10 Hal Asyik Kalau Bersahabat dengan Orang yang Blak-Blakan

10 Hal Asyik Kalau Bersahabat dengan Orang yang Blak-Blakan

blak blakan, orang yang blak blakan, blak blakan adalah, teman yang blak blakan, sahabat yang blak blakan, keasyikan orang yang blak blakan, manfaat blak blakan

By: @nabhan_illustrations via IG: @deeannrose

Ada yang langsung tertarik dengan postingan ini? Apa kamu termasuk orang yang memiliki sahabat blak-blakan, atau kamu sendiri memang seseorang yang ceplas ceplos? Hehe…

Eksistensi orang yang blak-blakan itu masih terbilang banyak. Kabar bahagianya, kehadiran  mereka memang kita butuhkan. Mereka adalah sosok yang tahu dan berani mengemukakan pendapat aslinya; buruk atau baik, bagus atau jelek, pantas atau tidak, dsb.

Terkadang kita sering memilih mengenakan topeng dalam beropini. Hal tersebut dipengaruhi berbagai hal. Misalnya takut menyakiti orangnya, karena berlainan dengan pendapat kebanyakan, pengin asal cepat saja, dsb. Tetapi semua itu tak berlaku bagi mereka yang blak-blakan. Diseruduk saja.

Yang ceplas ceplos itu tidak terlalu terpengaruh oleh orang lain. Apa yang mereka kemukakan pure berdasarkan pandangan sendiri. Karenanya disamping “kemalangan” memilki sahabat yang blak-blakan, kita juga sebenarnya musti memandang dari sisi lain. Mereka itu jujur, jelas, seadanya, tak ada yang ditutupi, dan enggak pura-pura.

Untuk lebih rincinya, jom!

#1. Mereka Bebas Modus

Jika kita pengin tahu pendapat orang lain, sosok yang blak-blakan bisa jadi pilihan. Mereka tak akan membalut suatu pandangan dengan tujuan agar kita senang, atau agar posisi mereka aman. Justeru mereka lebih memilih berkata seadanya dan menanggung risiko atas kejujuran itu.

#2. Mereka Bukan Penakut

Ibaratnya, orang yang blak-blakan hanya menjawab “iya” atau “tidak”, bukan “mungkin”. Jadi pendapat mereka itu pasti, tegas dan jelas. Mereka bukan sosok yang argumennya takut tak diterima atau terlalu berbeda dengan yang lainnya. Mereka begitu percaya diri. Dan, figur seperti ini kadang sangat kita butuhkan, khususnya ketika pengin meningkatkan kekuatan dan kepercayaan di dalam diri sendiri.

#3. Mereka Menghargai Persahabatan

Biasanya kita menganggap kalau blak-blakan itu adalah sikap yang tak sopan. Namun jika sahabat kita memang begitu, tujuannya bukanlah untuk menjatuhkan. Mereka tak mau jadi pribadi yang berbelit-belit, sehingga menutup-nutupi opininya sendiri. Apa yang diprioritaskan justeru yang sekiranya terbaik bagi kita. Namun jika sarannya salah, mereka juga tak akan segan-segan minta maaf atau melakukan sesuatu untuk menebus kekeliruannya itu.

#4. Mereka Blak-Blakan untuk Minta Maaf

Seorang sahabat biasanya sulit untuk mengatakan terima kasih atau maaf. Ungkapan seperti itu terkesan kaku. Namun orang yang blak-blakan biasanya mudah untuk mengakui kesalahan dan memohon maaf. Apalagi kalau mereka sadar, apa yang sudah dilontarkan ternyata menyakiti perasaan.

#5. Mereka Tahu Mana yang Baik dan Mana yang Buruk

Kita semua memiliki standard tersendiri, soal mana yang pantas dan mana yang kurang pantas. Orang yang ceplas-ceplos pun tak akan menampiknya. Dan jika sekiranya apa yang diusulkan itu dianggap baik, maka mereka akan mempertahankannya dengan alasan kuat. Mereka sendiri tahu mana batasannya. Biasanya orang yang kurang setuju pun tak akan memengaruhi keputusannya.

next-page-RD-300x100-1

3 Comments
  1. itz
    • deeann
    • deeann

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *