14 Hal Ringan yang Bisa Membocorkan Karakter atau Kepribadian Seseorang

14 Hal Ringan yang Bisa Membocorkan Karakter atau Kepribadian Seseorang

kepribadian, karakter, psikologi kepribadian, kepribadian manusia, kebiasaan, kepribadian manusia, karakter, karakter manusia, tipe kepribadian, kebiasaan menggigit kuku, kebiasaan menggigit kuku jari, kebiasaan menggigit jari, malika favre

By: Malika Favre on IG: @deeannrose [edit]

Ingin tahu bocoran sifat atau karakter seseorang, khususnya yang baru dikenal?

Well, sebenarnya men-judge diri sebagai sosok yang sudah tahu segalanya, hanya dalam sekali bertemu, memang prematur juga. Kita kadang butuh waktu atau proses untuk benar-benar memahami kepribadian seseorang. Namun ada beberapa hal sederhana yang bisa diandalkan ketika pengin menebak kejujuran, kepintaran, atau keramahan seseorang.

Namun kita tentu saja musti memerhatikan lebih jeli, apakah dugaan tersebut benar atau keliru. Dengan demikian, kita bisa memutuskan bagaimana cara menghadapinya. Kita juga bisa terbantu dalam relasi. Entah itu pertemanan, hubungan spesial, rekan kerja, dsb.

Lalu, hal kecil atau sepele apa yang bisa membocorkan tipe kepribadian seseorang? Jom!

#1. Aktivitas Penggunaan Gadget

penggunaan gadget, penggunaan gadget yang berlebihan, penggunaan gadget di kalangan pelajar, kesan negatif penggunaan gadget, penggunaan smartphone, sikap pengguna smartphone, pengaruh teknologi

By: Lim Heng swee on IG: @deeannrose [edit]

Gadget menjadi barang yang hampir tak terpisahkan dari aktivitas manusia. Apalagi di zaman yang katanya kekinian ini, sebagian besar orang menempatkan gadget sebagai benda yang wajib dibawa, khususnya ponsel atau smartphone.

Namun benda tersebut secara tidak langsung juga bisa “membuka kartu”. Kalau terlalu sering update status, bisa ditebak keadaan emosinya tengah labil dan ingin diperhatikan. Atau kalau terus menunduk pada smartphone ketika mengobrol, orang akan menganggap kita sebagai sosok pendengar yang kurang baik.

#2. Cara Memperlakukan Pelayan atau Pegawai

sikap terhadap karyawan, sikap terhadap orang lain, sikap terhadap sesama, definisi sikap kerja, sikap kerja yang baik

On: Ffffound via IG: @deeannrose

Kita tentu pernah mengunjungi berbagai tempat, khususnya yang terdapat karyawan atau pekerjanya. Misalnya petugas keamanan, pelayan di tempat makan, penjaga toko, tukang pijat, dsb. Banyak tak menyadari kalau cara kita menghadapi mereka justeru bisa merefleksikan diri sendiri yang sebenarnya. Tak ada salahnya untuk waspada jika Si A berbuat baik pada kita, tapi malah kasar atau tidak sopan terhadap mereka.

#3. Cara Memperlakukan Hewan atau Tanaman

sikap terhadap hewan, hewan peliharaan, hewan liar, tanaman, akhlak terhadap binatang, akhlak terhadap binatang dan tumbuhan, akhlak terhadap tumbuhan, adab terhadap hewan, akhlak terhadap lingkungan

By: John Littleboy via IG: @deeannrose

Mirip seperti poin sebelumnya. Kita bisa memerhatikan bagaimana seseorang menyikapi hewan atau tanaman. Baik itu yang jadi peliharaannya, atau hewan/ tanaman liar yang ada.

Semua itu bisa jadi bocoran kalau dia itu penyayang atau tidak, telaten atau tidak, peduli sesama makhluk hidup atau tidak, dsb. Beda lagi jika ia penakut kecoa, dan secara refleks menginjak-injaknya sampai tewas ketika hewan malang itu datang secara spontan.

#4. Cara Memegang Gelas

cara memegang gelas, kepribadian seseorang dari cara memegang gelas, cara memegang gelas kepribadian, cara memegang gelas yang benar, tes kepribadian

By: Nabhan Al Abdullatif IG: @deeannrose [edit]

Seseorang bisa memegang gelas dengan caranya tersendiri. Sederhana, ya, namun ternyata mampu membocorkan siapa kita. Hal ini pernah daku bahas sebelumnya di postingan terdahulu, “4 Cara Memegang Gelas yang Bisa Menebak Kepribadian Seseorang”.

 

#5. Etika Makan

cara makan kepribadian, cara melihat kepribadian diri sendiri, makan pelan-pelan, makan terburu-buru, memilih-milih makanan

By: Sammy Slabbinck IG: @deeannrose [edit]

Cara makan seseorang memang beragam. Yang makan perlahan biasanya tipikal orang keras kepala, sedikit egois, detail, perencana yang baik, dsb. Sebaliknya yang terburu-buru, biasanya menjadi sosok yang kurang bisa menempatkan prioritas, peduli orang lain, dan bisa bekerja cepat.

Yang hobi memisahkan atau mengelompokkan makanan biasanya menjadi sosok yang taat aturan, bisa mengurutkan segala sesuatu, dan lebih tahu mana yang paling disukai atau yang dibenci. Namun yang satu ini bisa dipengaruhi berbagai faktor juga. Misalnya karena makan di depan mertua, maka gayanya pelan-pelan. Bisa juga karena terlampau lapar, makanya bersantap secara sporadis.

#6. Gaya Berpoto Selfie

kepribadian dari foto selfie, kepribadian dari gambar, tes kepribadian dari gambar, gaya poto selfie, gaya duck face poto selfie, poto profil, kepribadian dari poto profil

By: Lim Heng swee on IG: @deeannrose [edit]

Selfie yang kekinian sudah rupa-rupa warnanya. Dan siapa sangka, cara berpoto itu juga memberi sedikit gambaran karakter kita. Begitu juga yang diujarkan para peneliti di Universitas Teknologi Nanyang, Singapura. Yang tersenyum tulus bisa diartikan kalau orang tersebut tengah bahagia, ada dalam kondisi positif, penuh kasih, dan bisa diajak kerja sama.

Jika selfie dengan gaya ala duck face, orangnya tengah ada dalam keadaan yang mudah khawatir. Tempat selfie-nya pun bisa menjadi tanda-tanda kepribadian seseorang. Kalau lokasinya personal, orang tersebut cenderung gegabah dan kurang bertanggung-jawab. Kalau lokasi dan gayanya berbeda-beda, bisa jadi orang tersebut termasuk pribadi terbuka, atau justeru tak punya prinsip.

#7. Jabatan Tangan

cara berjabat tangan, cara bersalaman, jabat tangan kepribadian, jabat tangan karakter,

By: Redmer Hoekstra on IG: @deeannrose [edit]

Cara seseorang ketika berjabatan tangan juga bisa memancarkan bagaimana karakternya. Jika tekanan tangannya mantap dan kuat, bisa ditebak kalau orang tersebut memiliki rasa percaya diri yang tinggi, cenderung ekstrovert, ekspresif, dan sedikit grasa-grusu.

 

Kontra dengan mereka yang salaman tangannya lemah. Ia terkesan pemalu, kurang percaya diri, dan enggan menghadapi tantangan sulit. Tetapi kalau ada yang menawarkan diri untuk salaman, maknanya bisa ambigu. Bisa jadi dia memang tulus ramah, bisa juga malah sebaliknya.next-page-RD-300x100-1

5 Comments
  1. fandhy
    • deeann
  2. marfa
    • deeann
  3. FoO Iskandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *