

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *