25 Ide Bisnis atau Peluang Usaha untuk Orang Introvert, Pemalu & Pendiam

25 Ide Bisnis atau Peluang Usaha untuk Orang Introvert, Pemalu & Pendiam

ide bisnis, ide bisnis kreatif, ide bisnis untuk pemula, contoh ide bisnis kreatif, ide bisnis unik, ide bisnis kuliner, ide bisnis modal kecil, ide bisnis online, ide bisnis untuk pendiam, ide bisnis untuk orang introvert, ide bisnis untuk anak muda, ide bisnis kreatif, ide bisnis rumahan, ide bisnis modal kecil

By: Chow Hon lam via IG: @deeannrose

Berbisnis atau memanfaatkan peluang usaha sedang menjadi trend tersendiri di masyarakat. Sebagian dari kita merasa sangat sulit untuk mencari kerja, sebab seringkali mesti melibatkan prinsip “uang, kekeluargaan atau orang dalam”. Banyak juga yang sudah bosan jadi pegawai. Apalagi, ada beberapa usaha yang bisa dijalankan dengan modal kecil.

Namun untuk beberapa orang, khususnya yang introvert, kadang tak semua pekerjaan itu cocok. Lebih lagi kalau mesti “melanggar” zona nyaman mereka. Introvert tipikal orang yang bekerja “di belakang layar”, ndak perlu show up. Kalau bisa sih, pekerjaannya itu tidak terlalu melibatkan banyak orang atau tim. Pekerjaannya musti terkesan personal, enggak usah ke luar rumah, tak memerlukan promosi dengan berbicara sana-sini, dsb.

Wah, pekerjaan macam apa yang seperti itu? Jom!

  1. Penulis Lepas atau Freelance Writer

Sekilas, orang yang introvert itu terkesan membosankan, kurang gerak, atau seperti enggan berusaha. Namun biasanya, mereka itu memiliki kreativitas dan imajinasi yang bisa liar. Tak jarang, penulis lepas banyak dipilih untuk mengakomodasi bakatnya tersebut.

  1. Desainer Web atau Web Designer

Bisnis seperti ini tak memerlukan banyak persyaratan khusus. Yang penting bisa online dan tentu menguasai dunia desain. Memang ada proses marketing atau promosi. Namun semua itu bisa dilakukan secara tidak langsung, tidak musti disaksikan banyak pasang mata.

  1. Desain Grafis atau Graphic Designing

Pekerjaan yang satu ini juga tak perlu membuat orang eksisnya ke muka. Namun posisinya begitu penting. Lebih lagi pekerjaan seperti ini tengah banyak dicari atau diperlukan.

  1. Blogger

Enggak suka berbicara, bukan berarti enggak memiliki banyak hal untuk “dibicarakan”. Namun seseorang yang introvert bisa “menyuarakannya” dengan cara lain, misalnya kegiatan blogging. Selain meluapkan isi pikiran atau perasaan, blog juga bisa menjadi sumber penghasilan.

  1. Penulis Artikel/ Penulis Konten/ Content Writer

Serupa dengan blog, namun yang satu ini tak wajib memilikinya. Seorang penyedia artikel biasanya menulis untuk blog orang. Tarifnya bisa berbeda-beda. Bisa dilihat dari banyaknya kata, unik atau tidaknya topik, pengalaman menulisnya, dsb. Ada yang mencantumkan nama asli si penulis, sekadar inisial, bahkan banyak juga yang jual lepas.

penulis, jasa penulis, penulis lepas, penulis lepas adalah, jasa penulis artikel bahasa inggris, jasa penulis artikel, jasa penulis content, peluang menulis, peluang menulis novel, lowongan menulis 2016, lowongan menulis artikel

By: Joel Robison via Ig: @deeannrose

  1. Pengendali atau Konsultan Media Sosial

Menjadi introvert juga bukan berarti kehilangan skill untuk bersosialisasi. Kadang mereka tak perlu eksistensi secara fisik, melainkan via media sosial. Khusus untuk pekerjaan seperti ini, biasanya diperlukan oleh perusahaan kecil-menengah-besar untuk sarana iklan. Asal siap-siap saja dipanggil “Min”, “Admin”, “Kakak”, “Gan”, dsb.

  1. Cleaning Services atau Pelayanan Kebersihan

Tujuan inti dari pekerjaan ini adalah keadaan yang berubah bersih dan higienis. Prosesnya pun tak memerlukan banyak bualan. Banyak bekerja, dan sedikit atau mungkin sama-sekali tidak berbicara.

  1. Seniman

Memang ada seniman yang musti tampil, namun banyak juga yang bisa menjalankannya tanpa perlu “eksistensi”. Misalnya pelukis, pemahat, pematung, penulis, dsb. Introvert biasanya tenggelam dalam profesi tersebut, apalagi kalau mereka sudah jatuh cinta kepadanya.

  1. Membuka Usaha Online Store atau Toko Online

Menjadi pedagang memang dituntut untuk memiliki skill berkomunikasi dengan baik. Entah itu komunikasi dengan rekan bisnis, ketika negosiasi, membujuk pembeli, dsb. Kalau melakukan semua itu secara langsung, introvert bisa merasa enggak nyaman. Beda lagi jika sistemnya memang online, ndak perlu berhadap-hadapan.

  1. Reseller Produk

Mirip dengan poin sebelumnya, yang satu ini juga memerlukan kemampuan berkomunikasi. Misal ketika membicarakan kerja-sama dengan pihak produksi pusat. Lalu ketika transaksi dengan para pembeli. Belum lagi ketika melayani pertanyaan atau komplain dari mereka. Namun karena hubungannya via online, kita pun bisa melayani secara tidak langsung. Kecuali kalau ada yang minta ketemuan, kita mesti sedikit menebalkan nyali.next-page-RD-300x100-1

11 Comments
  1. Rohmat
    • deeann
  2. Well Towell
    • deeann
    • Well Towell
  3. Jasa Anti Rayap
    • deeann
  4. Lukiluck
    • deeann
  5. jack18
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *