Apa Benar Legenda Musik Rock & Roll Dunia itu Berasal Dari Indonesia?

Apa Benar Legenda Musik Rock & Roll Dunia itu (Sebenarnya) Berasal Dari Indonesia?

Apa Benar Legenda Musik Rock & Roll Dunia itu Berasal Dari Indonesia?

By: redmer Hoekstra via IG: @deeannrose [flipped]

Bicara soal musik rock n’ roll dunia, siapa sih yang langsung melintas ke pikiran?

Sebagian orang mungkin menggaungkan nama Elvis Presley. Oke… dunia memang menyebutnya sebagai Raja Rock n’ Roll. Yap! dia adalah seorang legenda besar. Tapi dia asalnya dari Amerika Serikat asli loh, bukan Indonesia, sebagaimana yang bakal kita bahas sekarang.

Atau… kenal The Beatles? Pasti kenal, dong! Atau paling tidak, pernah denger, gitu. Band asal Liverpool ini memang menjadi band Rock paling sukses, berpengaruh dan legendaris sepanjang masa.

Kita flashback sebentar, ya?!

The Beatles di bentuk pada tahun 1960, lalu tak lama kemudian langsung naik daun. Salah satu album andalannya adalah Sgt.Pepper’s Lonely Hearts Club Band. Bermula dari rock n’roll dan skiffle ala tahun 1950-an dan pengaruh besar dari musisi Elvis Presley, John Lennon Cs bertransformasi menjadi sebuah band yang mampu memengaruhi blantika musik dunia. Sejak saat itu The beatles banyak meraih penghargaan. Heck, bahkan sampai sekarang penghargaan-penghargaan itu masih di anugerahkan. Pokoknya wow deeeh!

Lho, dari tadi The Beatles terus yang dibahas? Mereka ‘kan dari Inggris?! Yang katanya legenda dari Indonesia mana??? Hehe… oke oke mari kita bahas!

Namanya The Tielman Brothers. Eh, siapa pulak, tuh?

Poto The Tielman Brothers, Legenda Musik Rock 'n Roll

Dari Google Image dan Cuplikan Video via Youtube

Ya, mereka adalah salah satu sesepuh grup musik yang berasal dari Kupang, Nusa Tenggara Timur. Mungkin banyak yang sudah  tahu, tapi pasti banyak juga yang masih pada asing mendengarnya. Oke, kita ungkap saja seperti apa The Tielman Brothers ini, ya?!

Susunannya personilnya ada Andy Tielman sebagai vokalis dan gitaris. Ada Reggy Tielman sebagai vokalis pengiring serta pemain gitar dan banjo. Selanjutnya, ada Ponthon Tielman sebagai vokalis pengiring serta pemain gitar dan bass. Ada juga Loulou Tielman sebagai vokalis pengiring dan penggebuk drum.

Pada awalnya bakat musik mereka diasah oleh sang ayah, Herman Tielman, yang berprofesi sebagai kapten Tentara KNIL. Perjalanan musik The Tielman Brothers berawal pada tahun 1945 di Surabaya, ketika sang ayah menyuguhkan penampilan bermusik yang atraktif, lengkap dengan tarian-tarian daerah di sebuah acara yang membuat para tamu berdecak kagum atas aksi keluarga Tielman tersebut.

Waktu itu nama mereka masih The Timor Tielman Brothers. Sejak saat itu, Andie Cs mendapat banyak tawaran untuk mengisi acara dari teman-teman ayahnya dan berlanjut hingga ke beberapa daerah. Bahkan mereka pernah di panggil langsung oleh Presiden Soekarno untuk tampil di Istana Negeri Jakarta. Namun karier mereka yang sedang melesat di Indonesia harus terputus, sebab keluarga Tielman memutuskan untuk hijrah ke Belanda dan menetap disana sejak tahun 1957.

The Tielman Brothers Mengguncang Dunia

The Tielman Brothers ketika tampil live dan mengguncang dunia

Di tahun yang sama, karier musik mereka dilanjutkan di negeri kincir angin tersebut. Mereka masuk dapur rekaman, dan tak disangka penghormatan yang besar datang dari masyarakat Belanda. Nama The Tielman Brothers melambung hingga ke Jerman, Inggris dan beberapa negara di Eropa. Thanks to aksi panggung mereka sangat menghibur dan atraktif.

Mereka bernyanyi dengan harmonis, menari dengan menarik, membuat aksi ngedrum lebih enerjik, dsb. Bahkan aksi mereka begitu unik sebab mampu memainkan gitar dengan kaki, menempatkannya di atas kepala, di belakang badan, dsb. Semua itu telah lebih dahulu didemonstrasikan oleh Andy Tielman, jauh sebelum Jimi Hendrix – pemain gitar terbaik dunia – melakukan hal yang sama.

Sebuah perusahaan gitar top dunia bahkan pernah merancang gitar khusus 10strings untuk dimainkan sang vokalis utama. Orang Eropa menyebut musik yang dibawakan oleh The Tielman Brothers itu sebagai musik Indorock (perpaduan musik indonesia dan barat) atau rock n’roll. Kebetulan pada masa itu style musik yang diusung The Tielman adalah sesuatu yang sangat baru  dan fresh.

The Tielman Brother VS The Beatles

Poto The Tielman Brothers dan The Beatles, sama-sama bagus dan melegenda

Mungkin ada kabar kurang enak juga bagi Fans The Beatles. Semakin hari semakin muncul berita-berita tentang adanya unsur plagiat yang dilakukan Ringo Starr Cs terhadap The Tielman bersaudara. Khususnya mengenai aksi panggung, penggunaan Hofner violin bass, dan cara berpakaiannya. Ada yang memberi judgement seperti itu.

Tapi ada yang menganggap semua itu sebagai aksi di luar plagiarisme. Bahkan, ada juga yang menyatakan kalau semua itu hanya hoax belaka. Beberapa sumber mengatakan kalau The Tielman telah menginspirasi The Beatles ketika mereka manggung di Jerman. Saat itu, untuk pertama kalinya McCartney melihat Hofner Violin bass yang di mainkan The Tielman. Di situlah kekaguman McCartney terhadap The Tielman tak bisa disembunyikan. Karena itu, personil The Beatles itu kemudian menanyakan dan mempelajari hal seputar Hofner Violin Bass. Mereka  lalu memasukan instrumennya di lagu-lagu The Beatles. Namun keabsahan terkait hal ini masih jadi misteri. Wallaahu’alam, deh!

Tapi yang jelas, ada petikan wawancara menarik dengan Jan Akkerman, musisi legendaris Belanda, pada 13 Oktober 2012 silam. Interview itu dilakukan oleh pihak Rolling Stone Indonesia dan beritanya sudah diposting di oleh rollingstone.co.id. Katanya,

“Kamu tahu, para personil The Beatles menyaksikan penampilan Andy Tielman Cs di Hamburg. Andy memainkan gitar dengan giginya, aksi yang dilakukan sebelum Jimi  Hendrix mempraktikannya juga. Dia itu beneran ganas, man!” ungkap Jan Akkerman.

Legenda yang Terlupa

Legenda Musik yang Terlupa tapi tetap ada di hati para penggemarnya

By: Kleuren Voor Volwassenen via Ig: @deeannrose

The Beatles adalah legenda, begitu juga dengan The Tielman Brothers yang telah lebih dulu mengenalkan musik Rock n Roll pada dunia. Tapi sayangnya, nama The Tielman masih sangat asing di telinga penikmat musik dunia, bahkan di negeri kita sendiri, Indonesia. Tak ayal kalau nama mereka jarang disebut di tulisan-tulisan yang menguak sejarah musik.

Kenyataan yang pahit, memang. Ironi, begitu. Orang Indonesia sendiri, khususnya yang mengaku rocker/ pecinta Rock n’ Roll, benar-benar tidak tahu siapa The Tielman Brothers dan bagaimana pengaruh besarnya terhadap dunia musik.

Peribahasa mengatakan, gajah mati meninggalkan gading. Begitupula dengan musisi yang meninggalkan karya. The Tielman Brothers sendiri sudah menelurkan banyak karya seperti Black Eyes, My Maria, Rock Little Baby dan lainnya. Tapi lagi-lagi, popularitasnya yang masih kurang membuat karya-karya tersebut tak menjamah banyak orang.

Pada akhirnya…

Legenda itu memengaruhi perjalanan menuju masa kini. Dan menurut saya, tak berlebihan jika The Tielman masuk menjadi salah satu legenda musik dunia. Bagaimanapun, mereka adalah pelopor.

Saya pribadi berharap agar kelak semakin banyak lagi pihak yang mengungkap The Tielman Brothers. Dengan begitu, eksistensi dan peranannya mendapat apresiasi yang lebih layak. Sebagaimana mestinya. Nah, Apa Benar Legenda Musik Rock & Roll Dunia itu (Sebenarnya) Berasal Dari Indonesia? [*]

Penulis: Risal Boston

Editor: Dee Ann Rose

3 Comments
  1. Al
  2. Al
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *