Fanwar: Kim Taeyeon VS Taylor Swift

Fanwar: Kim Taeyeon VS Taylor Swift

Fanwar: "Out of the Woods" - Taylor Swift VS "I" - Kim Taeyeon“Taylor Swift penjiplak. Dia memplagiat Taeyeon!”

“Hello? Kim Taeyeon itu siapa, sih?!”

“Video klip Out of the Woods-nya Taylor Swift niru I-nya Kim Taeyeon, tauuuk!”

“Auk, ah! Yang jelas Taylor Swift lebih sukses dari Kim Taeyeon!”

“Swifties harusnya menerima kenyataan, bukan malah nge-bash Kim Taeyeon!”

“Taeganger, TySone atau fans Kpop lainnya jangan nuduh dulu, dong!”

~

Aduh, mataku… telingaku… hatiku…

Kalimat-kalimat seperti itu daku temukan di tweet-tweet yang berseliweran. Sebenarnya masih banyak lagi. Pokoknya tak ada yang mau mengalah. Mending kalau cuma saling melindungi. Ada yang sampai mencemooh dua nama penyanyi yang sedang panas dibahas. Bahkan mereka sendiri saling ejek.

Hhh… Begitulah kalau fanwar terjadi. Eh, memangnya…

Fanwar Itu Apa?

tentang fanwar, fanwar adalah, fanwar kpop, arti fanwar

Via: jamhuriat.pk

Fanwar adalah istilah yang digunakan manakala terjadi “perang” antar fans. Sesuai kata-katanya, fanwar, fan (fans) artinya penggemar dan war artinya perang. Namun kalau daku “bertengkar” dengan Si A karena saling membela bias masing-masing, tentu kurang tepat disebut fanwar.

Fanwar itu biasanya melibatkan fandom, fansclub atau komunitas fans seorang idola. Mereka tidak menggunakan golok, senjata api, atau pentungan untuk berperang. Mereka lebih mengutamakan opini. Baik sekadar lewat kata-kata, gambar, gift, video, dsb. Ada yang logis, dan banyak juga yang ngarang, memaksakan atau jatohnya jadi melecehkan.

Seperti perang-perang pada umumnya, fanwar pun tak menyertakan wasit. Jadinya tak ada yang bisa melerai. Fanwar pun tak memiliki juri atau hakim, yang memutuskan siapa menang dan siapa kalah.

~

Kasus Kim “Taetae” Taeyeon VS Taylor “Tay Tay” Swift

ending video klip taylor swift out of the woods

Video klip I Kim Taeyeon

 

Video klip terbarunya Taylor Swift, “Out of the Wood”, rilis pada 31 Desember 2015. Entah siapa yang mulai, tiba-tiba opini terkait “kemiripan” MV Taylor Swift sama lagu “I”-nya Taeyeon mengemuka. Daku tahunya dari twitter. Rame banget!

Satu tweet bisa mengumpulkan para Swifties, taeganger, SONE bahkan orang awam sekalipun. Mereka saling mention, saling timpal pendapat, saling kirim pict, dsb. Yang meretweet ada, me-like atau favorit ada, me-screenshot ada dan yang sekadar menyimak seperti daku pun jelas-jelas ada.

~

Alasan Kenapa Taylor Swift Dianggap Menjiplak Kim Taeyeon

persamaan video klip taylor swift dan kim taeyeon

Di sini daku tak akan mengeluarkan statement atau pernyataan apa-apa. Daku hanya menyimpulkan argument beberapa fans, yang keukeuh kalau Taylor Swift sudah memplagiat scene-nya Taeyeon. Mereka bahkan flashback pada desas-desus kalau Taylor Swift juga sempat meniru “Comeback Home”-nya 2ne1 dan “4 Walls”-nya f(x).

  • Link youtube video klip “I” – Kim Taeyeon: [https://www.youtube.com/watch?v=4OrCA1OInoo]
  • Link youtube video klip “Out of the Woods” – Taylor Swift: [https://www.youtube.com/watch?v=JLf9q36UsBk]
  • Link youtube video klip “Come Back Home” – 2NE1: [https://www.youtube.com/watch?v=vLbfv-AAyvQ]
  • Link youtube video klip “4 Walls” – F(x): [https://www.youtube.com/watch?v=4j7Umwfx60Q]

 

Sebelumnya, Taylor Swift dianggap menjiplak video klipnya “Comeback Home” girlband 2NE1. [dari twitter]

Lalu…

Taylor Swift dituding menjiplak fx juga [dari twitter]

Khusus untuk “I” vs “Out of the Woods” ini mereka bilang:

  • Konsepnya tidak kreatif dan mirip dengan apa yang sudah digunakan Taeyeon. Yakni dengan menggunakan pemeran tunggal. Hanya Taeyeon, dan hanya Taylor Swift. Terus, di awalnya saja sudah sama-sama menampakkan lokasi pantai.
  • Endingnya serupa. Sama-sama menemukan dirinya sendiri.
  • Lokasi syutingnya sama persis, ada di New Zealand. Tepatnya di Pantai Bethells, Auckland. Hal ini dibenarkan oleh situs smh.com.au.
  • Sutradaranya adalah Joseph Kahn, sutradara film atau video klip Amerika yang lahir di Korea Selatan. Ada kemungkinan dia terinspirasi dari lagu “I”-nya Kim Taeyeon. Video klip “I” rilis pada awal Oktober 2015, dan kabarnya syuting video klip “Out of the Woods” mulai digelar pada November 2015.

~

Alasan Kenapa Taylor Swift Tidak Menjiplak Kim Taeyeon

Cuplikan Video Klip Out of the Woods-nya Taylor Swift

Sekarang kita menepi ke opini berbeda. Pendapat ini justeru berseberangan, menyatakan kalau tak tercium aksi plagiarisme dalam video klip “Out of the Woods”-nya Taylor Swift. Mereka bilang:

  • Makna lagunya saja sudah kontras alias berlainan.
  • Lokasi video klip Taylor Swift ada di beberapa titik dan sangat berbeda dengan versi “I”-nya Kim Taeyeon.
  • Secara keseluruhan, tak terlihat kesamaan, kecuali sekilas di ending lagu.
  • Konsep endingnya bisa saja kebetulan sama. Sebab, scene tersebut (dua Taylor Swift yang berhadapan) memang diperlukan untuk mempertajam maksud dari lagunya.

~

Review Video Klip “I” Kim Taeyeon dan “Out of the Woods” Taylor Swift

Daku sudah lebih dulu memberikan review lengkap soal single “I”, video klip/ music video serta mini albumnya Kim Taeyeon, “I”. Untuk yang belum baca, silakan menuju postingan:

“Review Lengkap Lagu “I” – Kim Taeyeon Feat Verbal Jint”

Mini Album and MV Review of “I” – Kim Taeyeon Feat Verbal Jint [Full or Complete].

Review Lagu dan Video Klip/ MV “Out of the Woods” – Taylor Swift

~

Fans Taylor Swift dan Kim Taeyeon yang Malang

Kembali ke kasus yang masih tengah heboh. Taylor Swift versus Kim Taeyeon. Ini menurut sebagian orang, ya. Daku yakin kedua penyanyi itu baik-baik saja. Eh FYI, @taeyeon_ss itu follower-nya Taylor Swift. Hehe…

tay tei instagram

Nah, ketika stans-nya Taeyeon dan fans beratnya Taylor Swift saling tarik-menarik, yang kejepit itu ya… yang ada di tengah-tengah. Mereka yang menggemari 2 penyanyi muda, seumuran dan bertalenta itu. Mau membela Taylor Swift, sudah kepalang suka sama Taeyeon. Sebaliknya mau memihak Taeyeon, sudah terlanjur kagum sama Taylor Swift.

Well, sebenarnya tak ada larangan untuk mengungkapkan pendapat. Apalagi di zaman media sosial seperti. Siapapun bisa mengajukan isi hati atau pikirannya ke publik.

Taeyeon I music video gift Gift by: Shaketa White

Tentu sangat baik apabila kita peduli akan karya seseorang, apalagi kalau orang itu adalah idola kita sendiri. Kita berusaha “melindungi” diri dan karyanya dari aksi penjiplakan atau kejahatan serupa. Tak peduli ia berasal dari Korea, Indonesia, Zimbabwe, dsb. Semua memiliki perlindungan hak cipta yang sama.

Namun kalau sampai men-judge/ menuding/ menghakimi, kita sepatutnya berhati-hati. Apalagi kalau kita berasal dari kaum awam, yang bukan pakar musik atau orang berkompeten di bidang tersebut. Bagaimanapun hak cipta, kepemilikan karya, aksi plagiarism, dsb, masih sangat sensitif untuk diusik. Kalau ingin menyampaikan argumen, bisa dijelaskan dengan bijak. Untuk selanjutnya, konfirmasi atau klarifikasi diserahkan pada pihak terkait.

taylor swift

Taeyeon I music video gift by Shaketa White

Gift by: Shaketa White



~

damai fans taylor swift dan kim taeyeon kpop

Via: Pinterest

 

Di luar semua perbedaan ini, Taylor Swift dan Kim Taeyeon sama-sama penyanyi perempuan yang masih muda, punya pesona/ kharisma tersendiri, berbakat dan fansnya amat banyak. Fanwar: “I” – Kim Taeyeon VS “Out of the Woods” – Taylor Swift  mestinya tidak memecah-belah.

Ada baiknya kita menyerap inspirasi dan kebaikan dari mereka, ya. Tak lupa juga untuk mendukung karier atau karya keduanya. #RD

4 Comments
  1. Zee Zia
    • deeann
  2. CKS
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *